Peran Utama dalam Memakai Broker Asuransi untuk Bisnis

1 min read

Helmi Irfansah – Tidak dipungkiri jika perkembangan bisnis saat ini semakin tertantang dengan situasi pasar yang tidak bisa diprediksi. Termasuk ketika harus menghadapi pandemi dalam 3 tahun terakhir yang meningkatkan risiko baru dalam dunia bisnis. Itulah mengapa jasa broker asuransi dianggap penting.

Dengan berbagai tantangan yang muncul, kepemilikan asuransi bisnis mampu memberikan rasa aman dan perlindungan tersendiri. Karena risiko bisnis yang muncul bisa diminimalisir sebaik mungkin, dan bahkan jika terjadi risiko kerusakan aset atau kerugian pada bisnis.

Apa Itu Broker Asuransi?

Memiliki asuransi bisnis menjadi kebutuhan yang cukup penting saat ini. Hanya saja, ada banyak produk asuransi bisnis dengan cakupan luas sehingga diperlukan pengetahuan yang memadai. Yaitu terkait dengan produk asuransi bisnis yang paling tepat.

Untuk memilih produk asuransi bisnis yang tepat dan sesuai perspektif manajemen bisnis maupun finansial, maka Anda bisa berkonsultasi dengan broker dari perusahaan asuransi yang terpercaya. Dengan pengalaman dan keahliannya, broker akan memberikan rekomendasi terbaik.

Mengenal Peran Broker Asuransi

Saat ini masih banyak yang menyalahartikan peran dan tugas broker atau pialang asuransi. Karena sebenarnya tidak sama dengan broker pada Perdagangan Efek maupun Forex. Bahkan tidak jarang pialang asuransi dianggap sebagai penghubung antara pembeli asuransi dan perusahaan asuransi.

Padahal dengan kapasitasnya sebagai badan, pialang asuransi diawasi oleh pemerintah secara ketat terutama dalam hal memberikan jaminan perlindungan pada kepentingan masyarakat luas. Pialang asuransi memiliki peran utama sebagai pihak yang mewakili klien.

Yaitu dalam membantu pelaku bisnis mendapatkan manfaat asuransi dengan cakupan perlindungan bisnis sesuai manajemen risiko dan kebutuhan asuransi bisnis. Adapun manfaat menggunakan broker adalah:

1. Mengidentifikasi Pertanggungan

Dengan keahlian dan pengetahuannya, broker akan mengidentifikasi cakupan pertanggungan yang mungkin tidak masuk dalam pertimbangan namun berpotensi terhadap risiko bisnis.

2. Mencari Cakupan Perlindungan yang Terbaik

Broker akan mencari cakupan perlindungan yang terbaik dengan mengatasnamakan Anda sebagai pelaku bisnis. Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam upaya pengembangan bisnis.

3. Memberikan Layanan secara Berkelanjutan

Broker akan memberikan layanan secara berkelanjutan dan tidak berhenti setelah pembelian polis asuransi. Jadi selama polis berjalan, broker akan memantau cakupan perlindungan.

4. Membantu Pengajuan Klaim

Broker akan membantu klien dalam pengajuan klaim, yaitu dengan memberikan konsultasi serta pemenuhan semua syarat pengajuan sehingga bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

5. Bekerja sama dengan Lebih dari Satu Perusahaan Asuransi

Broker bukan hanya bekerja sama dengan satu perusahaan asuransi saja sehingga bisa memastikan bahwa pelaku bisnis mendapatkan harga dan cakupan perlindungan yang terbaik.

6. Berperan sebagai Konsultan dan Penasihat

Broker akan berperan sebagai konsultan dan penasihat sehingga pelaku bisnis bisa membuat keputusan yang tepat. Contohnya dalam kebijakan Professional indemnity, broker akan memberikan saran yang terbaik.

7. Melakukan Penelitian dan Evaluasi Industri

Broker juga melakukan penelitian dan evaluasi industri terkait dengan informasi terkini yang menyangkut industri asuransi dan aturan di bidang asuransi sehingga risiko bisnis bisa diminimalisir.

Pada dasarnya broker asuransi berperan sebagai tenaga ahli dalam pengelolaan risiko dan asuransi. Dengan memberikan masukan terkait produk asuransi yang paling tepat, maka Anda akan mendapatkan perlindungan bisnis secara maksimal.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

6 Replies to “Peran Utama dalam Memakai Broker Asuransi untuk Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published.