robyong

Aneka Nasi Tumpeng dalam Beragam Acara

Posted on

Aneka Nasi Tumpeng dalam Beragam Acara – Halo selamat datang di blog helmirfansah.com, Kali ini saya ingin membahas mengenai jenis-jenis tumpeng yang terdapat pada beragam acara yang tepatnya ada di Indonesia. Apakah kalian menyangka jika tumpeng yang merupakan nasi kuning berbentuk kerucut yang diletakkan di tengah tampah lalu dikelilingi dengan lauk pauk ternyata banyak jenisnya lho.

Menurut Bapak Teknologi Pangan di Indonesia yaitu bapak FG Winarno tumpeng biasanya dikelompokkan berdasarkan jenis acara atau tujuannya, Ada yang sederhana sampai rumit, Berikut adalah aneka Nasi Tumpeng dalam beragam acara.. Dikutip dari detik.com

1. Tumpeng Robyong

robyong

Tumpeng robyong dahulu disaijakn untuk acara-acara besar seperti untuk meminta hujan, musim panen dan mengusir penyakit. Lalu sekarang jenis tumpeng ini digunakan untuk acara siraman, upcara pernikahan atau pemberkatan dan syukuran.

Berbentuk tumpeng besar namun juga ada intuk intuk atau tumpeng kecil yang mengelilingi tumpeng besar. Lalu terdapat tiga macam kembang yaitu melati, mawar dan kenanga. Selain itu terdapat bubur merah, putih dan palang juga disajikan. Di puncak tumpeng, biasanya ditusukkan telur ayam, terasi, bawang merah, dan cabai.

2. Tumpeng Pernikahan

pernikahan

Sama seperti tumpeng robyong tetapi tumpeng pernikahan setengah bagian nasi tumpengnya dipotong secara mendatar. Bagian atasnya yang runcing dapat dilambangkan lingga (kesuburan),  dan bagian bawahnya melambangkan yoni (kekuatan). Di puncak tumpeng ditusukkan bawang merah dan cabai. Selain itu wajib ada lodeh kluwih, jajanan pasar lima warna, takir pontang, dan kacang panjang yang dikepang dan diletakkan melingkari tumpeng.

3. Tumpeng Tumbuk

tumbuk

Tumpeng tumbuk dipakai untuk merayakan ulang tahun, terutama umur 64 tahun alias tumbuk ageng. Menurut kepercayaan Jawa dan Cina, 8 adalah angka keramat. Jadi 64 yang notabene merupakan hasil perkalian 8 dan 8 adalah umur istimewa. Selain itu, orang yang sudah mencapai 64 tahun telah melebihi usia Nabi Muhammad SAW waktu wafat. Makanya, ulang tahun ini dianggap spesial. Tumpengnyapun dihiasi dengan kepangan kacang panjang dari puncak ke alas tumpeng, yang melambangkan umur panjang.

4. Tumpeng Megono

megono

Tumpeng megono digunakan untuk acara kenaikkan pangkat.

5. Tumpeng Pungkur

pungkur

Jika tumpeng biasanya menandakan sukacita, tumpeng pungkur disajikan pada acara pemakaman pria atau wanita lanjang. Tumpeng ini terbuat dari nasi putih yang dipotong dua vertikal, lalu diletakkan saling membelakangi untuk memisahkan kehidupan dan kematian. Tidak ada intuk-intuk atau tumpeng kecil serta jajanan pasar. Yang ada adalah lauk-pauk sayuran, ketan kolak, serta apem. Tumpeng ini didiamkan di rumah semalaman lalu dibuang, atau dihanyutkan di sungai.

Itulah sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis tumpeng yang ada di Indonesia dan digunakan dalam beragam acara atau tujuan tertentu. Apakah kalian yang tinggal di daerah kota-kota besar kesulitan dalam mencari tempat penjual Nasi tumpeng? Nah disini saya ingin merekomendasikan kepada kalian jika kalian ingin membelinya disini saja Pesan Nasi Tumpeng di Sudirman.

Mungkin sekian artikel dari saya jika ada kesalahan kata atau informasi mohon untuk dimaafkan, Dan apabila artikel ini bermanfaat mohon untuk dibagikan ke sosial media kalian. Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Aneka Nasi Tumpeng dalam Beragam Acara
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *