Contoh dan Cara Membuat Surat Pesanan Bahan Baku

1 min read

contoh dan cara membuat surat pesanan bahan baku

Ketika hendak melakukan proses produksi, perusahaan akan melakukan pemesanan bahan baku. Bahan ini kemudian diolah menjadi barang jadi.

Dalam melakukan pembelian bahan baku, perusahaan perlu membuat surat pembelian atau surat pesanan. Pembuatan surat ini merupakan bagian dari manajemen pembelian. Dengan adanya surat pesanan, transaksi di perusahaan akan tercatat dengan baik.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara membuat surat pesanan dan contohnya. Berikut ini adalah artikel yang bisa membantu Anda untuk mengetahuinya. Silakan disimak!

Cara Membuat Surat Pesanan

Tak sulit untuk membuat surat pesanan bahan baku. Anda bisa membuat surat pesanan yang baik jika mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Menulis Kop Surat

Langkah yang pertama adalah menulis kop surat. Kop surat berisi nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan. Kop surat perlu ditulis untuk menandakan keresmian surat.

2. Menuliskan Pembuka

Setelah kop surat dibuat, Anda bisa mulai menulis tanggal penulisan surat, nomor surat, perihal, dan keterangan lampiran apabila ada. Tak lupa, Anda juga menulis kata sapaan dan salam pembuka untuk memulai surat.

3. Menuliskan Detail Pesanan

Jika kop surat dan pembuka sudah dibuat, Anda harus menulis inti surat. Inti dari surat pesanan itu sendiri merupakan detail pesanan.

Pada bagian ini, Anda perlu mencantumkan jenis dan nama barang yang dipesan, jumlah barang, waktu pengiriman, dan sistem pembayaran. Pastikan untuk menulis detail pesanan dengan rinci agar tidak ada kesalahan pemesanan.

Apabila barang pesanan yang dibeli memiliki jenis-jenis tertentu, pastikan untuk mencantumkan detailnya. Misalnya jika barang yang dipesan adalah kain yang terdiri dari berbagai jenis warna dan ukuran, tuliskan warna dan ukuran kain yang Anda inginkan.

4. Menuliskan Penutup

Bagian terakhir dalam surat yang perlu Anda tulis adalah penutup. Pada penutup, tuliskanlah ucapan terima kasih, salam penutup, serta tanda tangan dan nama pengirim.

 

Contoh Surat Pesanan

Supaya Anda lebih memahami tentang surat pesanan, Anda bisa mencontoh surat pesanan berikut ini:

 

  1. Contoh Surat Pesanan Kain

Abadi Couture

Jalan Melati No. 14 Jakarta

 

Jakarta, 4 November 2022

 

Nomor            : 365/SP/V/2022

Lampiran       : 2 Halaman

Hal                  : Pesanan Barang

 

Yth. Pimpinan PT. Kain Berjaya

Jalan Mangga, Jakarta Utara

 

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan surat penawaran yang perusahaan Anda berikan, kami memutuskan untuk melakukan pembelian kain di PT. Kain Berjaya. Adapun rincian barang yang hendak kami pesan yaitu:

  • 15 Rol Kain Katun Jepang Motif Terlampir
  • 10 Rol Kain Brokat Impor Motif Terlampir
  • 20 Rol Kain Rayon Viscose

Besar harapan kami barang pesanan tersebut dapat tiba selambat-lambatnya 11 November 2022. Adapun pembayaran akan kami berikan dengan sistem COD.

Demikianlah surat pemesanan barang ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama yang diberikan kami mengucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

Abadi Couture

 

 

Angelina

 

  1. Contoh Surat Pesanan Bahan Makanan dan Minuman

Sumber: https://berita.99.co/contoh-surat-pesanan-barang/

Setiap kali menulis surat pesanan bahan baku untuk keperluan produksi, surat tersebut harus disimpan dengan baik. Surat ini akan menjadi catatan arsip yang akan diperiksa dalam proses audit.

Bagaimana cara mengelola surat-surat ini agar tidak tercecer? Anda dapat memanfaatkan software ERP dari RedERP.

Software RedERP dapat mengelola aktivitas purchasing atau pemesanan di perusahaan dengan mudah. Software ini memiliki fitur otomatisasi purchase yang bisa digunakan untuk melakukan pembelian secara otomatis dan fitur manajemen faktur untuk menyimpan bukti pemesanan dan bukti transaksi, termasuk juga surat pesanan barang.

Kenali lebih jauh tentang software RedERP hanya di situs resminya. Kunjungi sekarang!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published.