6 Fungsi Sepatu Proyek Untuk Melindungi Pekerja

Posted on

6 Fungsi Sepatu Proyek Untuk Melindungi Pekerja

Fungsi sepatu proyek yang utama tentu saja sebagai proteksi pada kaki pekerja selama berada di lingkungan kerja. Sepatu proyek harus selalu dikenakan oleh pekerja untuk melindungi kaki mereka dari risiko kecelakaan kerja yang sering terjadi selama berada di tempat kerja. Tidak hanya merugikan individu yang mengalami kecelakaan, kecelakaan kerja ini juga akan merugikan bagi pengusaha.

Menurut catatan National Safety Council US, tercatat bahwa dari empat orang pekerja yang mengalami cedera pada kaki, hanya satu saja dari mereka yang mengenakan safety shoes. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran para pekerja mengenai fungsi dari safety shoes masih sangat rendah. Padahal, risiko cedera pada kaki sangat tinggi menghantui pekerja di industri terutama industri berat.

Fungsi Sepatu Proyek Sebagai Pelindung Para Pekerja

Patut dipahami bahwa jenis safety shoes sangat beragam bergantung dari jenis potensi yang mungkin dihadapi oleh pekerja di lingkungan pekerjaan. Potensi bahaya seperti tertimpa benda tajam, benda berat, terpeleset hingga cipratan kimia harus diidentifikasi agar penggunaan sepatu dapat disesuaikan.

  1. Kaki Aman dari Jatuhan Benda

Selama berada di area kerja, risiko pekerja tertimpa benda yang jatuh dari ketinggian tertentu tidak dapat dihindari. Hal ini terbukti berdasarkan catatan kecelakaan kerja menunjukkan bahwa mayoritas kecelakaan pada kaki terjadi karena jatuhan benda yang bobotnya mencapai 30 kg atau kurang dari itu. Oleh karenanya para pekerja harus mengenakan safety shoes untuk menghindari cedera pada kaki akibat jatuhan benda berat.

Fitur pelindung jari kaki atau toe protection harus ada pada safety shoes yang dikenakan pekerja. Fitur ini terbuat dari material baja atau komposit yang mampu menahan beban berat hingga mencapai 30 kg yang jatuh dari ketinggian 2,7 meter.

  1. Perlindungan Terhadap Bahaya Listrik

Pekerja sangat mungkin melakukan kontak dengan listrik. Pekerja yang bekerja di area penuh dengan kabel listrik, pekerja konstruksi dan lainnya diharuskan mengenakan safety shoes dengan tambahan electrically insulating footwear atau insulasi terhadap listrik. Hal ini sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh ASTM F2413-17 mengenai standar keamanan safety shoes.

  1. Bekerja dengan Kondisi Lantai yang Aman

Para pekerja berhak untuk dapat bekerja di kondisi lantai pabrik atau lingkungan kerja yang aman. Penyediaan lantai kerja yang aman menjadi kewajiban para pengusaha untuk menyediakannya. Lantai kerja tempat para pekerja beroperasi harus rata, tidak basah dan licin, stabil serta bebas dari serpihan berbahaya baik itu kayu, logam, kabel hingga lainnya.

Lantai yang licin, kotor, basah, tidak rata serta banyak berserakannya benda-benda yang mengakibatkan pekerja terjatuh merupakan jenis kecelakaan yang paling banyak terjadi di US hingga mencapai 85%. Meski terlihat sepele, namun kecelakaan ini sangat berbahaya bahkan bisa mengakibatkan risiko kematian bagi pekerja.

Untuk menghindari para pekerja dari risiko terpeleset selama bekerja, pengusaha harus menyediakan sepatu safety selama pekerja berada di area kerja. Hal ini untuk mengurangi risiko terpeleset, tersandung hingga terjatuh yang dapat mengakibatkan kecelakaan yang lebih besar lagi. Untuk itu safety shoes harus memiliki sol luar anti slip.

  1. Pelindung dari Cedera Telapak Kaki

Pekerja sangat mungkin mengalami cedera pada bagian telapak kaki. Untuk menghindari adanya cedera pada bagian telapak kaki pekerja, safety shoes yang dikenakan harus dilengkapi oleh proteksi metatarsal. Proteksi metatarsal ini berfungsi untuk memproteksi bagian telapak kaki dari pekerja.

  1. Pelindung dari Lingkungan Ekstrem

Pekerja bisa saja harus bekerja pada lingkungan kerja yang ekstrem seperti suhu tinggi ataupun kontak dengan bahan kimia. Untuk melindungi kaki para pekerja dari kecelakaan, sepatu safety ini harus dilengkapi oleh sol yang tahan terhadap lingkungan tersebut.

Beli Perlengkapan Sepatu Safety di Bhinneka.com

Bhinneka.com menghadirkan berbagai jenis sepatu safety yang sangat berguna untuk melindungi kaki para pekerja dari risiko kecelakaan. Setelah memahami fungsi sepatu proyek di atas, tentu kebutuhan akan safety shoes yang aman tidak dapat ditunda-tunda lagi. Anda dapat membeli Sepatu Safety terbaru melalui website Bhinneka ataupun aplikasi yang dapat diunduh dari Google Play Store. Berbagai promo menarik menanti Anda dari Bhinneka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *