Cara Menghemat Data Seluler Android Agar Kantong Tidak Mudah Jebol

Cara Menghemat Data Seluler Android Agar Kantong Tidak Mudah Jebol

Posted on

Cara Menghemat Data Seluler Android Agar Kantong Tidak Mudah Jebol

Data seluler merupakan nyawa dari sebuah hp smartphone atau android yang dapat mengkoneksikan pada internet. Tentu saja anda harus menggunakan data seluler jika membutuhkan internet dalam berkomunikasi via online.

Cara Menghemat Data Seluler Android

Langsung saja simak beberapa cara menghemat data seluler di bawah ini, mungkin dapat membantu anda dalam menghemat data selular.

  1. Gunakan Aplikasi Yang Hemat Data

Pengguna hp android pasti menggunakan berbagai aplikasi berupa media sosial sebagai alat untuk interaksi via online. Namun, banyaknya aplikasi dalam perangkat anda juga berpengaruh terhadap kuota internet anda.

 

Saat ini banyak sekali ukuran aplikasi yang memiliki kapasitas penyimpanan yang rendah sehingga berpengaruh terhadap rendahnya penggunaan data seluler. Salah satu cara hemat data seluler adalah dengan menggunakan Facebook Lite, Instagram Lite, Twitter Lite, Youtube Go, atau aplikasi lain yang membutuhkan data yang sedikit.

 

  1. Update Aplikasi Jika Terhubung Dengan Wifi

Update aplikasi biasanya kita butuhkan untuk mendapatkan fasilitas terbaru dari sebuah aplikasi. Namun, jika kita meng-update aplikasi pada saat menggunakan paket data maka akan menguras banyak kuota. Oleh karena itu atur pengaturan hp anda agar mengupdate aplikasi jika terhubung dengan WiFi saja. Sehingga cara ini dapat menghemat data seluler anda.

 

  1. Gunakan Browser Yang Efisien

Seringkali kita menggunakan browser untuk mengetahui informasi terbaru, atau hanya sekedar melihat berita terkini, atau ingin mencari sesuatu yang lebih luas. Browser biasanya sering kita gunakan karena selain cepat, juga dapat memberikan informasi yang kita butuhkan secara tepat. Namun, pemilihan browser juga dapat mempengaruhi kuota data internet anda. Oleh karena itu anda harus mendownload atau menggunakan browser yang lebih hemat data seluler seperti Opera Mini.

 

Opera Mini merupakan browser yang pada awalnya sering terdapat pada hp android keluaran pertama. Opera Mini mampu menyimpan kuota data internet secara primer dengan mengompres situs yang akan anda kunjungi. Anda juga dapat menggunakan fitur data-saving “video boost” dan mengoptimalkan kualitas gambar tanpa membutuhkan data internet yang besar.

 

Browser yang efisien untuk digunakan adalah Google Chrome dengan menggunakan trik mematikan penyimpanan data. Caranya adalah 1) buka chrome, 2) klik tiga titik di kanan atas lalu pilih setting, 3) klik Bandwith dan pilih data saver untuk mematikan penyimpanan data.

Selain kedua browser tersebut, anda dapat menggunakan Firefox Lite milik Mozilla. Browser ini juga berguna untuk menghemat kuota data seluler anda. Sehingga anda dapat memilih diantara ketiga browser ini untuk melakukan pencarian.

 

  1. Nonaktifkan Fitur Sinkronisasi Terhadap Aplikasi Yang Tidak Dipakai

Biasanya beberapa aplikasi membutuhkan sinkronisasi secara otomatis pada akun kita. Sinkronisasi ini membutuhkan data internet. Sehingga jika melakukan sinkronisasi, data seluler anda akan selalu berkurang meskipun aplikasi tersebut tidak terpakai. Oleh karena itu anda harus mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang tidak anda pakai.

 

Cara mematikan sinkronisasi itu adalah langkah untuk android 1) klik menu settings, 2) kemudian pilih accounts, 3) kemudian pilih akun yang tidak ingin anda sinkronisasikan. Sedangkan langkah untuk iOS, 1) buka settings, 2) kemudian klik general, 3) kemudian pilih nonaktifkan baground aplikasi refresh.

 

  1. Menggunakan Mode Offline

Anda dapat menggunakan aplikasi secara offline meskipun seharusnya penggunaannya secara online dengan cara mengubah pengaturan. Penggunaan aplikasi secara offline ini dapat menghemat data seluler anda. Aplikasi yang dapat anda atur secara offline adalah Youtube dan Google Maps. Kedua aplikasi ini dapat didownload sebelumnya sehingga dapat digunakan secara online. Anda dapat mendownload terlebih dahulu ketika terkoneksi dengan WiFi, kemudian anda dapat menggunakannya secara offline sehingga anda tidak membutuhkan kuota pada data seluler.

 

  1. Batasi Penggunaan Data Dan Aktifkan Peringatannya

Bagi anda pengguna android pasti memiliki fitur data usage warning dan limit system sebagai alat peringatan penggunaan data seluler anda pada saat melampaui batas penggunaan. Anda dapat melakukan cara sebagai berikut 1) buka settings, 2) klik data usage, 3) klik data seluler, 4) set seluler data limit kemudian tap untuk mengaktifkannya. Anda akan mendapat pemberitahuan jika anda melampaui penggunaan batas pemakaian.

Itu dia cara menghemat data seluler di Android. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu anda untuk menghemat data seluler agar tidak boros. Semoga membantu!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Menghemat Data Seluler Android Agar Kantong Tidak Mudah Jebol
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *