Mengkupas INDOZONE, Sebagai Media Informasi Anak Muda

Posted on

INDOZONE

Mengkupas INDOZONE, Sebagai Media Informasi Anak Muda – Dengan adanya fasilitas Internet di Indonesia yang cukup merata dan hampir seluruh wilayah Indonesia sudah dijangkau dengan layanan Internet, Ya meskipun belum 100% tetapi setidaknya setiap tahun membaik dan semakin berkembang.

Nah dengan perkembangan Internet yang begitu cepat dan murahnya smartphone pada pasaran Indonesia kini merubah kebiasaan anak muda yang dulunya setiap bangun dipagi hari akan selalu menyalakan televisi untuk mendapatkan tontonan yang menarik, Siang hari tv digunakan oleh ibunya untuk menonton berita dan pada masa itu masih saya lalui saat sekolah SD.

Berbeda dengan sekarang para anak muda dari umur 10 sampai 17 tahun sebagian besar dari mereka sudah mendapatkan izin dari orang tua untuk memegang gadget atau smartphone pribadi. Dan seringkali orang tua tidak mengawasi konten yang anak mereka cari pada gadgetnya.

Didikan orang tua mengenai penggunaan smartphone sangatlah dibutuhkan untuk era sekarang, Namun tidak bisa dihindari lagi jika anak tersebut masih memiliki hawa nafsu yang tidak bisa dikontrol maka akan menimbulkan hal yang sia-sia. Nah untuk mendukung peran orang tua kita sebagai konten kreator harus memiliki kesadaran diri untuk membagikan hal-hal positif dan menarik.

Oleh karena itu saya disini ingin membagikan ke kalian mengenai sebuah media yang khusus dibuat menarik dan informatif yang pasarnya ditujukan untuk anak-anak muda masa kini, Yaitu INDOZONE. Siapa disini yang bermain Instagram? Pasti sudah tahu kan tentang akun Instagram yang menghadirkan berita-berita menarik dan informatif @indozone.id apakah kalian tahu Indozone hanya sekedar Instagram? Wow anda mungkin mainnya kurang jauh haha.

Tentang INDOZONE Media Network

Disini saya ingin mengkupas tuntas mengenai INDOZONE yang memiliki tagline “The Most Engaging Media for Millenials and Gen Z” awal munculnya Indozone meramaikan dunia Internet pada tanggal 18 September 2014 sampai sudah berdiri dari nama perusahaan PT. Indozone Media Indonesia pada tahun 2018 dengan konten bertagline #KAMUHARUSTAU yang paling sering dicari oleh netizen.

Saat dibuat, Indozone memiliki visi menjadi perusahaan media dengan engagment yang tinggi, serta berpengaruh dan menarik untuk generasi milenial dan generasi Z. Dengan menjadi media Instagram akun terbesar di Indonesia, INDOZONE mengembangkan sayapnya ke berbagai platform.

Jadi INDOZONE terdapat platform antara lain: Instagram, Website, Facebook, Youtube, Path, [email protected] dan Twitter. Untuk yang baru tahu mengenai INDOZONE saya disini ingin memberikan review jujur saya mengenai INDOZONE dari berbagai platform mereka yang akan saya ulas dibawah ini:

Instagram – @indozone.id dan 16 akun lainnya

Instagram pertama kali dirilis tahun 2010 dan diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012, Pada tahun tersebut Instagram di Indonesia masih sedikit penggunanya dan pada tahun 2014/2015 di tahun tersebut akun Indozone.id telah hadir mungkin pertama kali menjadi media informasi yang berbasis di Instagram.

@indozone.id menjadi akun media berita informatif dan menarik yang ditujukan untuk anak millenials dan sekarang sudah mencapai 3,7 Juta followers, Termasuk akun media terbesar yang ada di Indonesia.

Selain menghadirkan konten berita yang informatif, Indozone.id juga sangat memperhatikan demografi umur para followersnya yang kebanyakan anak muda sehingga harus dibuat semenarik mungkin. Indozone.id terkenal dengan hastag postnya yaitu #KAMUHARUSTAU yang berisi konten informasi yang pasti bermanfaat untuk anda dan jarang kamu temui pada media lainnya.

Setiap hari menyediakan sampai puluhan dan ratusan berita pada Instagram @indozone.id jika anda kurang untuk berita yang disediakan oleh indozone.id dan ingin lebih mendapatkan berita unik lainnya bisa kalian follow 16 akun lainnya dari Indozone Group, antara lain:

INFOGRAPHICS

INDOZONE – FAKTADANMITOS | @faktadanmitos

@faktadanmitos meskipun namanya tidak ada Indozonenya mereka tetap masuk kedalam Indozone Group. Akun tersebut dapat kalian follow apabila anda suka dengan pemecahan misteri dan mengetahui fakta dan mitos yang ada pada seluruh dunia ini.

Konten yang diberikan oleh @faktadanmitos antara lain seperti sejarah dunia ini, penelitian mengenai suatu benda, pembahasan mengenai fakta atau mitos dan masih banyak lagi yang bisa kamu dapatkan disana, Akun @faktadanmitos menjadi akun group Indozone yang memiliki followers terbanyak yaitu sekitar 1.6 Juta Followers.

INDOZONE – GAME | @indozonegame

Bagi kalian yang menyukai apapun mengenai game atau permainan video akun ini sangat cocok untuk anda, @indozonegame merupakan akun media informasi yang menyediakan konten games yang menarik untuk disimak.

Berita mengenai game terbaru, berita game, drama para gamers dan perkembangan game lainnya semua ada di @indozonegame. Akun ini sudah lama didirikan dan menjadi anggota group @indozone.id terbesar karena memiliki followers 850 ribu dan memiliki tagline “Life Is Just A Game. Just Play It! 🎮”

INDOZONE – FOOD | @indozonefood

Siapa disini yang sering membuka Instagram hanya untuk melihat makanan atau minuman kekinian? @indozonefood merupakan salah satu akun Instagram yang menghadirkan konten serba makanan, Selain menghadirkan video pembuatan suatu resep dari awal sampai dihidangkan. Indozonefood juga menyediakan informasi unik dan bermanfaat tentang makanan dan minuman yang mungkin belum anda ketahui.

Disaat artikel ini dibuat akun @indozonefood masuk Group INDOZONE yang terbesar dengan followers 812 ribu orang.

INDOZONE – LIFE | @indozonelife

@Indozonelife memiliki konten yang memabagikan segala quotes yang membantu hidup anda semakin lebih baik, @Indozonelife memiliki tagline “You Can’t Stop The Waves, But You Can Learn to Surf 🌊” akun ini cocok untuk kalian yang suka dengan konten yang membagikan arti dari kata, motivasi, puisi dan semacamnya.

@indozonelife memiliki followers sebanyak 703 ribu.

INDOZONE – TECHNOLOGY | @indozonetech

Selanjutnya adalah @indozonetech akun Instagram dari Indozone yang termasuk salah satu favorit dari saya karena membagikan segala sesuatu yang berkaitan dengan teknologi, gadget dan semua tentang android dan ios juga ada lalu perkembangan dunia teknologi dengan tampilan yang menarik.

@indozonetech memiliki jumlah followers sebesar 701 ribu.

INDOZONE – MOVIE | @indozonemovie

Selanjutnya merupakan akun Instagram @indozonemovie yang membahas semua hal tentang film mulai dari informasi film terbaru sampai kutipan dari film yang bermanfaat. Buat kalian yang movieholic atau sering menonton film dan ingin mengirimkan kutipan film yang unik dapat kamu kirim ke akun @indozonemovie ya teman-teman.

Akun @indozonemovie memiliki followers sebanyak 677 ribu orang.

INDOZONE – MUSIC | @indozonemusic

Apalagi yang akan dibahas @indozonemusic kalau bukan membahas semua tentang Musik dan memiliki tagline “Medicine Heals The Body, Music Heals The Soul 🎶🎤🎧” Jika kalian seseorang yang sering mengcover lagu coba saja kirim hasil nyanyian kalian ke @indozonemusic semoga bisa direpost, Karena @indozonemusic memiliki jumlah followers sebanyak 541 ribu.

INDOZONE – TRAVEL | @indozonetravel

Memanggil semua para traveler untuk mengikuti akun @indozonetravel yang sering membagikan informasi, tips, pengalaman traveling dari berbagai dunia. Lalu jika foto jalan-jalan anda ingin direpost gunakan hastag #indozonetravel dan jika beruntung foto terbaikmu saat traveling bisa direpost dan masuk ke akun @indozonetravel.

Akun @indozonetravel memiliki followers sebesar 515 ribu orang.

INDOZONE – HEALTH | @indozonehealth

Memerlukan berbagai tips kesehatan yang mungkin belum kamu ketahui? Ikuti saja akun @indozonehealth yang sering membagikan informasi mengenai informasi, fakta, tips tentang kesehatan. Akun ini memiliki tagline “Didalam Tubuh Yang Sehat, Terdapat Jiwa Yang Kuat 💪💊📓🏃🍴”

@Indozonehealth memiliki jumlah followers sekitar 502 fibu orang.

INDOZONE – OTO | @indozoneoto

Semua hal berbau otomotif ada pada akun @indozoneoto (bukan berbau oli ya) disini kalian bisa mendapatkan informasi mengenai kabar dunia otomotif seperti produk terbaru, kendaraan modifikasi, sampai tips-tips tentang perotomotifan. Akun ini cocok sekali untuk kalian para penggemar otomotif.

@indozoneoto memiliki follower sebesar 452 ribu orang.

MEDANZONE | @medanzone

@medanzone mungkin salah satu akun media berita lokal yaitu pada daerah medan yang didukung penuh oleh @INDOZONE.ID untuk orang medan kalian wajib follow @medanzone yang menghadirkan segala informasi mengenai medan dengan tampilan yang menarik dan berita yang unik.

Akun @medanzone saat artikel ini dibuat memiliki 329 ribu followers.

INDOZONE – BEAUTY | @indozonebeauty.id

Bagi para cewek-cewek yang suka tentang semua konten mengenai berita, informasi, tips dan semua hal tentang beauty kalian wajib memfollow akun @indozonebeauty.id dan akun ini memiliki tagline “Brain, Beauty & Behavior is Yours! 💝”. Akun @indozonebeauty.id memiliki followers sebanyak 325 ribu orang.

INDOZONE – SOCCER | @indozonesoccer

Bola? Sebuah permainan olahraga yang terfavorit didunia ini apalagi di Indonesia pasti banyak mas-mas yang menyukai tentang semua hal tentang bola, @indozonesoccer menghadirkan segala informasi, berita dan semuanya yang kalian belum tau mengenai bola. Dengan tagline “Soccer – Live It, Love It, Play It! ⚽”

@Indozonesoccer memiliki followers sebanyak 206 ribu orang.

INDOZONE – FYI | @indozonefyi

Akun @indozonefyi ini tergolong baru dan menghadirkan konten yang mungkin belum pernah kamu lihat dan disajikan dengan tampilan grafis yang unik dan informasinya tak kalah bermanfaat, Dengan tagline akun “You’ve Never Seen Before!” pastinya akan menghadirkan informasi yang unik.

Tergolong baru @indozonefyi memiliki followers 125 ribu orang.

INDOZONE – VIDEO | @indozonevideo

Untuk kalian yang mungkin sedang sibuk sedang mengerjakan sesuatu tetapi ingin menerima segala informasi berita yang ada di dunia ini, Akun @indozonevideo mungkin cocok bagi anda karena menghadirkan berita dengan tampilan visual yang menarik.

@indozonevideo memiliki followers sebanyak 75 ribu orang.

INDOZONE – FORUM | @indozoneforum

Terakhir dari group Indozone merupakan @indozoneforum yang menghadirkan beberapa berita yang kebanyakan tentang politik dan perkembangannya, Cocok untuk anda yang bersikap kritis dan peduli terhadap negara tentang perkembangannya.

Akun ini memiliki followers sebanyak 49.7 ribu orang.

Itu dia 16 akun yang didukung penuh oleh PT INDOZONE MEDIA INDONESIA dan semuanya memiliki konten yang informatif, unik dan bermanfaat, Jika ditotal dari akun @indozone.id dan 16 akun grup lainnya jumlah followers Indozone dari akun Instagram mencapai 12,2 juta followers. Apakah INDOZONE hanya berhenti pada akun Instagram saja? Oh tentu tidak seperti yang saya sebutkan tadi bahwa Indozone memiliki beberapa platform dan selanjutnya saya ingin mereview tentang website dari www.indozone.id.

Website – www.indozone.id

Selain akun Instagram, Indozone.id memiliki website yang beralamatkan https://www.indozone.id dengan domain .ID merupakan domain yang Indonesia banget. Tau tidak kenapa mereka membuat website? Ini opini saya, mungkin dikarenakan Instagram terbatas pada penulisan caption dan itu diperlukan saat menyampaikan informasi berita yang penulisannya cukup banyak.

Dengan pengalaman yang cukup untuk membuat review website mungkin disini saya ingin membahas mengenai beberapa aspek yang ada di website Indozone.id yang mungkin perlu kamu ketahui.

Tampilan website

Tampilan-website

Pertama saya ingin membahas tampilan yang paling gampang kalian dapatkan saat pertama kali mengunjungi website indozone.id, Website Indozone.id ini memiliki tema khusus website berita yang simple namun unik dengan adanya beberapa konten visual yang menarik.

Penataan halaman depan website indozone.id sangat membantu pencari berita dengan mudahnya mendapatkan berita informasi terbaru yang disajikan oleh Indozone.id, itu merupakan review dari tampilan versi desktop/pc/laptop. Untuk versi mobile atau tampilan yang bisa anda lihat saat mengunjungi indozone.id pada smartphone akan mendapatkan tampilan yang sangat responsive dan tampilan kategori yang unik.

Secara keseluruhan tampilan antara keseluruhan versi dapat disimpulkan bahwa sangat tertata dan simple sekali. Pengguna pertama pasti akan menyukai tampilan dari website Indozone.id dan pasti ingin mengunjungi lagi dikarenakan…

Konten website

Konten website

Pembawaan konten pada website indozone.id sangat menarik dan memberi perasaan lebih untuk terus membaca dan membaca. Dengan konten tulisan yang disajikan oleh penulis Indozone.id sangat anti clickbait, anti hoax, tidak ada radikalisme dan sara. Penyajian konten juga sangat mudah dipahami oleh orang-orang awam meskipun artikel tersebut merupakan topik yang berat.

Dengan tampilan yang unik Indozone.id juga memiliki berbagai macam kategori, Mulai dari News, #KAMUHARUSTAU, Faktadanmitos, Game, Tech, Food, Soccer, Beauty, FYI, Otomotif, Sport, Travel, Health, Movie, Music. Dan ada 2 kategori yang unik sekali untuk ditujukan kepada netizen atau generasi masakini yaitu kategori Infografik dan Videografik yang merupakan sebuah konten dengan visual yang menarik sehingga generasi sekarang lebih tertarik untuk mencerna berita yang ada di infografik tersebut.

Tentu saja INDOZONE.ID tidak ada artikel yang berbau gosip, dikarenakan demografi Indozone kebanyakan anak-anak muda sekarang yang bermain Internet dan butuh diberi konten yang bermanfaat, informatif dan menghibur. Dan penataan iklan pada website indozone.id tidak terlalu barbar alias bisa kalian nikmati konten beritanya secara full dan tidak terganggu oleh iklan seperti popup, floating ads atau mungkin slider ads.

Dengan pembawaan konten yang seperti ini membuat pengguna pertama atau pengunjung pertama website indozone.id tidak segan-segan untuk mengunjungi lagi dan malah mendaftar menjadi member di indozone.id. Oh iya pesan saya untuk indozone.id semoga fitur member pada website dapat dibenahi kembali mungkin bisa saling berinteraksi/membuat forum diskusi yang seru… Atau mungkin member dapat mengirimkan karya tulisnya ke website indozone.id? Menarik sekali ketika kita bisa bercerita ke orang lain.

Statistik website

Alexarank

Mungkin alexa rank bukan patokan sebuah website tersebut bagus atau tidak akan tetapi jika alexa rank website semakin rendah itu berarti website tersebut ramai akan pengunjung dan bisa dikategorikan sebagai website terbaik. Dan untuk website indozone.id menjadi peringkat 7275 dari jutaan website yang ada didunia, Dan peringkat 117 untuk negara Indonesia. Menurut sepengetahuan saya tentang alexa rank jikalau ranking website tersebut sudah menduduki ranking 500 kebawah untuk negara tertentu berarti website tersebut menjadi salah satu website yang sering dikunjungi oleh para penduduknya.

Dan statistik lainnya yang tidak ada pada gambar ialah, pengunjung indozone.id rata-rata mengunjungi 6 halaman dalam setiap kunjungan yang berarti konten dari indozone.id itu sendiri sangat menarik membuat para pengunjung ingin terus membaca informasi yang disajikan serta 12:46 rata-rata waktu orang berkunjung dalam website indozone.id merupakan bukti nyata bahwa konten para indozone.id sangat membuat betah netizen yang ingin membacanya.

OTHERS PLATFORM

Others platform

Untuk platform lainnya yang belum saya sebutkan dari group Indozone terdapat Facebook, Youtube, [email protected] dan Twitter. Tentu saja semua platform tersebut menyajikan konten yang menarik buktinya mereka berhasil memiliki banyak followers yang dicapai meskipun itu tidak berada di Instagram.

Meskipun konten yang disajikan menarik tetapi cara penyajian konten setiap platform berbeda-beda dan disesuaikan dengan tipikal atau kebiasaan netizen di platform tersebut. Dengan memanfaatkan multi platform media sosial dan yang terbesar di Indonesia dan banyak digunakan oleh anak muda, Indozone dapat merealisasikan tentang visi yang dapat menjadi media dengan engagement terbesar serta berpengaruh dan menarik untuk generasi millenials dan generasi Z.

Kesimpulan

Daru ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai semua tentang INDOZONE, Kita akan mendapatkan sebuah media informasi digital di Indonesia dengan awal mula perjalanan dari akun Instagram sampai merambah ke berbagai platform dan bisa menjadi terbesar daripada yang lain dan berhasil menjadi PT pada tahun 2018.

Dengan konten yang menarik dan memiliki berbagai kategori unik yang seringkali anak millenials cari saat menggunakan Internet, Apalagi dengan munculnya website Indozone.id yang memiliki tampilan segar, simple dan tentu saja bisa diakses pada segala gadget. Jika dapat kalian lihat pada website indozone.id terdapat informasi mengenai tim redaksi yang sangat transparan.

Pada sosial media Indozone.id seringkali mengadakan event bagi-bagi hadiah atau yang bisa kita sebut dengan “giveaway” dan yang dibagikan tidak sembarang barang tetapi sangat berharga jika digunakan oleh anak muda.

Pesan kepada indozone.id yang mungkin dapat menjadi tambahan untuk menjadi media digital yang terbaik:

  • Dengan adanya fitur daftar/register pada website indozone.id para pengembang juga harus menciptakan aplikasi baik untuk android atau ios untuk menggunakan platform website Indozone menjadi lebih praktis.
  • Indozone.id perlu memperhatikan perkembangan umur followersnya yang pasti kita juga bertumbuh tentu saja harus membuka satu kategori lagi untuk membagikan informasi mengenai informasi pekerjaan di Indonesia.
  • Menambahkan fitur diskusi atau forum pada website indozone.id yang dapat memberikan ruang berbicara member terdaftar pada website indozone.

Selamat ulang tahun-min

Dan pesan terakhir untuk Indozone selamat ulang tahun yang ke 5 harapan saya untuk Indozone selalu menjadi media digital yang membagikan informasi menarik dan juga bermanfaat bagi Indonesia terutama kepada para generasi millenials dan generasi Z. Serta sukses dalam kesejahteraan seluruh tim Indozone, terus berinovasi dan berekspansi semakin menjadi besar dan jangan lupa untuk selalu menghadirkan promo, event dan giveaway yang lebih menarik hehe.

Mungkin sekian dahulu yang dapat saya kupas dari INDOZONE.ID jika terdapat informasi yang kurang/salah maupun dalam penulisan atau data saya mohon maaf jikalau bisa kalian koreksi dengan cara komentar dibawah ini, Namun jika artikel ini bermanfaat kalian dapat membagikan artikel ini ke sosial media kalian agar dapat bermanfaat serta membantu perkembangan website saya juga. Akhir kata, terimakasih sudah berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *