Cara Milenial Manajemen Waktu dengan Teknologi

Posted on

Cara milenial

Saat saya menjadi Mahasiswa baru pada semester pertama saya mendapatkan mata kuliah Keterampilan Interpersonal atau Interpesonal Skill. Disitu kita diajarkan sebagian besar soft skill yang sangat diperlukan untuk hidup didunia ini.

Untuk yang belum mengerti mengenai softskill ialah tentang skill yang sudah dianugrahkan oleh Tuhan sejak anda lahir misalnya, komunikasi, bekerja sama, mudah beradaptasi, manajemen, networking, leadership, percaya diri, mampu bekerja dibawah tekanan dan etika.

Semua pelajaran itu pasti tidak akan ditemui secara langsung atau bahkan saat kalian melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah, Karena kegiatan belajar merupakan hardskill. Biasanya softskill dibentuk awal dari didikan orang tua, pergaulan disekitar rumah dan sebagainya.

Softskill dan hardskill merupakan kemampuan yang penting bagi kalian calon-calon penerus bangsa dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap produktivitasmu, Terutama softskill. Sekarang banyak perusahaan besar yang memperkerjakan orang baru melihat dari softskill mereka. Percuma saja jika kalian pintar tetapi tidak memiliki etika atau kemampuan mengatur diri sendiri.

Kali ini saya ingin membahas mengenai salah satu kemampuan softskill yang bisa dilakukan oleh siapapun dan sebenarnya dulu sudah sempat saya implementasikan pada kehidupan sehari-hari namun karena tujuan yang kurang jelas maka fokus terpecah belah.

Oke kembali ke topik utama bahwa dosen saya selalu mengingatkan bahwa untuk selalu menyusun manajemen waktu untuk melakukan kegiatan sehari-hari agar semakin tertata. Karena unsur-unsur produktivitas ada 3 yaitu:

  1. Efesiensi
  2. Efektivitas
  3. Kualitas

Semua unsur tersebut bergantung pada yang namanya waktu. Dan waktu yang kalian punya jika tidak digunakan dengan hal yang mendorong sukses ke tujuan maka anda akan semakin tertinggal dengan yang lain.

Tanda-tanda jika anda gagal memanajemen waktu ialah saat berpikir bahwa waktu berjalan cepat sekali tetapi rasanya kurang, Atau saat mengerjakan sesuatu namun belum selesai juga tetapi waktu sudah jauh tergunakan. Hal-hal itu yang merupakan bahwa kalian tidak menerapkan manajemen waktu dengan baik.

Apakah kamu merupakan orang-orang yang seringkali berpikir seperti itu? Tidak perlu khawatir karena disini saya ingin membagikan tips bagaimana cara manajemen waktu yang baik dan benar.

Manajemen waktu seharusnya dilakukan sedini mungkin saat menjadi mahasiswa kalian bisa melakukan manajemen waktu secara mandiri, karena itu akan berpengaruh pada hasil dari tujuan yang ditentukkan. Jadi tidak perlu berlama-lama berikut merupakan tips dari saya untuk manajemen waktu dengan benar.

  1. Membuat Tujuan (Shor & Long term goals)

Setiap insan pasti memiliki tujuan hidup yang berbeda-beda, Jika kalian hidup ini belum menemukan tujuan hidup yang ingin dicapai maka bertanyalah pada diri anda sendiri terlebih dahulu untuk membuat tujuan.

Tujuan merupakan hasil akhir dari usaha yang kita lakukan dalam mencapainya. Parameter tujuan tersebut berhasil ialah dari sukses dan lamanya kalian mewujudkannya.

Tujuan itu sendiri dibagi menjadi 2 yaitu tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Perbedaan dari kedua tujuan tersebut sepertinya dapat kalian mengerti ya dengan sekedar membacanya.

Jadi cobalah memikirkan apa yang ingin kamu capai dalam kurun waktu cepat ini semisal 1 hari, 1 minggu atau 1 bulan kedepan (short-term goals) dan pikirkan juga tujuan hidup anda dalam kurun waktu 6 bulan, 1 tahun, 4 tahun bahkan 10 tahun kedepan ingin seperti apa (long-term goals).

  1. Mengatur Prioritas

Jika sudah mengetahui tujuan hidupmu kedepannya saatnya untuk memilih tujuan mana dulu yang ingin dicapai. Apakah kalian seorang yang mengerjakan tugas saat deadline sudah mendekat? Jika iya, ubahlah kebiasaan buruk tersebut terapkan kebiasaanmu untuk menyicil pekerjaan sesuai dengan yang kamu bisa.

Karena mengerjakan tugas saat mepet dengan deadline akan menyebabkan hasil yang didapat tidak sesuai dengan tujuan, Misalnya jika kamu memiliki tujuan untuk menyelesaikan tugas akhir kampus yang sudah diberikan diawal pertemuan semester, Maka cobalah untuk mengerjakan dikit demi sedikit agar tidak kerepotan jika deadline sudah dekat. Jangan pernah bermain-main dengan waktu, tetapi gunakanlah waktu sebaik mungkin.

  1. Mengatur jadwal sehari-hari

Apa yang kita lakukan setiap harinya akan berpengaruh dengan hasil untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Karena yang terpenting dari memperoleh hasil ialah suatu proses. Jika kalian tidak fokus dengan tujuan yang diinginkan maka semakin tidak terlihat tujuan yang ingin dicapai.

Dengan mengatur atau manajemen jadwal kalian sehari-hari dapat membantu menaikkan kesempatan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan lebih cepat. Contohnya dalam mengatur jadwal sehari-hari itu kita atur bagaimana waktu tidur, waktu produktif, waktu makan jangan sampai waktu tersebut terbuang sia-sia karena tidak ada aktifitas yang tercantum pada jadwal kalian.

Jadi buat kalian yang ingin mengatur jadwal harian dengan mudah caranya ada dibawah ini:

Manajemen Waktu dengan Teknologi

manajemen waktu

Saya sendiri sebagai anak muda membuat jadwal sehari-hari sudah tidak manual lagi karena malah akan memakan waktu yang sangat banyak. Belum lagi tugas kuliah yang datang setiap harinya seperti sudah selesai tugas ke-1 namun ditambah tugas lainnya yang hadir setiap pertemuan kelas.

Beruntung saja sekarang teknologi semakin berkembang dengan cepat sampai-sampai manajemen waktu dapat kita serahkan tugasnya ke sebuah teknologi semisal smartphone. Siapa sih yang sekarang tidak memiliki sebuah perangkat yang memiliki perkembangan cukup cepat dalam inovasinya yaitu Smartphone.

Eh bentar-bentar

Sepertinya pada era sekarang terdapat suatu perangkat yang bisa membantu anda manajemen waktu yang fiturnya hamper sama seperti smartphone, Tetapi untuk urusan manajemen waktu fiturnya sangat lengkap… Perangkat tersebut ialah Smartwatch. Iya, Jam pintar.

Smartwatch akhir-akhir ini mendapatkan perkembangan yang cukup signifikan karena dapat menyamaratakan fungsinya mirip seperti smartphone. Karena bingung dengan banyaknya smartwatch yang ada, Sayapun riset mengenai fungsi dari smartwatch tersebut dan membandingkan harganya.

Dari hasil riset tersebut saya mendapatkan salah satu smartwatch yang mungkin bisa saya jadikan contoh bagaimana cara manajemen waktu dengan teknologi dan sekalian melihatkan ke kalian apa saja teknologi atau fitur yang terdapat pada smartwatch tersebut, Smartwatch yang saya maksud ialah Fossil Gen 5 Smartwatch.

Fossil Gen 5 Smartwatch

FOSSIL

Sebelum membahas mengenai fungsi dari smartwatch ini yang akan kita gunakan, Saya akan membahas bagian teknis dari Smartwatch ini mulai dari desain, spesifikasi dan fitur-fitur didalamnya.

Fossil merupakan salah satu perusahaan yang menjual jam tangan dan aksesorisnya baru-baru ini meluncurkan smartwatch terbaru yaitu Fossil Gen 5 Touchscreen. Secara singkatnya jam ini diperuntukkan untuk penggemar teknologi dan orang yang sangat mementingkan fashion.

Fossil Gen 5 sudah menggunakan Qualcomm Snapdragon Wear 3100 dan Wear OS dari Google, Untuk lebih detailnya mungkin akan saya bahas satu persatu dibawah ini:

Desain Terbaru

DESAIN FOSSIL

Jam tangan sejatinya digunakan untuk penunjuk waktu dan aksesoris pelengkap yang dipakai pada pergelangan tangan. Kebanyakan orang pasti akan memilih jam tangan yang memiliki desain yang berkarakter, Kalau saya sendiri selain berkarakter saya akan memilih jam dengan desain yang simpel dan elegan.

Smartwatch Fossil Gen 5 hadir dengan desain yang simpel dan elegan memiliki layar bundar OLED berdiameter 1,28 inci. Terdapat 3 tombol yang termasuk mahkota berputar untuk navigasi tanpa batas melalui OS dan dua tombol lain fungsinya dapat disesuaikan.

Karena ini smartwatch yang fungsinya sudah sama seperti smartphone maka pada sisi samping Fossil Gen 5 terdapat speaker dan mikrofon yang memungkinkan pengguna melakukan dan menerima panggilan.

Fossil Gen 5 tersedia dalam ukuran 44mm dengan varian Carlyle dan Julianna yang keduanya memiliki fitur baja tahan karat. Memiliki berbagai desain dari 2 varian tersebut membuat Fossil Gen 5 ini cocok untuk digunakan siapapun baik itu Laki-laki atau perempuan, Baik itu anak muda atau orang tua semuanya cocok untuk menggunakan smartwatch keren ini.

Spesifikasi dan Fitur

Spesifikasi Fossil

Dikarenakan yang kita bahas kali ini ialah Smartwatch maka dari itu pembahasan spesifikasi atau jeroan mesin yang ada didalamnya pasti tidak luput untuk kita ketahui. Secara singkat saja Fossil Gen 5 memiliki dapur pacu Chipset Snapdragon Wear 3100 sebuah prosesor Quad-Core dengan clockspeed mencapai 1.2Ghz yang diperuntukan untuk smartwatch terbaru.

Serta ditambah dengan dukungan kapasitas RAM 1GB dan penyimpanan memori 8GB, Dan semuanya memproses smartwatch yang didalamnya terdapat Wear OS dari Google. Fossil Gen 5 sudah kompatibel dengan Android 4.4 dan iOS 9.3 atau versi yang lebih tinggi.

Fossil

Untuk fitur yang ada didalamnya Fossil Gen 5 sudah mendukung pelacakan detak jantung, GPS, NFC, WiFi dan Bluetooth 4.2 dan semua fitur tersebut akan say aulas dibawah ini yang memungkinkan dapat membantu kita dalam manajemen waktu secara mudah.

Google Assistant

Salah satu fitur yang bisa kalian gunakan untuk manajemen waktu, Sepertinya fitur ini juga terdapat pada perangkat smartphone kalian terutama yang menggunakan sistem operasi Android. Namun kali ini kita menggunakan Google Assistant pada Smartwatch yang bisa dengan mudah kita bawa kemana-mana.

Bayangkan saja kita memiliki personal asisten pada pergelangan tangan, Virtual asisten ini memiliki kemampuan untuk merespon balik via voices dan action. Biasanya saat menggunakan Google Assistant kita harus mengucapkan “Ok Google” selanjutnya jika perangkat membalas maka bicaralah perintah apa yang ingin diminta. Misal kalian ingin membuat jadwal pada jam tertentu bisa, Melihat info cuaca, telepon dll.

Dengan adanya Google Assistant pada Fossil Gen 5 Smartwatch kita dapat membuat kegiatan sehari-hari menjadi terjadwal dan tidak telat mengenai info-info yang bagi kita sepele namun ternyata penting.

Ketahanan baterai

Fitur yang sangat penting untuk kalian yang sering bekerja diluar ruangan, Dan sangat membutuhkan smartwatch untuk sekedar penunjuk waktu atau melihat jadwal sehari-hari.

Fossil memiliki baterai yang pintar juga karena didalamnya terdapat pengaturan untuk menentukkan ketahanan baterai dari smartwatch. Terdapat 3 mode antara lain

  • Daily mode, Mode yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartwatch seharian dengan kemampuan maksimum dan mengisi daya setiap malam hari.
  • Extended Mode, Mode yang hanya menghidupkan fitur-fitur penting setiap harinya dan diperuntukan untuk mengisi daya setiap beberapa hari.
  • Time Only Mode, Fitur yang dimana anda hanya bisa melihat waktu saja dan mematikan semua fitur yang ada, Mengubah smartwatch mu seperti jam biasa dan ketahanan baterainya bisa mencapai seminggu.

Jika baterai pada Fossil Gen 5 menyentuh angka 9% maka otomatis akan berubah pada mode Time Only. Ini akan membuat masa baterai bertambah sekitar 48 jam untuk melihat waktu. Dengan menggunakan Fossil Gen 5 ini dapat meningkatkan produktivitasmu dengan ketahanan baterai yang sangat awet.

Apalagi saat bateraimu sudah pada kondisi habis dan ingin mencharge terdapat fitur Rapid Charging yang dapat mengisi 80% kapasitas baterai hanya dengan waktu 1 jam saja.

Google fit

Saat menggunakan smartwatch untuk kegiatan sehari-hari dan meningkatkan produktivitas kita jangan lupa untuk selalu menjadwalkan kegiatan olahraga minimal 2 sampai 3 kali seminggu, Kita semua pasti tidak menginginkan saat sukses dan tujuan dapat tercapai malah badan kita yang tidak sehat dan kurang fit.

Oleh karena itu ada fitur virtual asisten khusus untuk kegiatan berolahraga yaitu Google Fit, Yang bisa memantau kondisi atau data aktivitas kesehatan penggunanya dengan memanfaatkan teknologi heart rate tracking. Google Fit pun dapat sinkronasi antara beberapa perangkat jadi data yang ada pada smartphone bisa langsung kita dapatkan juga pada smartwatch begitu juga sebaliknya.

Saat menggunakan Google Fit pada Fossil Gen 5 kita akan menemukan tampilan seperti heart-rate, Pilihan workout dimana kita bisa memilih sedang melakukan aktivitas olahraga seperti apa misalnya berjalan santai, berlari, atau bersepeda semua bisa dihitung untuk mendapatkan waktu dan jarak yang ditempuh dengan akurat.

Google pay

Fitur ini diperuntukkan untuk kalian yang sering berpergian secara cashless atau tidak membawa uang tunai dan lebih nyaman menggunakan pembayaran dengan kartu, Pada Fossil Gen 5 dilengkapi dengan fitur Google Pay dimana kalian bisa mendaftarkan credit card pada akun Google Pay kalian yang pastinya untuk sistem keamanan ini sudah tidak diragukan lagi.

Fitur lain

Fitur fossil

Selain fitur yang sudah saya sebutkan tadi terdapat juga fitur tambahan yang tidak kalah bermanfaat seperti kalian dapat mengontrol musik pada smartphone yang dipilih dengan smartwatch dengan memilih music player yang bisa terkoneksi seperti Spotify, Pandora, Soundcloud, Google Play, iTunes or Apple Music.

Lalu juga terdapat fitur yang berguna untuk para traveler yaitu automatic timezone dimana saat anda berpindah-pindah negara maka smartwatch Fossil Gen 5 akan menyesuaikan jam dengan waktu setempat atau bisa menggunakan multiple timezone dimana bisa melihat beberapa waktu dinegara berbeda secara bersamaan.

Selanjutnya terdapat fitur dimana smartwatch ini bisa kalian gunakan berenang tanpa ada rasa takut rusak karena sudah tahan air. Juga terdapat fitur LED Flashlight yang memudahkan anda untuk mencari barang dengan mudah pada tas ransel atau ruang-ruang yang sempit.  Terakhir fitur-fitur pelengkap yang bisa membantu anda untuk manajemen waktu seperti alarm, notifikasi, peringatan kalendar, peringatan tanggal dan stopwatch.

Itu dia beberapa fitur dari Fossil Gen 5 Smartwatch terbaru yang bisa digunakan untuk manajemen waktu secara mudah dan praktis serta dukungan dari hardware dan desain yang keren banget, Menambah kesan elegan saat menggunakannya. Lalu disini saya ingin membagikan bagaimana caranya untuk mendapatkan Fossil Gen 5 Smartwatch yang keren ini, Kamu bisa mendapatkan dan memilih berbagai desain yang membuat anda berkarakter pada website rekomendasi smartwatch.

Sekian artikel saya mengenai bagaimana cara milenial untuk manajemen waktu dengan bantuan dari teknologi terkini, Jika terdapat kesalahan artikel baik itu pada informasi atau penulisan mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian koreksi kembali dengan cara komentar dibawah, Namun jika artikel ini bermanfaat mohon untuk dibagikan ke sosial media agar teman-temanmu mendapat wawasan terkait konten bermanfaat ini, Akhir kata terima kasih sudah berkunjung dan membaca sampai habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *