Intip Tips Gunakan Strategi Marketing SMS Blast untuk Bisnis

Posted on

Intip Tips Gunakan Strategi Marketing SMS Blast untuk Bisnis

SMS Blast merupakan salah satu strategi marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis kamu. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa penggunaan SMS Blast dianggap kuno dan tidak lagi efektif. Pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar, bahkan bisa dikatakan salah. Selama banyak orang yang menggunakan dan ketergantungan akan penggunaan smartphone, SMS Blast masih tetap efektif sebagai strategi marketing yang kamu pilih.

Bahkan, dibandingkan dengan penggunaan strategi marketing yang lain, SMS Blast terbilang lebih ramah kantong. Biaya yang perlu kamu siapkan tidaklah besar untuk bisa menjangkau konsumen dalam jumlah banyak. Tidak hanya lebih murah, penggunaan SMS Blast juga bisa menjangkau konsumen dalam jumlah yang lebih baik. Mengingat pengiriman SMS bisa dilakukan pada berbagai macam jenis perangkat mobile. Mereka yang sedang dalam kondisi tidak tersambung internet juga masih bisa menerima pesan, lho.

Hal tersebut menjadi perbedaan yang cukup signifikan antara SMS Blast dan Email Blast. Pesan yang disampaikan oleh perusahaan juga akan otomatis masuk ke dalam kontak masuk dan tidak akan di kotak spam. Penggunanya juga akan membuat konsumen merasa lebih spesial karena mendapat pesan secara langsung yang bersifat personal. Apabila kamu tertarik menggunakan SMS Blast sebagai salah satu strategi marketing, simak beberapa tips di bawah ini:

Perhatikan Isi Pesan

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat menggunakan SMS Blast yakni mengenai isi pesan yang akan kamu sebarkan. Sebaiknya kamu merangkai kata sesingkat mungkin dan tidak menggunakan karakter dalam jumlah yang terlalu banyak. Semakin singkat pesan yang kamu sampaikan akan membuat konsumen lebih mudah memahami isi pesan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membacanya. Apabila pesan tersebut tiba di saat jam yang cukup padat, konsumen akan dengan mudah mengabaikan isi pesan yang terlalu panjang.

SMS sendiri juga hanya dibatasi dengan 160 karakter saja. Jika lebih, pesan kamu akan terbagi menjadi dua bagian. Hal tersebut tentu akan mengurangi tingkat keefektifan penggunaan SMS Blast. Dalam satu pesan singkat tersebut, sebisa mungkin kamu memberikan informasi yang singkat, menarik, dan jelas. Jangan lupa untuk juga menyisipkan CTA (call to action) di dalam pesan kamu. Hindari penggunaan kalimat yang mengandung unsur pornografi, SARA, kata lainnya yang tidak diperbolehkan oleh BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia).

Kirimkan Pesan pada Konsumen Terdaftar

Setiap pemilik bisnis tentu dianjurkan untuk memiliki database dari para konsumen setianya. Data base yang paling penting tentu mengenai nomor smartphone yang dimiliki. Untuk mendapatkan database konsumen ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik melalui program loyalitas maupun program lainnya. Mengirimkan SMS Blast pada konsumen yang bersedia memberikan nomornya akan membuat strategi marketing lebih efektif. Di mana hal tersebut juga menunjukkan bahwa konsumen tersebut bersedia mendapatkan informasi penting dari perusahaan kamu.

Jangan Asal Pilih Timing Pengiriman Pesan

Sebelum mulai menyebarkan pesan, kamu tentu terlebih dahulu perlu mengatur kapan waktu yang dipilih untuk mengirimkan pesan. Hal satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu tahapan yang penting. Pemilihan timing yang salah hanya akan membuat pesan yang kamu sebarkan tidak efektif atau bahkan berujung sia-sia. Apabila kamu ingin menyampaikan sebuah promo, pastikan kamu menyampaikannya tepat di saat masa promo berlaku. Mengirimkan pesan sebelum masa promo berlaku hanya akan membuat konsumen melupakan pesan kamu.

Dengan menerapkan ketiga tips tersebut, bisa dipastikan penggunaan SMS Blast Indonesia akan lebih maksimal. Masih ragu menggunakan strategi komunikasi satu ini? Hubungi Kokatto dan ajukan konsultasi sekarang juga. Perusahaan yang telah berpengalaman ini siap memajukan bisnis kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *