Apa Itu Startup Unicorn, Dan Contohnya

Apa Itu Startup Unicorn, Dan Contohnya

Posted on

Apa Itu Startup Unicorn, Dan Contohnya

Hallo teman-teman kali ini saya ingin membahas mengenai pengertian dari “Startup Unicorn” yang sempat ramai dibicarakan dalam media sosial, Kenapa? Dikarenakan saat tanggal 17 Februari 2019 pada malam hari yang dilaksanakan Debat Capres antara Bapak Jokowi dan Prabowo… Lhoo kok bisa? Hmm… Nggak nonton ya kamu -_-

Oke akan saya jelaskan sedikit tetapi jika salah mohon koreksinya ya.. disaat debat capres bapak Joko Widodo bertanya pada bapak prabowo seperti ini “Infrastruktur apa yang akan Bapak bangun untuk mendukung perkembangan unicorn Indonesia?”

“Yang Bapak maksud unicorn? Maksudnya yang online-online itu, iya, kan?” kata Prabowo bertanya balik. Jokowi tampak tak mendengar jelas pertanyaan balik Prabowo sehingga tidak ada respons dengan jawaban jelas.

Lalu pak prabowo menjelaskanlah komitmennya untuk perkembangan unicorn di Indonesia, berikut kata dari pak prabowo “Kita kurangi regulasi, kurangi pembatasan karena mereka lagi giat-giatnya dan pesat-pesatnya berkembang. Saya akan dukung sebagai upaya memperlancar. Mereka juga mengalami kesulitan dalam arti merasa ada tambahan-tambahan regulasi. Mereka mau dipajaki rupanya dalam jaringan online. Ini yang mereka juga mengeluh,”

Prabowo menegaskan mendukung perkembangan startup unicorn di Indonesia.

“Jadi saya menyambut baik, dinamika perkembangan seperti itu luar biasa pesatnya dan ini memungkinkan membuka peluang yang luar biasa. Saya mendukung hal seperti itu,” sebut Prabowo.

Startup Unicorn

Lantas apa sih sebenarnya Startup Unicorn itu?

Startup sendiri merupakan perusahaan yang belum lama beroperasi dan masih dalam tahap perkembangan dan penelitian dalam mengembangkan pasar mereka, Atau jika di Indonesiakan dinamakan Perusahaan Rintisan.

Nah untuk Istilah ‘unicorn’ ini mengacu kepada startup yang memiliki valuasi senilai 1 miliar dolar Amerika (sekitar 13,1 triliun rupiah) atau lebih. Seperti dilansir Venture Beat, saat ini terdapat 229 startup yang masuk dalam kategori unicorn.

Startup Unicorn di Indonesia

Indonesia memiliki 4 startup unicorn yaitu Go-Jek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak. Yang menarik, dari keempat nama tersebut sudah ada yang mendekati status berikutnya, yaitu decacorn yang merupakan label bagi startup dengan valuasi lebih dari USD 10 miliar.

Oke mungkin sekian saja artikel dari saya mengenai startup unicorn ini jika ada kesalahan pada informasi ini akan saya perbaiki komentar saja kesalahan yang terdapat pada artikel ini. Dan jika bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke media sosial atau grup-grup wa anda. Terima kasih sudah berkunjung.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Apa Itu Startup Unicorn, Dan Contohnya
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *