Toyota Calya 2017 Jadi Incaran Para Armada Taksi Online

Posted on

calya

Jakarta – Toyota Calya 2017 termasuk salah satu low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang banyak diburu para konsumen di Tanah Air karena harganya terjangkau. Bersama kembarannya yaitu Daihatsu Sigra, Toyota Calya ini merupakan low MPV yang mengisi pasar Low Cost Green Car (LCGC) 7 penumpang. Mobil ini tidak hanya memiliki harga terjangkau, tetapi juga irit bahan bakar.

Toyota Calya 2017 Diminati Taksi Online

Di pasar mobil bekas, Toyota Calya 2017 semakin diminati. Di sisi lain, mobil tersebut seringkali dicari untuk usaha taksi online dengan modal terbatas. Pertanyaannya, mengapa Toyota Calya 2017, bukan Toyota Calya 2018? Dikutip dari berbagai sumber, Toyota Calya bekas memiliki nilai depresiasi harga yang kecil setiap tahunnya karena lebih disukai armada taksi online. Oleh karena itu, harga Toyota Calya 2018 hanya beda tipis dengan Toyota Calya 2019.

Berdasarkan situs resminya, harga Toyota Calya 2019 terbaru dibanderol mulai dari seharga Rp144,9 juta sampai Rp163,4 juta untuk varian tertinggi. Sebagai perbandingan, harga Toyota Calya 2018 bekas di listing Carmudi rata-rata minimal Rp108 juta yang berarti turun sekitar 24 persen.

Jika dibandingkan dengan Toyota Calya 2017, dari sumber listing yang sama, mobilnya dibanderol paling rendah seharga Rp95 juta atau turun sekitar 32 persen dari harga terbarunya. Secara umum, Toyota Calya 2016 dan 2017 tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Di sisi lain, dari listing Carmudi juga menyebutkan bahwa model Toyota Calya 5 tahun sebelumnya (2015-2019) memburu unit produksi tahun 2017 sebanyak 40,3 persen. Batas penelusuran memang hanya sampai lima tahun ke belakang karena mengikuti syarat usia armada taksi online yang berlaku.

Tentang Toyota Calya 2019 Terbaru

Untuk mesin, Toyota Calya terbaru dibekali mesin 1,2 liter berkode 3NR-VE. Ini merupakan mesin yang sama dengan Agya. Sedangkan dari segi dimensi, Toyota Calya terbaru memiliki ukuran panjang 4.070 mm, lebar 1.655, tinggi 1.600 mm, serta ground clearance 180 mm dan 2.525 mm untuk jarak sumbu rodanya atau wheelbase.

Meski termasuk ‘mobil murah’, pihak Toyota tetap membekali mobilnya dengan berbagai fitur keselamatan yang cukup lengkap, seperti kunci dengan immobilizer, dual SRS airbag, 3 point seatbelt, rear parking sensor, dan rem ABS.

Kekurangan dari Daihatsu Sigra dan Toyota Calya adalah suspensi belakangnya yang ‘amblas’ jika mengangkut penumpang sebanyak 7 orang dalam kabin. Tidak hanya itu, banyak pemilik kedua mobil ini juga yang mengeluhkan bunyi benturan dari kolong mobil. Setelah ditelusuri, ternyata bunyi tersebut dari ban serep yang seringkali longgar.

Untuk mengatasi masalahnya cukup mudah, yaitu memberikan kain bekas yang tebal sebagai bantalan ban serepnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *