Penasaran Ingin Tau Cara Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula Pelajari Poin Pentingnya

Penasaran Ingin Tau Cara Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula? Pelajari Poin Pentingnya!

Posted on

Penasaran Ingin Tau Cara Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula Pelajari Poin Pentingnya

Menghasilkan pendapatan secara mandiri tanpa harus bekerja di bawah tekanan orang lain menjadi impian semua orang sehingga beberapa orang kreatif pun memikirkan cara untuk mengembangkan usaha dan invoasi secara mandiri. Salah satunya bisa dilakukan dengan membuat aplikasi yang perangkatnya kini digunakan oleh semua orang di dunia. Bahkan penggunaannya pun menjadi sebuah rutinitas yang seolah wajib dilakukan sehari-hari.

Orang-orang kreatif tersebut memiliki ide untuk membuat sebuah aplikasi yang memudahkan sasaran pelanggan menemukan usaha atau bisnisnya. Jika Anda salah satunya, serta merupakan seorang pemula yang tidak hebat di bidang IT maka jangan khawatir. Simaklah langkah penting untuk mengawali cara membuat aplikasi Android bagi pemula berikut ini.

Mengetahui Cara Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula

Membuat aplikasi Android dan berbagai unsur semacamnya tentu sangat identic dengan proyek pekerjaan yang wajib dilakukan oleh orang-orang IT saja, terutama yang fokus dalam menekuni dunia pemrograman. Memang benar, tetapi selain orang IT sebenarnya juga bisa membuatnya, asalkan diawali dengan tekad dan usaha keras untuk melakukannya. Selain itu dengan memperhatikan informasi penting tentang tips atau cara membuat Android.

  1. Persiapkan PC dengan Kapasitas Ram dan Rom Cukup Besar

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah PC atau bisa juga perangkat digital yang dilengkapi dengan kapasitas memori Ram dan Rom yang cukup besar. Hal itu untuk menghindari adanya gangguan atau masalah selama proses pembuatan aplikasi sedang dijalankan. Pastikan juga bahwa perangkat Anda tersebut telah tersambung dengan koneksi jaringan internet yang terhindar dari gangguan yang menyebabkan proses instalasi terganggu.

  1. Pelajari Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman

Setelah semua perangkat Anda persiapkan, seperti programmer pada umumnya bahwa mempelajari dasar-dasar bahasa pemrograman sangatlah penting. Termasuk bagi Anda yang ingin membuat aplikasi Android secara otodidak. Jika Anda bersungguh-sungguh saat mempelajarinya, maka bisa mempraktekkannya dengan mudah.

Pilihlah beberapa bahasa pemrograman yang umum digunakan untuk membuat aplikasi Android sederhana, seperti Kotlin, Java, Dart, C#, C++, Java script, dan yang lainnya.

  1. Tentukan Aplikasi yang Ingin Dibuat

Setelah Anda mengetahui dasar dari bahasa pemrograman, selanjutnya tentukan aplikasi yang ingin Anda buat. Lebih tepatnya Anda harus memfokuskan tema pada aplikasi tersebut, misalnya aplikasi penjualan barang milik Anda, aplikasi sistem keuangan, dan sebagainya sesuai dengan minat Anda.

  1. Gunakan Aplikasi Pembantu

Langkah selanjutnya, gunakan aplikasi pembantu, mengingat Anda bukanlah seorang programmer hebat yang bisa dnegan mudahnya melakukan coding sekaligus membuat aplikasi secara bebas tanpa bantuan aplikasi yang memang sudah disediakan secara khusus untuk menciptakan aplikasi baru lainnya. Ada beberapa aplikasi pembantu yang perlu Anda kuasai yakni JDK dan Android Studio.

Keduanya merupakan perangkat lunak yang bisa Anda gunakan dengan bahasa pemrograman Java, serta mengubahnya ke bytecode. Sedangkan Android Studio, merupakan sebuah aplikasi pembantu yang dibuat untuk menyusun developer tools serta bisa digunakan untuk menambah fitur pada aplikasi Android yang akan dibuat.

  1. Susun Interface dan Struktur Awal Project

Setelah Anda mempersiapkan kedua perangkat lunak tersebut, buatlah interface awal agar Anda bisa membuka IDE / Integrated Development Environment pada aplikasi. Caranya klik Start pada Android studio, kemudian Create a New Project.

  1. Buat Linear Layout

Merupakan sebuah kumpulan tampilan yang posisinya sejajar serta berada dalam satu arah, vertical ataukah horizontal. Linear layout bisa Anda gunakan untuk menetapkan arah layout sesuai dengan keinginan.

  1. Buat Relative Layout

Setelah tampilan dasar dibuat, selanjutnya Anda perlu menyusun tampilan yang diatur menggunakan struktur kode, yang fungsinya mengatur komponen agar terbungkus secara relative.

  1. Kenali Beberapa Dasar Unsur Penting Android

Jika Anda usai menyelesaikan tampilan dasar aplikasi, pahamilah berbagai unsur dasar yang penting untuk membangun aplikasi Android Anda. Antara lain, seperti Splash Screen, Custom Font, User Interface, Web View, dan sebagainya.

  1. Lakukan Uji Coba Berkali-Kali

Saat Anda menyelesaikan satu demi satu langkah atau proses pembuatan aplikasi, sebaiknya uji coba terlebih dahulu hingga pembuatan berada pada tahap akhir. Lakukan hingga aplikasi Anda sudah benar-benar siap untuk dioperasikan.

Itu dia beberapa langkah cara membuat aplikasi android. Mudah sekali bukan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Penasaran Ingin Tau Cara Membuat Aplikasi Android Bagi Pemula Pelajari Poin Pentingnya
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *