doa tahajud

Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Dengan Artinya

Posted on

doa tahajud

Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Dan Artinya – Bismillah, Assalamualaikum teman-temanku semuanya selamat datang di blog helmirfansah.com, Pada kesempatan kali ini admin ingin membagikan sebuah informasi mengenai bacaan doa setelah kita melakukan sholat tahajud lengkap dengan artinya. Saat artikel ini dibuat masih dalam suasana bulan ramadhan jadi daripada admin gabut mending membagikan sesuatu hal yang bermanfaat siapa tau dapat lailatul qadar, Amiin.

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah biasanya sholat tahajud ini dinamai dengan sholat malam ya karena dikerjakan setelah kita tidur dimalam hari walaupun hanya tidur sebentar… Jadi jika kalian belum tidur malam maka namanya bukan melakukan sholat tahajud melainkan sholat sunnah biasa. Waktu yang dianjurkan untuk sholat tahajud ini antara sehabis isya sampai terbitnya fajar. Rakaat pada sholat tahajud minimal ialah 2 rakaat dan maksimal tidak terbatas.

Anjuran untuk sholat tahajud pun terdapat pada firman Allah pada Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 79

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا


Artinya: “Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Q.S Al-Isra 79)

Doa Shalat Tahajud Rasulullah SAW

Setelah shalat tahajud dianjuran untuk dzikir dan wirid tidak lupa kita harus berdoa memohon pengampunan kepada Allah karena itu merupakan manfaat dari shalat tahajud yaitu terkabulnya doa-doa yang kita panjatkan kepadaNYA. , Berikut merupakan doanya dari tulisan arab, latin dan sekaligus artinya:

doa sholat tahajud

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Itu dia doa setelah shalat tahajud Rasulullah SAW, Ada baiknya setelah membaca doa tahajud bisa kalian tambahkan denga doa-doa lainnya. Sekian artikel dari saya mengenai bacaan doa setelah shalat tahajud, Jika terdapat kesalahan dalam informasi atau penulisan mohon untuk kalian koreksi dan taruh di kolom komentar, Dan apabila artikel saya ini bermanfaat mohon untuk dibagikan ke sosial media ya teman-teman, Akhir kata terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel sampai habis.. Wassalamualaikum.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Bacaan Doa Sholat Tahajud Lengkap Dengan Artinya
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *