Mi Band 3

Review Mi Band 3, Gadget Pintar dan Stylish

Posted on

Mi Band 3

Kita seringkali menemukan aksesoris berupa gelang yang digunakan oleh kebanyakan wanita untuk menambah daya tarik atau fashion saja. Iya untuk terlihat lebih cantik, Udah itu aja. Pernahkah dahulu kalian membayangkan suatu perusahaan menciptakan sebuah gelang yang memiliki kegunaan lebih dari untuk menambah daya tarik?

Ya hal itu sudah terjadi, Ngomongin sejarah sedikit ya… pada kisaran tahun 2014 banyak sekali perusahaan teknologi berlomba-lomba menciptakan gelang pintar yang bisa digunakan untuk melacak aktifitas seperti olahraga atau fitness dan saat itu (dibawah tahun 2000a) dikenal dengan nama “Activity tracker” karena memang itulah fungsinya. Sekarang gadget ini semakin berkembang dan dinamai dengan “Smartband“.

Namun yang membuat menarik ialah salah satu vendor gadget terbesar di Tiongkok, Xiaomi membuat smartband dengan harga yang sangat layak untuk dibeli karena spesifikasi Xiaomi Mi Band 3 yang tidak kalah dengan yang lebih mahal. Oh iya untuk informasi saja Mi Band pertama dirilis Xiaomi pada 22 Juli 2014 dengan desain yang sangat sederhana, sepertinya di Indonesia pasti belum mengenal brand satu ini.

Dan untuk Mi Band 2 dirilis pada tanggal 7 Juni 2018, Nah untuk Mi Band 2 ini sudah diperbarui seperti terdapat layar OLED 0.42 inci dan menampilkan seperti informasi jam dan aktifitas yang dijalankan, Intinya lebih sempurna daripada Mi Band generasi pertama.

Lalu pada tanggal 31 Mei 2018 Xiaomi merilis Mi Band 3 suksesor dari Mi Band 2. Jika dilihat sekilas Mi Band 3 ini sangat persis dengan Mi Band 2 tetapi jika dicermati banyak lho perbedaannya, Apa sajakah itu? Mungkin sambil saya review ya… Lanjut baca dibawah.

Desain

Mi Band 3 desain

Xiaomi Mi Band 3 di desain sangat nyaman untuk dipakai berolahraga oleh karena itu gelang/strap dari Mi Band 3 sangat elastis namun solid dan aman saat dipasang oleh kapsul atau benda yang berisikan layar dan semua teknologi Mi Band 3 didalamnya. Karena bahan dari gelang/strap Mi Band 3 sangatlah lembut dan ramah pada kulit membuatnya nyaman dan mudah dipakai.

Mi Band 3 kali ini dilengkapi dengan layar 0.78 Inci OLED dengan resolusi 128 x 80 piksel, Xiaomi sepertinya mendengar keluhan pelanggan Mi Band 2 yang memiliki layar sangat kecil haha. Mi Band 3 memiliki ukuran dimensi 46.9 x 17.9 x 12 mm dan berat 20 gram tidak berat untuk sebuah gelang pintar. Lalu panjang strap 247mm dan dapat disesuaikan dari 155 sampai 216mm.

mi band 3 stylish

Pada judul artikel saya tulis kata “Stylish” ini karena gelang dari Mi Band 3 yang memiliki berbagai varian warna yang dapat mencocokkan gaya dari fashionmu, Seperti pada gambar diatas terdapat 3 pilihan warna gelang/strap yang disediakan official oleh Xiaomi seperti Black, Red dan Blue. Mungkin diluar sana banyak orang menjual berbagai warna.

Fitur

Mi Band 3 fitur

Mi Band 3 diklaim memiliki 30 fitur dalam benda sekecil itu, Waw apa saja ya kira-kira? Berikut daftar fitur yang ada pada Mi Band 3:

  • Displays the time
  • Displays/rejects calls
  • View messages
  • Lift the wrist to view
  • Goal Reminder
  • Idle alert
  • Vibrating alarm
  • DND mode
  • Follow friends
  • Step counter
  • Phone unlock
  • Event reminders
  • Sleep monitor
  • Phone locator
  • Heart rate monitor
  • Weather forecast
  • Goal setting
  • App notifications
  • Calorie counter
  • Distance
  • Pace
  • Dual screen theme
  • View notifications
  • Timer
  • Setting display items
  • Low battery alert
  • Swim and surf
  • Smart Unlock
  • OTA update

Oke akan saya jelaskan satu-satu selain fungsinya yang digunakan untuk “activity tracker” Mi Band 3 juga bisa digunakan untuk melihat waktu dan cuaca sekarang… Fitur ini sangat berguna sekali karena bisa menggantikan fungsi dari jam tangan.

Lalu fitur selebihnya jika kita menghubungkan Mi Band 3 dengan Smartphone melalui bluetooth pada aplikasi Mi Fit kita bisa menggunakan fitur seperti Melihat/Reject telepon masuk, Melihat pesan masuk, Vibrating alarm, Notifkasi aplikasi, menambah teman, Membuka kunci smartphone, OTA Update dan lain-lain, Dan pastikan smartphone kalian minimal sudah versi Android 4.4 ya.

Mi Band 3 juga bisa digunakan untuk berenang atau surfing nih guys karena terdapat fitur water resistant hingga 50 meter kedalaman, Terdapat sertifikat 5ATM namun fitur ini belum pernah saya pakai kenapa? Karena belum jago renang haha.

Selanjutnya pada fitur inti yaitu untuk “activity tracker” terdapat heart rate monitor, calorie counter, pace atau bisa disebut menghitung kecepatan, dan ada menghitung langkah. Dan bisa kalian pantau juga melalui aplikasi Mi Fit hal ini sangatlah membantu sekali jika menggunakan Mi Band 3 karena sudah lengkap semua fitur dari activity tracker.

Sensor

Mi Band 3 sensor

Namanya juga “activity tracker” pasti sensor sangatlah penting pada gadget satu ini. Terdapat 2 sensor inti pada Mi Band 3 ini yaitu 3-axis accelerometer dan PPG heart rate sensor.

3-axis accelerometer merupakan sensor untuk mengukur gerakan dan getaran struktur yang terkena beban dinamis, Tentunya pada Mi Band 3 sensor ini digunakan untuk mengukur aktifitas manusia seperti berjalan atau berlari.

Lalu PPG heart rate sensor, PPG merupakan singkatan dari photoplethysmogram merupakan sensor pada Mi Band 3 digunakan untuk menghitung detak jantung.

Unboxing Mi Band 3

unboxing

Maaf gambar pada sesi ini saya mengambilnya pada website resmi Xiaomi, Karena tidak sempat untuk mendokumentasi proses unboxing mungkin saking penasarannya saya dengan Mi Band 3 jadi tidak sempat untuk minimal foto sesi Unboxing Mi Band 3.

Oke pertama saat kita membuka bungkus kita langsung melihat sebuah kotak dengan package mika bening dan langsung terlihat kapsul Mi Band 3, Lalu jika kita membuka terdapat 1 strap, 1 charging cable dan pastinya sebuah kitab User guide.

Untuk masalah packaging dari Xiaomi sih biasa saja ya tetapi hal itu tidak terlalu penting yang penting barangnya aman saja dan karena memang Mi Band 3 ini sangatlah murah dan sayapun membelinya pada Bukalapak dengan promo yang ada pada saat itu dan mendapat harga yang lebih murah haha.

beli mi band 3

Spesifikasi Mi Band 3

Xiaomi Mi Band 3

Display

0.78 inch OLED, single point touch screen

Resolution

128 x 80 pixels

Button

HSDPA
850 / 900 / 2100

Connectivity

Bluetooth
version 4.2 BLE; NFC on some models

Size

46.9 x 17.9 x
12 mm

Weight

20
gram

Casing

plastic
+ alloy

Battery capacity

110 mAh for 20 days of battery life

Sensors

accelerometer,
optical heart rate monitor

Waterproof

up
to 50 metres, 5 atmospheres

 

Mungkin sekian artikel review untuk Mi Band 3 punya saya pribadi semoga dapat memberikan kalian gambaran untuk membeli Gadget Smart Band mungkin jika Xiaomi merilis Mi Band 4 mungkin saya ingin menilik fitur terbaru yang bisa dimasukkan ke kapsul kecil ini, Oke itu saja jika ada kesalahan penulisan dan informasi mohon untuk dimaafkan dan bisa kalian koreksi dengan cara tuliskan saja komentar dibawah, Lalu apabila artikel ini bermanfaat bisa kalian klik tombol share. Terima kasih sudah berkunjung.

Sumber: mi.com, xiaomitoday.com, Gambar Pribadi
Summary
Review Date
Reviewed Item
Review Mi Band 3, Gelang Pintar Terbaru
Author Rating
51star1star1star1star1star

5 thoughts on “Review Mi Band 3, Gadget Pintar dan Stylish

  1. Sebelumnya saya pake Mi band 2 yang kawenya ternyata bagus juga gimana aslinya ya? Nah sekarang saya rencana mo beli mi band 3 tapi apa harus saya menipu emak dengan minta uang spp? Padahal uang spp dari awal masuk kuliah udah dibayarin untuk setaun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *