Rokok Harus Mahal, Kalian Setuju?

Posted on

Rokok harus mahal

Kalian setuju?

“TU WA GA PAT MA NAM JU PAN
BERLARI-LARI SAMPAI KELAUT SELATAN
DARI PADA MEROKOK BOROS DAN PENYAKITAN
MENDING KITA TABUNG UNTUK MASA DEPAN”

Halo para pengunjung blog helmirfansah.com, Dilihat dari pantun diatas kali ini kita akan membahas mengenai “Rokok” terutama harga rokok di Indonesia yang tergolong masih murah dibandingkan dengan negara lain.

Oleh karena itu jika di Indonesia harga rokok harus mahal… Apakah kalian akan setuju? Hmm mari kita bahas lebih mendalam lagi.

Sebelum saya membuat sebuah voting di Instagram Story yang berisikan pertanyaan “Rokok harus mahal??” dan para followers saya bisa menekan tombol Setuju atau Tidak itu terserah mereka.

Dan hasilnya akan saya tampilkan diakhir postingan ini ya… Jadi lanjutin baca dulu deh.. Sip sip.

ROKOK DI INDONESIA

Indonesia memiliki jumlah perokok tertinggi nomor 3 di Dunia setelah China dan India. Dengan presentasi 35% dari populasi penduduk Indonesia atau sekitar 75 juta jiwa. Belum lagi kita melihat banyak anak-anak sekolahan yang sudah mulai mengkonsumsi rokok dengan mudahnya.

Peringkat ketiga di Dunia ini bukanlah prestasi yang membanggakan jika dipikir-pikir ya… Hal ini didukung dengan harga rokok di Indonesia mulai dari yang termurah Rp5000/bungkus dan harga rata-rata toko Rp10.000-20.000/bungkus dan bisa didapatkan dengan mudah karena hanya di Indonesia yang bisa membeli rokok secara eceran.

Berbeda dengan negara lain misalnya negara Australia yang harga rokoknya sangat mahal yaitu Rp250.000/bungkus bahkan negara tetangga seperti Singapura memiliki harga rokok sekitar Rp130.000.

Apakah kalian masih bertanya… Kenapa harus mahal harga rokok di Indonesia? Hmm… Mungkin anda harus mengetahui dampak negatif yang terjadi berkat harga rokok yang terjangkau, Oke dibawah ada faktor penyebab dan dampak dari rokok menurut beberapa sumber.

faktor penyebab

Berikut merupakan faktor penyebab seseorang merokok dari orang tua sampai anak-anak usia dini.

  • Seseorang memiliki rasa keingintahuan yang tinggi apalagi anak-anak.
  • Faktor diatas diperkuat dengan iklan rokok yang menjamur, Berbeda dengan negara Asean yang lainnya iklan rokok dilarang kecuali Indonesia.
  • Industri rokok sasar anak muda jadi perokok baru… Hmm 🤔
  • Faktor lingkungan atau pergaulan yang buruk, Biasanya orang yang tidak merokok bisa ter-influence untuk merokok oleh orang tua atau teman-temannya.
  • Banyak orang yang melampiaskan stresnya dengan merokok, Merasa relax dan lebih percaya diri saat dia merokok… Stresnya bisa karena faktor ekonomi maupun percintaan hahaha lemah sekali anda.
  • Terakhir mungkin karena sudah kecanduan dari lama karena zat kimia dari rokok tersebut.
dampak negatif

Untuk dampak negatif dari rokok ini banyak banget guys… Mungkin akan dijelaskan dengan gambar dibawah ini yang merupakan penyakit yang akan muncul pada perokok aktif.

#rokokharusmahal

Dari dampak negatif rokok tersebut hal yang bisa dihindari untuk meminimalisirnya bukan menutup industri rokok tersebut tetapi merubah kebiasaan masyarakat agar tidak terlalu sering merokok.

Tetapi dengan cara tersebut pasti tidak akan bisa membuat para perokok aktif berhenti atau mengurangi, Nah ada sebuah program radio Ruang Publik KBR yaitu program mendukung harga rokok dinaikkan setinggi-tingginya, minimal Rp50.000/bungkus.

Menaikkan harga rokok ini tidak hanya untuk membuat Indonesia menjadi lebih sehat tetapi agar melindungi anak-anak dan keluarga yang memiliki ekonomi dibawah rata-rata.

Kalian juga bisa ikutan meramaikan gerakan ini dengan membantu para perokok aktif belajar untuk berhenti kecanduan menggunakan rokok, Atau ramaikan tagar #RokokHarusMahal dan #rokok50ribu.

Atau coba kalian tandatangani petisi di website Change.org yang berjudul “Naikkan Harga Rokok Menjadi 50 Ribu/Bungkus #RokokHarusMahal

Dengan gerakan #RokokHarusMahal ini banyak sekali yang pro namun ada beberapa yang kontra dengan berbagai alasan mulai dari, “Tambah boros dong?” “Nasib petani tembakau gimana?” dan “Nanti tingkat kriminal semakin tinggi” hmm… Itu semua bisa dijawab dengan santai oleh 2 narasumber dari talkshow program radio KBR #RokokHarusMahal.

hasil vote snapgram

Dari snapgram yang saya buat telah memperoleh hasil 64% Setuju  kalau rokok harus mahal dan 36% Tidak… Dengan suara 3098 memilih setuju dan 1742 memilih tidak. Saat snapgram itu masih ada banyak sekali yang mengirim komentar ke direct message, Ada yang pro dan kontra pastinya. Jika kalian penasaran berikut ada beberapa komentar netizen tentang snapgram yang saya buat.

PRO

Dari banyaknya komentar mendukung mungkin 4 saja yang saya tunjukan ya, Kebanyakan mereka malah menyarankan rokok seharusnya tidak dijual bukannya dimahalkan, Karena dapat merusak generasi muda anak bangsa.

Kebanyakan yang pro merupakan perempuan… Memang itu wajar sih karena kebanyakan dari mereka merupakan korban dari asap perokok laki-laki baik itu bapaknya atau jodohnya. Banyak juga yang hubungannya berakhir karena rokok contohnya saat itu saya mendengarkan radio KBR talkshow mengenai “Perempuan Dukung Rokok Harus Mahal”

KONTRA

Seperti pada gambar untuk orang yang kontra ini tidak semuanya berpikiran kontra… Ada ketikan yang sebenarnya itu PRO tetapi hanya sebuah sarkasme saja seperti pada komentar sisi kanan atas yang paling kelihatan kalau itu benar-benar sarkasme, haha kocak juga sih netizen-netizen ini. Saya punya kesimpulan kalau yang vote tidak setuju rokok harus mahal adalah mereka-mereka yang juga perokok aktif hahaha.

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul “Rokok Harus Mahal, Kalian Setuju?” nah seperti judulnya apakah kalian setuju jika rokok harus mahal? Terutama untuk kalian para perempuan? Tulis dikolom komentar ya dan berikan harga yang pantas untuk rokok di Indonesia, Dan jika kalian setuju dan ingin membantu lebih untuk aksi ini bisa kalian tanda tangan petisi di www.change.org/rokokharusmahal atau ramaikan hastag berikut di sosial media #rokokharusmahal #rokok50ribu.

Jika ada kesalahan informasi dan penulisan pada artikel ini mohon untuk dimaafkan ya atau bisa kalian bantu koreksi dengan cara berkomentar dibawah, Namun jika artikel ini bermanfaat bagi semuanya tolong bagikan artikel ini ke sosial media atau grup WA yang kamu punyai agar teman dan keluargamu tahu bahaya rokok bukan bagi kesehatan saja tetapi pada segi ekonomi juga, Terima kasih sudah berkunjung.

Sumber:

Summary
Review Date
Reviewed Item
Rokok Harus Mahal, Kalian Setuju?
Author Rating
51star1star1star1star1star

11 thoughts on “Rokok Harus Mahal, Kalian Setuju?

  1. Menjadikan harga rokok menjadi mahal itu merupakan jalan tengah antara pro dan kontra tersebut (y) #RokokHarusMahal

  2. Iya ya, kita memang nggak bisa menutup pabrik rokok. Karena bisa menimbulkan angka pengangguran juga. Jalan tengahnya ya memang memahalkan harga rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *