Waktunya Pindah ke Mobile Gaming, Tapi…

Posted on

Sejujurnya saya dari kecil sangat menyukai bermain game, Masih ingat sekali saat SD kelas 2 atau 3 gitu, Tiba-tiba bangun pagi terdapat sebuah konsol beserta tumpukkan kaset-kaset yang bisa langsung saya mainkan, Pertama disitu saya bingung ini “Ini apasih” ohh ternyata sebuah konsol untuk memainkan permainan.

Ternyata alasan Ayah saya membelikan konsol dan kaset tersebut ternyata merasa kasian dengan saya yang saat kecil sering gabut kalau lagi di rumah, hahahha. Dari situlah saya menjadi kecanduan game sampai sekarang, Alhamdulillah sih ibu saya selalu mengingatkan keras tentang pembagian waktu antara kewajiban dan bermain konsol.

Namun saat memiliki konsol saya tidak lupa dengan permainan tradisional selayaknya anak SD tahun 2000an awal. Lalu 3 tahun mendatang konsol sayapun rusak dan berganti dengan komputer tabung untuk mengisi waktu luang, Dengan komputer saya bisa mengotak-atik sistem tersebut yang ternyata membuat saya tertarik dengan dunia Teknologi ini.

Dari awal kenal dunia game mulai konsol generasi pertama, komputer, rental, warnet semuanya itu memiliki musim-musim game tersendiri seperti saat bermain warnet saya pastinya bermain game online bersama teman-teman sekolah.

Beruntungnya saya saat kecil berada di masa transisi dengan zaman digital. Yang mengakibatkan permainan tradisional masih saya rasakan saat kecil, Karena sekarang sangat jarang saya temui anak-anak kecil bermain seperti petak umpet, polisi-polisian, lompat tali dan permainan tradisional semacam itu.

Namun yang saya lihat sekarang ini ialah banyak anak kecil yang bermain game dengan Smartphone “orang tuanya”, Bagaimana saya tau? Ya pasti tahu dong, Karena mereka semua bermain di rumah saya… Memanfaatkan Wi-Fi rumah saya hmm.

Tetapi hal itu tidak bisa disalahkan karena perubahan dan perkembangan zaman yang berbeda, Mungkin sama seperti saya dahulu jika menghabiskan kebosanan yaitu pergi kewarnet namun anak kecil zaman sekarang menghabiskan waktunya dengan bermain game bersama teman di mobile atau smartphone.

Piala-Presiden-1024x678

Apalagi sekarang lagi marak-maraknya game online mobile seperti Mobile Legend, AOV, PUBG, FF yang semua itu dijadikan menjadi cabang olahraga elektronik atau bisa dibilang E-Sports. Apalagi dengan munculnya dukungan dari pemerintah untuk dunia E-Sports ini. Seperti yang dapat kalian lihat pada gambar diatas yaitu Piala Presiden Esports 2019, Acara ini merupakan bentuk support penuh pemerintah dan kata Presiden IESPL (Indonesia E-sports Premiere League) acara E-Sports ini juga mimpi dari bapak Presiden Joko Widodo.

Game yang dipertandingkan pada Piala Presiden E-Sports 2019 ini merupakan Mobile Legends, Karena menurut Presiden IESPL game MOBA Mobile ini lagi booming dan banyak dimainkan oleh kalangan luas mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sekalipun. Nah disinilah kesempatan buat kalian para anak-anak muda, boleh banget bermain game asal memiliki pengaruh positif dan tidak mengganggu aktifitas atau kewajiban lainnya seperti sekolah, membantu orang tua, ibadah dan lain-lain.

Apalagi di zaman digital sekarang semua player game konsol dan pc pada beranjak menuju game mobile, Dan hal ini yang membuat semakin majunya pasar industri game mobile. Kenapa saya bisa tau? Karena saya dan teman saya merasakan hal ini… Semakin lama aktifitas manusia atau saya yang sudah mulai kuliah akan disibukkan dengan berbagai hal, Itulah yang membuat game mobile laris.

Buat kalian anak muda yang sekiranya mencoba untuk serius dalam dunia E-Sports tetapi tidak memiliki modal besar bisa mencoba untuk mengikuti jejak para pejuang E-Sports seperti JessNoLimit yang berlatih setiap hari demi pro dalam sebuah game. Modal awal mungkin Smartphone, Internet sama skill sayapun pingin sekali seperti itu. Seperti yang ada pada judul artikel “Waktunya Pindah ke Mobile Gaming, Tapi…” Nah ada tapi nya tuh… Apa saja?

  • Pertama tapi kalian harus selalu ingat waktu jika sudah bermain game mobile, Karena memang sangat adiktif sekali.
  • Kedua harus tau mengenai microtransaction yang ada di game mobile, Jangan sampai membeli barang yang tidak berguna seperti item atau skin dan semacamnya jika memang itu tidak digunakan, Tapi kalau uang sendiri sih boleh aja.
  • Ketiga tapi kita harus memiliki smartphone yang high-end untuk memainkan game-game mobile yang terbaru

Untuk solusi pertama dan kedua mungkin dari diri kalian sendiri ya dan bisa kalian konsultasikan ke orang tua agar selalu mengingatkanmu, Untuk masalah ke 3 saya tau solusinya, Disini kita membutuhkan Smartphone gaming yang bisa menunjang aktifitas latihanmu menjadi atlet E-Sports… Apakah kamu HP apa yang akan saya rekomendasikan? Tebak dulu sebelum lanjut baca… Cluenya merupakan smartphone keluaran perusahaan gadget terbesar di Indonesia, Dan smartphone ini memiliki performa tinggi tetapi hemat daya dan tidak panas. Apakah itu…? Tidak perlu basa basi lagi, Smartphone itu ialah ASUS Zenfone Max M2 sebuah smartphone entry level terbaru ASUS yang siap untuk mendukung aktifitas gaming mobile kamu, Penasaran dengan spesifikasi dari Smartphone ini? Oke langsung aja

ASUS Zenfone Max M2

ASUS ZENFONE MAX M2

Pertama kali mendengar kabar tentang smartphone gaming satu ini saya sudah bisa menyimpulkan kalau hasilnya akan mendongkrak pasar smartphone entry level karena Smartphone Gaming satu ini merupakan generasi terbaru atau penerus dari ASUS Zenfone Max M1, Sama seperti generasi sebelumnya ASUS Zenfone Max M2 memiliki performa tinggi namun dengan harga yang terjangkau.

Alasan ASUS memberi nama seri ini Max? Menurut perkiraan saya sih karena smartphone ini maksimal dari segala bidang dari segi performa, desain, baterai dan budget semuanya sudah maksimal diperhitungkan hingga menjadi sebuah inovasi untuk perkembangan smartphone entry-level. Coba lihat tabel spesifikasi dari ASUS Zenfone Max M2 dibawah dan tebak harganya:

spesifikiasi asus zenfoneDilihat dari tabel diatas ASUS Zenfone Max M2 sudah seperti spesifikasi dari smartphone kelas mid-end keatas ya, Padahal nyatanya tidak namun sebelum beranjak ke harga mari kita ulas terlebih dahulu apa saja sih jeroan dan keunggulan ASUS Zenfone Max M2… Kenapa kita harus memiliki Smartphone keren ini:

Performa

PERFORMA

Jika ingin memiliki smartphone yang digunakan untuk bermain game, Perhatikan untuk segi performa alias jeroan dari smartphone tersebut nah untuk ASUS Zenfone Max M2 ini ditanamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 632 yang diinfokan memiliki performa lebih kuat dari pada generasi sebelumnya, kenaikan performa hampir 40% namun tetap hemat daya dan responsif tanpa mempengaruhi baterai.

Nah lalu ada yang namanya RAM hardware ini sangat penting untuk menyeimbangkan proses multitasking pada suatu device untuk ASUS Zenfone Max M2 ini terdapat 2 pilihan yaitu 3GB & 4GB LPDDR3 RAM untuk 3GB RAM saja sudah cukup banget buat mainin game-game mobile yang lagi trend. Ditambah satu lagi jika kamu doyan bermain game perhatikan pada GPU yang dipergunakan… ASUS Zenfone Max M2 menggunakan Adreno 506.

Terakhir ada tambahan untuk memori Internal antara 32GB dan 64GB tergantung pilihan RAM juga dan untuk memori eksternal support mencapai 2TB microSD, ASUS juga memberikan akses Google Drive 100GB gratis untuk setahun yang merupakan produk google yang digunakan untuk menyimpan dokumen atau file dengan online. Untuk Sistem Operasi Zenfone Max M2 sudah didukung dengan Android Oreo 8.1 semua hardware diatas dapat dipacu dengan dukungan baterai Li-Ion 4000mAh seharian digunakan latihan bermain game pasti bisa tanpa harus repot bolak-balik charger baterai.

Untuk konektifitasnya Zenfone Max M2 pastinya sudah lengkap seperti smartphone pada umumnya Wi-Fi, Bluetooth, GPS, 4G dan lain-lain Dan untuk ada 3 slot yaitu 2 untuk SIM-Card dan 1 untuk MicroSD.

Desain dan Warna

Desain dan warna

Saya pikir banyak gamer yang tidak memperhatikan bentuk desain smartphone untuk bermain game. Namun kalian jangan salah, desain dari smartphone sangat mempengaruhi gameplay kalian. ASUS Zenfone Max M2 memiliki dimensi 158.4 x 76.3 x 7.7 mm bayangkan 7.7mm bermain game mobile, Apakah smartphone ini panas? Tidak, meskipun saya belum mencobanya secara langsung tetapi banyak reviewer sudah mencobanya untuk bermain game berat dan ditunjukkanlah hasil dari alat pengukur suhu memang masih tetap aman suhu Zenfone Max M2 untuk tangan.

Kenapa bisa begitu? Balik lagi karena hardware yang digunakan dan desain yang sudah diperhitungkan oleh Tim Asus, Lalu untuk layar HP ini sangat lebar yaitu 6,3 Inci IPS LCD dengan resolusi 720x1520piksel rasio layar 19:9 dengan kerapatan layar 269ppi. Untuk pilihan warna ASUS mengeluarkan 3 varian warna yaitu Midnight Black, Space Blue dan Meteor Silver. Desain dan warna yang menarik untuk para gamers, Zenfone Max M2 ini juga sangat digemari oleh orang-orang yang ingin tampil beda apalagi terdapat notch pada smartphone ini yang membuat semakin trendy.

Kamera

Kamera

Oke terakhir jika kamu memiliki hobi memotret kamera, pada Zenfone Max M2 ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan smartphone flagshipnya lohh, Memiliki sistem dual kamera belakang dengan resolusi 13MP dengan apertur f/1.8 lalu 2MP untuk kamera belakang tambahannya, Kamera belakang ini dilengkapi dengan AI Photography yang dapat mendeteksi 13 jenis skema foto.

Lalu untuk kamera depan memiliki resolusi 8MP dengan apertur f/2.0 kedua kamera baik depan dan belakang memiliki berbagai mode untuk dimainkan tingkat kualitas gambarnya, Membuat selfie dan hasil fotomu semakin menarik. Lalu untuk merekam video Zenfone Max M2 bisa sampai merekam video 4K UHD dengan kamera utama.

Kesimpulan

Oke mungkin itu saja dari saya dan disini saya akan menyebutkan range harga untuk smartphone ASUS Zenfone Max M2 ini yaitu antara 2,3 sampai 2,7 juta rupiah saja lohhhh… Jadi hal yang bisa saya simpulkan untuk artikel kali ini ialah, Jika kalian menginginkan hiburan seperti gaming atau browsing yang memerlukan multitasking pakailah smartphone saja karena sangat mendukung mobilitas tinggi. Dan disini saya menyarankan untuk memilih Zenfone Max M2 ini karena dengan harga yang terjangkau kita bisa menjadikan smartphone ini menjadi daily driver saya.

Sekian dahulu artikel dari saya jika ada kesalahan informasi ataupun penulisan bisa minta tolong untuk diperbaiki tulis saja kesalahannya apa langsung akan saya perbaiki kalau tidak ada dan sekiranya artikel saya ini bermanfaat bisa kamu bagikan ke sosial media, Akhir kata terima kasih banyak yang sudah membaca artikel saya sampai habis.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Waktunya Pindah ke Mobile Gaming, Tapi...
Author Rating
51star1star1star1star1star

36 thoughts on “Waktunya Pindah ke Mobile Gaming, Tapi…

  1. Yap reviewnya bagus banget, disertai cerita pengalaman si penulis tentang transisi permainan tradisional ke video game membuat pembaca jadi tertarik untuk membaca review ini, pokoknya mantap dah.

  2. Artikelnya bagus, penulisannya baik, topik yang diangkat juga menarik untuk dibaca apalagi di kalangan para kaula muda. Tutur katanya mudah dipahami. Mantap gayn maju troz.

  3. Saya suka dengan reviewnya. Karna reviewnya sangat Bermanfaat banget untuk kalangan anak muda yang sering bermain game dan hunting, dan untuk melengkapi artikel sertakan hasil foto atau video dan bermain game agar lebih detail lagi reviewnya. Ya selebihnya cukup mudah di pahami untuk kalangan yang bener bener butuh hp kelas mid

  4. Nah ini yang saya cari, artikel yg kritis membahas revolusi permainan tradisional ke digital, meskipun panjang pemilihan katanya menarik, gak bikin bosen yg baca wkwk makasih gan sharing nya, bermanfaat..

  5. Hal yang saya suka dari artikel ini adalah cara meriview dengan penggunaan kalimat yang tidak bertele-tele,jelas,lengkap dan mudah dimengerti sehingga pembaca tidak bosan dan topik yang diangkatpun topik yang disukai anak kalangan muda. Dan saya lebih suka ketika penggunaan kalimat yang menyatakan bahwa produk yang anda kenalkan sangat bagus walau anda belum mencobanya yang dilihat dari beberapa riview yang sebelumnya mungkin anda tonton,menunjukan kalau anda tidak ingin hanya memberikan sebuah opini tanpa fakta yang telah ada. Kek cerpen aja komennya huhu.

  6. bagus si review nya trs mudah di mengerti keingat juga gue dulu main v com doang wkwk masak masak ga se enak sekarang apa apa online mungkin tahun depan ada aplikasi bernafas online wkwk ig:@admaa29

  7. yeah, artikel ini sangat membantu khususnya para gamer yang masih pemula, meski pada zaman ini gadget sudah merajalela, tak bisa dipungkiri, semua perkembangan ini tentu saja sangat berguna, jaman dulu, saya main petak umpet, kelereng, bayblade dan sebagainya. tapi semakin saya dewasa, saya jarang melihat permainan seperti ini bahkan tidak sama sekali. Saya hanya melihat kebanyakan anak anak sibuk dengan gadgetnya sendiri sendiri, mampir kerumah temen cuma mau mabar. INi gabisa dicegah, tetapi bisa dikurangi. saya mulai suka kewarnat sejak kelas 3sd sampai sekarang, cuma dulu masih sepi, dan sekarang masih sepi. anak anak sekarang udah dikasih hp sama dibeliin pc sendiri sendiri. para orang tua sih berpikir biar anak anak gak keluar rumah/ keluyuran, tentu, banyak orang yang setuju. mereka berpikir bahwa dunia makin keras, penculikan dimana mana. tetapi dilain sisi, ini tentu saja bisa menjadi pisau bermata dua. anak anak bisa terkena kecanduan dan kurangnya nilai sosial.dalam artikel ini, saya tidak menolak adanya esport yang diadakan oleh presiden, ini dapat menjadi penyemangat bagi anak karena hadiahnya dan juga mereka bisa berprestasi non akademik. kalau orang tua emang support kamu buat main game, kamu terima itu, cuma gunakan dengan bijak, jangan sampai kecanduan. game hanya hiburan, bukan kebutuhan, tapi kalau kalian emang minat dalam game dan orang tua ga setuju. kalian nabung, kurangi uang jajan, gasemua orang tua mampu nurutin permintaan anak anaknya. maju terus helmi, semangat bikin artikelnya, ini sangat membantu apalagi biar orang open mind tentang game dan esport, makasih

  8. Cukup jelas dan menarik review dari saudara mengedepankan kelebihan serta kekurangannya sehingga para customer maupun pihak dri vendornya sendiri bisa menyadari kekurangan dan kelebihan dari produk nya sehingga masing2 pihak pembeli maupun penjual bisa lebih memilih dalam membeli ponsel baru sesuai kebutuhan dan keinginan.

  9. kalo saran review dari akun scrensyit sudah pasti langsung gue swipe up, tapi w gapunya duit buat beli hp itu, tapi seenggaknya gue udah nyicil buat beli itu, Alhamdulillah skrng udh kebeli silikonnya h3h3
    @ardiiy.h

  10. sebenarnya gue males baca panjang2, tapi setelah baca 3 baris ehh ketagihan, artikelnya juga bikin flesbek dari yang biasa bangun pagi buat ke warnet, sekarang bangun pagi dikasur sampe siang, dulu android kuat buat main coc doang sampe gue ngiler liat temen2 pada main ML. wkwkw nice artikel bosQ ga nyesel bacanya
    @_fajarragung

  11. Aku liat si kamu penampilannya hari ini bagus, cuman tadi ada yg kurang konsistennya aja sedikit ya, sama ada nada yg sumbang pas di awalnya sayang. Coba mulai dari yg tadi, yg “sekiaaaann laaamaaa.. ”
    .
    Ig : @fitrahaff

  12. Asus Zenfone Max M2 saking bagusnya ampe di review mulu ni, Cuma sekarang lebih bervariasi aja di bumbui sama pengalamannya admin🤣

  13. Mantapp,gini nih artikel yg sangat berguna gan, review nya lengkap dan menarik banget, pemilihan katanya juga pas jadi ga bosen bacanya dari awal sampe selesai, jadi bisa menarik orang orang buat beli nih hp, sipp semangat lanjutkan trs ya👍

  14. Apaapun yg terjadi hati kecilque syudah terpaut ama zenfone max m1, but ini m2 mayan bagus sih tp di budget betis deh ama m1 kwkwkwk

  15. Mantap gan.. di era digital sekarang ini emang banyak developoer2 game beralih ke platform mobile.. dan dengan review agan ini kita bisa lebih teliti dalam memilih tipe hp yg kita gunakan untuk gaming.. dengan spesifikasi yg baik dapat memberikan rasa kenyamanan dan ke amanan dalam bermain juga.. di tunggu artikel selanjutnya gan..

  16. Hai min jujur ya saya suka artikelnya jadi kaya mengenang masa lalu😂. Aku cewek suka main game salah satunya Aov sama Pubg. Waktu tau Mimin mau nge review max 2 ini aku langsung skip sampe bawah karena you know lah sebagai cewek gue juga merhatiin desain ga cuma spek nya (karena kebanyakan hp buat gaming desainnya terlalu b aja menurut gue -_-). Sebenarnya gue dalam tahap nabung mau ganti smartphone karena punya gue kentang dipake buat pubg patah patah anjay :3. Tapi setelah liat gambar dari Asus max 2 ini desainnya oke juga. Speknya lumayan. Yah walaupun udah ada niatan mau ganti yang mana, seenggaknya ini bisa masuk pertimbangan buat gue lagi sambil cari tau performance ni smartphone gimana. Thanks min udah nge review. Sangat bermanfaat buat gue👌
    Ig : nabilarh

  17. Good review
    jadi pengen Zenfone ini deh
    sepertinya memanjakan para gamers hehe
    perfomra yang tinggi, baterai tahan lama, plus tidsak cepet panas
    salam kenal yaa

  18. Wah min ini mah jadi hp idaman ni min, saya cwe min, main pubg itu bisa dibilang kaya makanan sehari” hehe, nah hp sya yg skrg itu pas main ngelag banget:”, kya uda pas nih bidiknya kena kepala eh force close!T-T dan itu buat saya pengen ganti hp banget, bingung mw nyari hp apa gatau spec nya ada yang pas buka web lain eh munculnya gajelas, malah full iklan, trus buka lagi eh ktemu website ini , ngebaca” karna pas banget min, eh ada review ttg Asus max 2, dan itu saya baca lengkap” bakal jadi planning saya untk beli hp itu dan bisa main pubg, bersosial media dan game berat lainnya , doakan ya min spya bisa cepet kesampaian beli Asus max 2 pas baca artikel ini lgsng ngiler pengen beli skrg:’ tapi gapapa saya ttp semangat nabung. Sukses selalu ya min, artikel nya sangat bermanfaat dan membantu saya mencari hp yg selama ini saya cari , buat artikel selanjutnya lagi ya min! Ditunggu lohh:3

  19. Review yang to the point sih kebetulan saya lagi mencari smartphone kebetulan juga membaca artikel ini dimana semua yang dijelaskan admin sesuai dengan kebutuhan saya contohnya bermain game mobile. Dan juga saya kan suka videografi dimana saya butuh kamera yang mudah dibawa ternyata smartphone ini bisa merekam 4k sangat kebetulan bisa gaming + videografi sangat pas buat saya. Dengan harga segitu menurut saya diliat diatas kertas dengan spek segitu saya kira ini worth it buat saya beli
    Ig : @aalifmuhammad

  20. Asal tetap dalam waktu yang wajar, kelebihan mobile gaming yaitu bisa main dimana saja sekaligus menjadi kerugian jika usernya tidak sadar waktu dan kewajiban..

  21. Dari kemaren bingung mau cari hp yg cocok sekalian buat gaming dan keseharian . Jujur review ini sangat membantu terutama buat orang2 kayak gue yg bingung mau beli hp apa dan yg kayak gimana . Thx buat review nya . Teruslah berkarya dan membantu sesama lewat media seperti ini 👍👍👍👍

  22. dulu pas esde tahun 2000an juga, masih mainannya tradisional, pas mts baru mainan game di kompi hehee.
    Adanya E-sports pasti sangat mendukung gamers buat bisa ikutan
    Keren anett sama ulasannya, smoga sukses dan salam kenal, kak ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *