10 Game MOBA yang Tak Kalah Keren dari AOV dan Mobile Legends

10 Game MOBA yang Tak Kalah Keren dari AOV dan Mobile Legends

Posted on

10 Game MOBA yang Tak Kalah Keren dari AOV dan Mobile Legends

Dengan banyaknya game Moba yang beredar di Indonesia akhir-akhirnya beberapa rumah produksi begitu giat dalam menelurkan bibit-bibit baru yang mirip dengan game yang sedang booming, Arena of Valor dan Mobile Legends merupakan dari banyaknya game Moba yang tenar di kalangan anak-anak remaja. Memiliki liga tersendiri serta kerap kali mengadakan turnamen membuat minat dari beberapa para orang awam semakin tinggi, serta memberikan  keuntungan tersendiri.

Tak hanya itu para tim professional pun memiliki divisi game tersendiri untuk mengikuti event yang ada, dengan bergelimang hadiah yang ditawarkan membuat minat para tim E-sport semakin tenar. Namun tak hanya Arena of Valor saja dan Mobile Legends yang merupakan tenar saja di Indonesia, berikut merupakan beberapa daftar game Moba mirip AOV atau Arena of Valor.

  • Legendary Heroes

Merupakan game yang merupakan cerminan Dota dalam versi Smartphone ini cukup sukses bagi kalangan para user yang menggemari game berformat duel tim, memiliki menu duel yang mampu meningkatkan level atau hanya bermain tanpa meningkatkan level membuat variasi dari Legendary Heroes ini semakin beragam. Tak hanya itu mampu untuk meracik item sesuai selera pun merupakan kelebihan dari game ini.

Cara bermain dari Legendary Heroes pun terbilang mudah serta memiliki kemiripan dengan Arena of Valor, hal ini yang membuat game satu ini menjadi salah satu dari banyak daftar game MOBA mirip AOV. Tak hanya itu kelebihan yang mirip game Moba lainnya menjadi Legendary Heroes menarik dan bisa diunduh bagi mengikuti arus ketenaran game mobile di Smartphone.

Permainan yang bisa dimainkan dengan cara offline ini tentu menjadi kelebihan tersendiri bagi para gamer, tak hanya itu variasi ini sekaan menyegarkan para gamer akan banyaknya game moba yang bisa kamu unduh selain Arena of Valor dan Mobile Legends saja. Yang menjadi penting Legendary Heroes bisa kamu unduh secara gratis pada platform yang tersedia pada Android maupun iOS

 

  • Onmyoji Arena

onmyoji arena gameplay

Satu lagi yang merupakan game Moba termasuk pada daftar game moba mirip AOV, Onmyoji Arena merupakan game yang memiliki format seperti Arena of Valor namun berasal dari Jepang. Selain karena game moba begitu digandrungi, Onmyoji Arena dijamin akan memberikan nuansa baru dengan menampilkan hero bernuansa negeri Jepang. Apalagi para pecinta anime Jepang yang menyukai karakter di komik Jepang.

Tak terlalu jauh dengan Arena of Valor dan Mobile Legends, Onmyoji Arena pun mengharuskan kita bertarung sesama tim serta menyusun item agar  bisa menjadi lebih kuat serta memenangkan pertandingan. Kemudian memiliki mode bertarung mempertaruhkan bintang serta bisa juga bertarung hanya untuk mencoba hero, hal ini akan menambah keseruan dari para penggemar game moba.

Game moba asal Jepang ini masih bisa dikembangkan lagi menjadi meluas mengingat para gamer sedang begitu gencarnya mencari moba referensi lain selain Arena of Valor atau Mobile Legends, grafis yang terbaik pun bisa ditemukan pada moba ini dengan tampilan tidak mengganggu kinerja kamu dalam bermain.

 

  • Warsong

Warsong

Daftar game moba mirip AOV lainnya berasal dari negeri tirai bambu, China. Memiliki bahasa awal Mandarin Warsong kemudian memiliki fitur bahasa Inggris, yang membuat game moba ini menjadi lebih menarik dimainkan. Tak hanya itu memiliki mode mirip seperti Dota mampu untuk mengubah mode permainan menjadi siang dan malam membuat Warsong tentu memiliki peminat setia.

Pilihan hero yang beragam pun menambah keseruan dari Warsong, kemudian para pemain pun bisa mengembangkan kemampuan skill yang dimiliki atau mempercantik tampilan hero dengan membeli skin bagi hero andalan masing-masing. Dengan menambahkan fitur item membuat game moba ini serupa dengan Arena of Valor, mengharuskan menyusun strategi agar mampu memenangkan  pertandingan duel.

Tak hanya beberapa game saja yang memiliki ketenaran dari negeri asal rilisannya, Warsong pun sedang melakukan perkembangannya dengan cara memberikan fitur terbaik guna membuat nyaman para pengguna. Antara lain dengan memfasilitasi bahasa Inggris atau dengan memberikan mode terbaru agar bisa diakses. Selain itu update terbaru pun akan memberikan nuansa baru bagi para penggemar game moba.

 

  • Heroes Arena

Heroes-Arena-770x406

Menjadi salah satu dari dafter game moba mirip Aov dengan kualitas grafis mendekati Arena of Valor membuat Heroes Arena bisa menjadi pilihan bagi para gamer, mencoba untuk menikmati nuansa baru dengan hero yang berbeda dengan Mobile Legends serta Arena of Valor membuat Heroes Arena bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin melepas penat sejenak dari game tersebut.

Kemudian kelebihan yang dimiliki game moba satu ini terletak dalam hal mode bertarung, bisa dengan satu lawan satu, tiga lawan tiga atau satu tim penuh lima lawan lima. Bila Arena of Valor memiliki Arcana untuk menambah stat maka Heroes Arena memiliki rune untuk menambah kekuatan dari hero yang kamu miliki. Mode lainnya pun bisa kamu akses saat melewati tahap update.

Sehingga bisa memberikan fitur-fitur terbaru bagi para pengguna yang mencari referensi terbaru dibandingkan Arena of Valor dan Mobile Legends, Heroes Arena bisa memberikan nuansa yang menyegarkan dengan gaya permainan yang mirip serta grafik yang baik. Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari Heroes Arena sehingga bisa menjadi salah satu daftar game moba mirip AOV.

  • Heroes of Order and Chaos

Heroes of Order and Chaos gameplay

Kemudian salah satu game moba yang bisa menjadi referensi untuk menjadi salah satu dari daftar game moba mirip AOV adalah Heroes of Order and Chaos, memiliki sistim offline membuat game satu ini lebih mudah dimainkan saat tidak ada koneksi internet. Hal ini tentu begitu membantu bagi para penggemar game moba, apalagi bila kamu begitu menggemari Arena of Valor dan Mobile Legends

Heroes of Order and Chaos begitu membantu saat kamu tidak bisa mengakses internet, memiliki banyak variasi hero dan banyak mode permainan akan membuat kamu tidak merasa bosan atau merasa kehilangan nuansa game dengan grafis terbaik seperti Arena of Valor dengan gameplay terbaik, dan strategi menyusun item guna membantu memenangkan pertarungan.

  • Broken Dawn II

 

Sistim survival atau FPS membuat Broken Dawn II memberikan sensasi baru bagi kamu para gamer moba dalam memainkan game tipe solo ini, berbeda dengan Arena of Valor dan Mobile Legends membuat game ini memiliki daya tarik tersendiri. Tidak melulu bertarung secara tim, Broken Dawn II mengharuskan kamu melawan banyak musuh seorang diri tidak seperti game moba lainnya.

Namun yang menjadi Broken Dawn II menjadi rekomendasi bagi para gamer adalah grafis yang ditawarkan setara dengan Arena of Valor serta kemampuan untuk menjelajahi lingkungan membuat karakter yang kita mainkan bisa lebih meningkatkan kemampuan yang dimiliki. Hal ini tentu menjadi alternative lain bagi para pecinta game moba, yang terpenting Broken Dawn II bisa dimainkan secara offline.

  • Heroes of Destiny

Jajaran game moba lainnya yang merupakan daftar game moba mirip AOV bisa kamu cari pada Heroes of Destiny, kelebihan dengan dapat dimainkan secara offline membuat permainan satu ini bisa menjadi solusi tepat bagi kamu yang ingin memainkan game tanpa menggunakan akses internet. Hal ini tentu begitu menguntungkan serta menjadi daya tarik tersendiri bagi para gamer.

Tak hanya itu saja yang membuat Heroes of Destiny menjadi salah satu referensi bagi para gamer adalah grafis yang baik dimiliki oleh Heroes of Destiny ini, yang membuat para pemain tak akan merasa terganggu dengan tampilan yang mengganggu karena kualitas game yang buruk. Heroes of Destiny bisa kamu unduh secara gratis di play store atau apps store yang kamu miliki.

 

  • Soul Craft 2

Yang menjadi keunggulan dari Soul Craft 2 ini adalah bentuk dari permainan yang menjadi ciri khas dari game moba, memiliki sistim cerita yang akan membawa para gamer mengikuti alur permainan membuat Soul Craft 2 menarik untuk dimainkan. Tak hanya itu pada game ini pun kamu bisa menemukan sistim berupa memilik tipe hero yang memiliki ciri khas layaknya sebuah karakter.

Dengan memiliki variasi berupa tipe-tipe jenis hero ini memungkinkan kamu mengeksplorasi kemampuan dari masing-masing hero kemudian mencoba untuk meningkatkan kemampuan kamu maupun hero kamu. Hal ini jelas membuat Soul Craft 2 menjadi salah satu daftar game moba mirip AOV, dengan kualitas grafik serta kemampuan eksplorasi dari sebuah karakter tertentu.

Pembaharuan terbaru yang selalu dilakukan akan memberikan daya tarik tersendiri bagi para penggemar game moba apalagi moba yang memiliki kemiripan dengan Arena of Valor dan Mobile Legends. Jenis tersebut akan menjadi salah satu yang digandrungi oleh banyak anak-anak muda masa kini.

 

  • Vainglory

Menjadi rekomendasi dari beberapa gamer membuat Vainglory pada awal kemunculannya begitu memberikan dampak yang meluas, oleh karena itu membuat game satu ini bisa menjadi daftar game moba mirip AOV yang direkomendasikan. Memiliki format pertarungan antar regu tiga lawan tiga menjadi ciri khas dari Vainglory ini sehingga memiliki turnamen bertaraf internasional.

Namun semakin berkembangnya game moba dengan mempopulerkan pertarungan lima lawan lima, pada akhirnya mode pertarungan lima lawan lima bisa dinikmati pada Vainglory ini. Hal ini jelas merupakan kabar gembira bagi penikmat game ini, sehingga mampu menikmati nuansa baru dari game favorit mereka. Tak hanya itu masih banyak lagi update terbaru yang bisa kamu temukan pada game satu ini.

Vainglory yang memiliki kemiripan dengan Arena of Valor dan Mobile Legends jelas memudahkan dalam gaya permainan yang dimiliki, para pemain Arena of Valor dan Mobile Legends pun banyak yang memiliki Vainglory serta deretan daftar game moba mirip AOV lainnya tentunya.

 

  • Bug of Heroes 2

Memiliki ciri khas hero dengan karakter serangga ini tentu membuat variasi terbaru dari game moba yang beredar di kalangan para gamer, hal ini akan menjadi referensi yang tepat untuk mengatasi kebosanan para pemain game moba yang bersistim serius layaknya Arena of Valor dan Mobile Legends. Oleh karena itu Bug of Heroes 2 layak masuk daftar game moba mirip AOV dengan gameplay yang dimiliki.

Tampilan grafis dengan memanfaatkan warna-warni yang menjadi daya tarik bagi para gamer yang menyukai game berwarna jelas cocok untuk mengunduh permainan ini, tak hanya itu menjadi rekomendasi untuk dimainkan saat ingin memainakn permainan hiburan saja membuat Bug of Heroes 2 menyenangkan untuk dimainkan sekedar hanya untuk bersenang-senang saja.

Pada dasarnya dengan banyaknya beredar game moba di pasaran serta menjadi tenar di kalangan anak-anak maupun remaja ini sedikit banyak membantu mengembangkan komunikasi serta cara berfikir dalam menghadapi masalah. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana cara mereka mengatur strategi serta menempatkan posisi mengahadapi lawan serta mengungguli lawan mereka.

Tak hanya itu bila terjadi kesalahan maka komunikasi akan menjadi hal pertama yang mereka perbaiki, hal ini tentu sama dengan apa yang terjadi dengan kehidupan sehari-hari kala masalah komunikasi merupakan sebuah titik akar permasalahan. Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang-orang akan membuat anak-anak belajar bagaimana untuk menangani masalah sehingga menemukan jalan keluar.

Dan beberapa daftar game moba mirip AOV di atas bisa menjadi referensi yang pas bagi kamu yang mencari banyak rekomendasi untuk memainkan game tipe tersebut, beragam pilihan bisa kamu unduh sesuai selera dan mampu didapatkan secara gratis secara keseluruhan sehingga memudahkan kamu para gamer untuk mengakses permainan mode online atau offline ini tentu memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri.

Dengan masuknya eSport pada ajang internasional layaknya Asian Games dan Sea Games jelas memberikan semangat bagi para gamer yang ingin mengharumkan nama bangsa melalui sebuah game, pandangan miring terhadap sebuah game lambat laun terkikis dengan diberikannya pembuktian berupa prestasi setiap tahunnya. Sea Games 2019 ini akan menjadi debut resmi eSport setelah pada Asian Games lalu hanya dijadikan laga uji coba saja.

Hal ini tentu akan menjadi dampak menyeluruh serta memberikan keuntungan bagi pihak penyelenggara dengan memiliki variasi dari cabang olahraga yang dimiliki, Arena of Valor, Get Rich dan Clash Royale mendahului dengan melakukan ‘debut’ pada Asian Games 2018 lalu di Jakarta. Oleh karena itu perkembangan yang positif ini tentu perlu dilanjutkan pada tahap yang lebih serius dengan harapan eSport mampu memberikan prestasi yang membanggakan.

Tak hanya sebatas itu saja kemampuan pada gamer Indonesia pun tak bisa dianggap remeh dengan memiliki liga serta turnamen domestik, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa begitu majunya perkembangan eSport di Indonesia. Oleh karena itu bila dibandingan dengan lain memang terbilang masih baru, hanya saja masih bisa untuk dikembangkan menjadi lebih baik.

Potensi ini yang harus dilihat lebih jeli oleh beberapa pihak yang bertanggung jawab agar potensi pemain muda tidak mati karena tidak difasilitasi dengan baik, dengan memiliki liga yang berjenjang usia bisa menjadi solusi jangka panjang untuk perkembangan eSport pada kalangan siswa, mahasiswa hingga semi-professional hingga professional. Hadiah yang diberikan pun harus sesuai dengan jenjang turnamen yang dilaksanakan.

Agar usaha yang diberikan secara maksimal setara dengan hadiah yang didapatkan, hal ini yang akan memacu semangat juang para pemain dalam mempertaruhkan timnya guna meraih juara sehingg menjadi tim-tim terbaik di Indonesia yang nantinya mampu tampil secara internasional membanggakan nama baik merah putih.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis, Jangan lupa tunggu artikel-artikel selanjutnya ya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
10 Game MOBA yang Tak Kalah Keren dari AOV dan Mobile Legends
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *