Tips Mudah Cara Mengubah Versi Android Terbaru

Tips Mudah Cara Mengubah Versi Android Terbaru

Posted on

Tips Mudah Cara Mengubah Versi Android Terbaru

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahu yang kian pesat membuat para developer untuk selalu melakukan improvisasi dan inovasi. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah dengan keluarnya android versi terbaru secara berkala.

Seperti yang kita tahu bahwa semakin tinggi versi android, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapat. Maka dari itu, banyak orang yang ingin sekali melakukan perubahan versi android lama ke terbaru.

Dengan bermodalkan kreativitas, kini semakin banyak cara yang dapat anda lakukan sendiri untuk mengubah versi android pada hp anda. Penasaran? Simak dulu ulasan lengkap di bawa ini mengenai cara mengubah versi android terbaru hp anda.

Cara Mengubah Versi Android Terbaru untuk HP yang Belum di Root

Kabar gembira bagi anda yang telah membeli hp dengan versi android lama, kini telah ditemukan cara untuk mengubah versi android untuk versi OS.

Sebelum melakukan upgrade tersebut, ada baiknya terlebih dahulu anda mengecek versi android apa yang anda gunakan saat ini. Caranya begitu mudah yaitu hanya dengan membuka menu pengaturan atau setting, scrool ke bawah kemudian pilih tombol tentang ponsel. Setelah itu, anda akan menemukan informasi lengkap mengenai hp android yang anda miliki.

Pada umumnya hp android yang beredar saat ini kebanyakan menggunakan android versi Android 4.4.4. (Android Kit Kat), Android 5.1.1 (Android Lollipop), Android 6.0.1 (Marshmallow), Android 7.1.2 (Andorid Nougat), Android 8.1 (Android Oreo) dan yang terbari Android 9.0 (Pie).

Syarat utama bagi hp yang ingin melakukan upgrade android versi terbaru adalah belum pernah melakukan root agar dapat menerima update sistem dari masing-masing merek hp. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan upgrade android versi terbaru:

  • Nyalakan hp android anda dan sambungkan dengan jaringan internet yang cukup lancar. Sebelum itu, usahakan agar hp anda memiliki baterai di atas 50%.
  • Buka menu kemudian pilih pengaturan atau setting
  • Setelah menu pengaturan terbuka, scroll ke bawah, kemudian pilih tombol tentang ponsel
  • Di dalam tentang ponsel tersebut, terdapat berbagai informasi mengenai hp android anda salah satunya adalah pilihan pembaruan sistem atau software.
  • Klik tombol perbarui sistem dan tunggu proses yang sedang berjalan
  • Setelah beberapa saat, akan terdapat notifikasi yang memberikan pilihan mengenai download pembaruan sekarang atau ditunda. Hal yang harus anda lakukan adalah mengklik unduh pembaruan segera
  • Diamkan hp untuk beberapa saat untuk proses download pembaruan atau upgrade sistem andorid terbaru. Tunggu hingga mencapai 100%
  • Setelah selelsai, klik instal pembaruan, maka hp secara otomatis akan mati dan merestart sistem terbarunya.

Apabila anda telah melakukan langkah-langkah di atas dengan urut dan benar, maka data-data yang tersimpan di dalam hp akan aman dan tidak terhapus secara otomatis.

Cara Mengubah Versi Android Terbaru untuk HP yang Sudah di Root

Untuk anda yang memiliki hp android yang sudah di root, maka akan jauh lebih mudah untuk mengubah sistem android ke versi terbaru. Salah satu cara mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan custom ROM cyanogen Mod (CM).

Untuk melakukan upgrade android menuju versi terbaru khusus untuk hp yang sudah di root, caranya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah situs resmi dari Cyanogen Mod di https://download.cyanogenmod.org/.
  • Setelah terbuka, cari dan klik nama hp dan sistem android yang digunakan sebelumnya pada menu devices
  • Setelah diklik, kemudian akan muncul informasi mengenai jenis hp anda dan klik link latest version atau terakhir rilis.
  • Unduh dan usahakan untuk menyimpannya di memori SD luar folder
  • Pasang file Cyanogen Mod untuk menggantikan ROM bawaan atau asli dari hp andorid yang anda miliki. Setelah tahap ini, akan dipastikan data-data yang tersimpan di hp anda akan hilang secara otomatis.

Setelah melakukan proses tersebut, maka dapat dipastikan anda akan mendapatkan sistem android versi terbaru di hp anda. Namun sebelum itu, pastikan untuk memback up terlebih dahulu data-data yang dianggap penting.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengubah versi android terbaru.semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tips Mudah Cara Mengubah Versi Android Terbaru
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *