lawan hoax

Lawan Hoax Mulai Dari Lingkungan Sekitar

Posted on

lawan hoax

Hoax atau hoaks atau hoks atau apalah itu ini merupakan masalah yang sering muncul dalam bentuk apapun yang digunakan untuk kepentingan oknum-oknum yang tidak bisa kita ketahui mereka itu siapa. Sebelumnya jika kalian belum mengerti mengenai definisi Hoax, Secara simple dan sederhananya Hoax merupakan Berita bohong, Tidak memiliki sumber valid dan biasanya sengaja dibuat untuk menyesatkan namun “dijual/disebarkan” sebagai kebenaran.

Oknum-oknum yang ingin negara bahkan keluarga kita terpecah-belah sangat mudah memainkan senjata yang bernama “Hoax” ini, Dikarenakan kurangnya wawasan si penerima informasi dan langsung menerima berita tanpa kroscek terlebih dahulu. Oleh karena itu disini saya ingin mengajak kalian semua untuk melawan hoax mulai dari lingkungan sekitar, Seperti Ayah, Ibu, Adik, Kakak, Saudara bahkan tetangga.

Kenapa harus orang terdekat dahulu? Bayangkan saja jika kalian memiliki orang tua atau saudara yang tiba-tiba membagikan berita hoax di Internet/Media Sosial, Malu atau tidak? Pasti perasaanmu akan malu kan… Apabila memang berita tersebut hoax. Sebenarnya untuk mengidentifikasi berita tersebut hoax atau tidak sangatlah mudah, berikut ciri-ciri dan solusinya.

  1. Pastikan sumber terverifikasi

Jika kalian membagikan berita dengan website yang abal-abal dan tidak berbadan hokum tolong untuk kroscek terlebih dahulu pada media online besar yang memang mengerti akan peraturan pers dan terdapat badan hokum yang jelas.

  1. Perhatikan judul

Berita hoax kebanyakan memiliki judul yang sangat provokatif dan jika kalian sadar akan hoax pasti akan terlihat rishi apabila membacanya. Namun jika penerima berita tersebut masih awam di dunia Internet ini sudah dipastikan 90% akan percaya.

Solusinya sama seperti poin pertama yaitu jika menemukan artikel dengan judul yang aneh dan provokatif silahkan kroscek ke media online lainnya jangan diterima mentah-mentah. Dan lihat isi dari artikelnya juga apakah masuk akal atau tidak.

  1. Cek keaslian foto/video

Di era teknologi sekarang ini banyak sekali tutorial di Internet seperti cara untuk mengedit gambar/video dengan software tertentu. Dan tutorial tersebut pun bisa diakses oleh semua kalangan, Tentunya sang pembuat hoax akan lebih pintar dari pada orang/target mereka.

  1. Gabung grup anti hoax

Di Facebook terdapat banyak sekali grup anti hoax yang isinya saling menanyakan dan berbagi mengenai informasi dan kroscek bersama-sama untuk keaslian berita tersebut, Ini sangatlah berguna sekali untuk orang awam yang ingin belajar bagaimana caranya mengidentifikasi hoax atau tidak. Dan apabila memang terindikasi berita itu hoax atau disinformasi detail ceritanya akan di posting oleh admin ke halaman fanspage.

Itu di acara mengidentifikasi berita termasuk hoax atau disinformasi dengan solusinya, Tetapi tips tersebut tidak cukup sampai hanya dikalian saja, Sebarkan pesan tersebut ke keluarga, saudara, tetangga, teman dan pacar (kalua punya hehe).

Apalagi di tahun 2019 ini yang lagi panas-panasnya yaitu Pilpres 2019 banyak sekali hoax yang beredar dimasyarakat dan jika hal tersebut tidak cepat diatasi bisa-bisa Indonesia akan terpecah menjadi 2 kubu, Benar-benar 2 kubu bahaya kan?

Waktu debat capres dan wapres saja kemarin belum beberapa jam sudah muncul berbagai macam hoax-hoax yang dibuat oleh kedua kubu untuk saling menjatuhkan. Memang kenapa sih ya kalau tidak membuat hoax apakah mereka rugi atau bagaimana? Sayapun tidak tahu mengenai hal ini.

Kampanye sih boleh-boleh saja tetapi tidak menjelek-jelekkan kompetitor atau bahkan membuat berita-berita yang tidak jelas sumbernya. Perpecahan bisa dimulai dari grup whatsapp keluarga kalian lho… Maka dari itu disini saya ingin membagikan tips kembali bagaimana cara melawan hoax dengan senjata yang paling ampuh.

  1. Aktif menyebarkan berita baik

Jika kamu ingin keluarga atau teman terdekatmu tidak terpengaruh oleh hoax dari kalangan luar maka cobalah aktif dalam grup tersebut untuk membagikan berbagai berita positif yang sudah diketahui benar adanya dan dari sumber yang terpercaya.

  1. Nasihati jika itu salah

Jika memang ada teman atau keluargamu yang membagikan berita hoax cobalah untuk komentar secara halus jika hal tersebut tidak benar adanya dan termasuk pelanggaran, Dan yang menyebarkan berita hoax dapat diproses juga.

  1. Pertahankan kebenaran

Jika kalian menemukan orang tetep kekeh dengan berita hoaxnya teruslah berdebat karena mempertahankan kebenaran itu wajib, Tetapi kamu juga harus kroscek informasi yang kamu sampaikan itu memang benar atau malah ikutan jadi hoax haha.

  1. Laporkan

Hal ini untuk pembuat hoax kalian harus bertindak tegas karena dalam UU Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE pasal 28 ayat 1 dan 2 sangatlah tegas dan Pasal 45 ayat 2 UU ITE tahun 2018 menyatakan bahwa setiap orang yang termasuk dalam pasal 28 ayat 1 dan 2 maka akan diberikan sanksi penjara selama 6 tahun dan denda 1 miliar rupiah.

Dari hukuman negara yang berat seperti itupun masih banyak kok berita-berita hoax yang tersebar di social media oleh karena itu kita harus saling menjaga antara keluarga, teman dan kerabat terdekat agar terhindar dari pengaruh hoax.

Coba beri edukasi untuk melaporkan konten yang dicuriagi hoax bisa melalui fitur report di platform media social atau ke kominfo langsung dengan mengirimkan email ke [email protected]

Oke mungkin sekian dahulu artikel dari saya jika ada kesalahan informasi atau penulisan mohon untuk koreksinya ya teman-teman, Namun jika artikel ini bermanfaat bisa kalian bantu bagikan ke social media agar keluarga, tetangga dan teman bisa melihat dan membaca betapa pentingnya melawan hoax. Akhir kata jagalah ibu pertiwi ini dengan ibu jari kalian, Terima kasih sudah berkunjung.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Lawan Hoax Mulai Dari Lingkungan Sekitar
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *