kesehatan

Pastikan 2 Nutrisi Ini Didapatkan Oleh Ibu Hamil Untuk Menjaga Kesehatan Janinnya

Posted on

kesehatan

Nutrisi untuk ibu yang sedang hamil perlu diperhatikan betul. Sebab, ibu hamil sedang menyimpan calon anak didalam rahimnya dan dibawa kemanapun ia berada. Selain itu, ibu hamil juga berbagi nutrisi dengan anak yang ada didalam rahimnya dari konsumsi makanannya sehari-hari. Sehingga, wajar jika setiap ibu hamil membutuhkan berbagai Multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Tapi, apa sajakah nutrisi yang penting bagi ibu hamil? Inilah dia beberapa diantaranya.

Vitamin A

Saat hamil, janin yang ada didalam kandungan akan menjalani proses tumbuh dan berkembang. Proses ini ditunjukkan oleh organ tubuh yang perlahan terbentuk hingga menjadi utuh secara kesatuan. Dua diantaranya adalah paru-paru dan ginjal.

Baik paru-paru maupun ginjal keduanya merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sebab, paru-paru akan menjadi pusat pernafasan sang anak ketika lahir sementara ginjal menjadi tempat terjadinya sistem ekskresi dalam tubuh. Keduanya bisa tumbuh dan berkembang secara efektif apabila mendapatkan pasokan vitamin A yang cukup dari sang ibu selama masa kehamilan.

Vitamin A berguna untuk melapisi paru-paru janin agar terhindar dari polutan selama di dalam rahim. Ketika sang ibu mendapatkan cukup vitamin A, pembentukan paru-paru akan berjalan sempurna. Sementara itu, kekurangan vitamin A bisa berdampak pada paru-paru yang tidak sehat serta fungsi ginjal yang terganggu nantinya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti susu, hati dan telur.

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks merupakan salah satu vitamin yang sangat penting bagi para ibu hamil. Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B6, dan B12. Masing-masing vitamin tersebut punya manfaat tersendiri yang sangat dibutuhkan bayi di dalam kandungan. Berikut ini rincian fungsi dari tiap-tiap vitamin B tersebut :

  • Vitamin B1 : meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf
  • Vitamin B2 : mempertahankan energi, penglihatan yang baik, dan kesehatan kulit
  • Vitamin B3 : mendukung kesehatan kulit, saraf, dan pencernaan
  • Vitamin B6 : membantu pembentukan sel darah merah dan mengatasi morning sickness
  • Vitamin B12 : berperan dalam sintesis DNA dan membantu mencegah bayi cacat lahir

Itulah dua nutrisi yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil selama masa kehamilannya. Anda bisa mendapatkannya dari multivitamin yang praktis dari apotik terdekat. Mau lebih mudah untuk mendapatkan multivitamin ibu hamil? Kunjungi Go Apotik untuk mendapatkannya dengan praktis. Kunjungi juga laman berikut https://www.guesehat.com/tips-untuk-kamu-yang-merawat-pasien-diabetes untuk mendapatkan informasi kesehatan dari Guesehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *