Simak Cara Membuat Efek Plotagraph di Ponsel Android Anda

Simak Cara Membuat Efek Plotagraph di Ponsel Android Anda

Posted on

Simak Cara Membuat Efek Plotagraph di Ponsel Android Anda

Pernah lihat foto teman Anda yang bagian latar belakangnya atau beberapa bagiannya terlihat bergerak seperti video atau Gif sedangkan ada bagian lain diam? Ini yang disebut dengan efek Platograph. Efek ini memang lagi trend di banyak kalangan pengguna ponsel di media sosial Instagram.

Efek plotagraph sama seperti efek Cinemagraph. Sebuah efek animasi yang pada salah satu objeknya menjadi bergerak pada bagian foto tertentu. Misalnya pada background foto. Tetapi orangnya tidak bergerak seperti halnya sebuah foto.

Kali ini akan diulas cara membuat foto berlatar belakang bergerak atau efek plotagraph di ponsel Android mu.

Cara membuat efek ini sebenarnya mudah. Tapi bagi pengguna ponsel Android perlu trik tersendiri untuk membuat latar belakang yang bergerak. Karena aplikasi ponsel pintar ini baru bisa mensupport produk Apple seperti iPhone dan iPad, dan perangkat komputer desktop seperti Windows, Mac serta Linux.

Jangan khawatir, ada cara tersendiri buat menyiasati Anda pengguna ponsel Android. Anda dapat mencoba beberapa aplikasi berikut ini yang fungsinya dapat menjadikan objek foto menjadi bergerak pada bagian tertentu. Format pada efek Plotagraph ialah MP4 atau GIF.

Cara Membuat Efek Plotagraph Gratis di Android

Aplikasi Plotagraph di ponsel hanya mensupport iOS. Tapi buat Anda pengguna Android, tidak perlu susah. Trik berikut ini akan membuat Anda punya foto efek plotagraph secara gratis. Ikuti langkah-langkahnya.

  1. Akses langsung ke situsnya dan daftar

Buka browser Chrome di android Anda lalu akses ke situs https://www.plotagraphs.com/. Kemudian lakukan registrasi pembuatan akun. Selanjutnya cek email dan lakukan aktivasi akun. Lalu Anda bisa langsung login ke akun Anda di Plotagraph.

  1. Mulai mengedit foto

Setelah masuk ke Plotagraph, pilih opsi Plotagraph. Ikuti proses unggah foto mu. Setelah foto pilihan Anda selesai diunggah, tekan tombol Create. Akan muncul area pengeditan. Karena ini gratisan, beberapa fitur tidak bisa berfungsi. Tetapi fitur yang ada sudah cukup untuk membuat foto Anda mempunyai latar belakang bergerak.

Untuk mengedit tekan tombol panah. Akan muncul opsi Direct atau Lasso selection tool. Klik tombol Animate, maka akan muncul tiga opsi. Pilih Animation Point untuk membuat titik geraknya. Gunakan pilihan Stabilizier Point untuk membuat area yang bergerak. Delete Point untuk menghapus titik yang kurang tepat. Kecepatan gerak bisa diatur dengan menekan tombol Animate. Dan luasan gambar bisa diatur dengan menekan Crop.

  1. Bagikan dan Unduh

Jika proses mengedit sudah selesai, klik tombol share dan pilih Custom Export. Atur jenis file, frame, codec dan kualitas video. Setelah itu tekan tombol Export, lalu My Export. Beberapa saat kemudian akan muncul keterangan besarnya file dan tombol unduhan.

Jika terjadi error atau gagal mengunduh, atau tidak bisa diunduh maka bisa diakali dengan Share. Bagikan foto Plotagraph hasil editanmu ke WA temanmu lalu minta ia mengirimkannya kembali ke WA mu. Dari WA mu, Anda bisa mengunduh foto Plotagraph hasil karyamu.

Cara Membuat Efek Plotagraph Dengan Aplikasi Alternatif

Selain dengan mengakses langsung situsnya, Anda juga bisa membuat foto dengan latar belakang bergerak dengan aplikasi lain yang memiliki efek sama secara gratis. Aplikasi ini ialah Loopsie. Anda hanya perlu mengambil gambar dengan aplikasi ini. Lalu klik dan pilih objek yang ingin dibuat bergerak, kemudian simpan. Lihat hasilnya pada aplikasi galeri foto di Android Anda yang berformat mp4. Selesai.

Untuk pengguna aplikasi versi gratis, akan terlihat adanya watermark di bawah foto bertulisan “made with loopsie”. Jika ingin dihilangkan maka Anda harus membayarnya sebesar Rp.25.000

Alternatif dari aplikasi ini agar tanpa adanya watermark, dapat menggunakan aplikasi PICOO Camera – Live Photo. PICOO Camera sama seperti aplikasi Loopsie yang dapat membuat salah satu objek menjadi bergerak. Kelebihannya ialah tanpa adanya watermark. Kekurangannya, penggunaannya lebih sulit dari aplikasi Loopsie.

Itulah cara membuat efek platograph di Android. Anda bisa membuat efek Plotagraph langsung atau dengan menggunakan aplikasi alternatif. Silakan dicoba.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Simak Cara Membuat Efek Plotagraph di Ponsel Android Anda
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *