Puasa dan Pendapat Perempuan Mengenai #RokokHarusMahal

Posted on

Puasa dan Pendapat Perempuan Mengenai

#RokokHarusMahal

Halo para pengunjung blog helmirfansah.com, Sebelum pembahasan ini dimulai saya ingin berterima kasih kepada KBR yang sudah mengapresiasi tulisan saya yang berjudul “Rokok Harus Mahal, Kalian Setuju?

Karena artikel itu menjadi salah satu pemenang dalam Lomba Blog Serial #RokokHarusMahal Episode 1… Saya juga mau terima kasih sama teman-teman yang sudah menyempatkan berkunjung baik yang berkomentar maupun tidak berkomentar hehe.

Seperti pada artikel sebelumnya yang saya meminta pendapat netizen mengenai Rokok Harus Mahal… Kali ini saya juga membuat hal yang sama.. Akan tetapi lebih spesifik lagi karena saya meminta pendapat perempuan mengenai #RokokHarusMahal.

Karena followers yang laki-laki juga banyak maka saya bolehkan mereka membuat opini sendiri mengenai Rokok Harus Mahal ini, Paling kerennya lagi opini dari mereka sangat2 bagus meskipun itu pro dan kontra.

Dan seperti biasa semua hasil dari vote dan balasannya akan saya tampilkan di akhir artikel ini, Sebelumnya mari kita bahas mengenai rokok yang bertepatan di Bulan Puasa ini :).

perempuan, puasa dan rokok harus mahal

A post shared by KBR.id (@kbr.id) on

Pada tanggal 16 Mei jam 09:30-10:30 WIB siaran Ruang Publik KBR (Kantor Berita Radio) yang menyiarkan program talkshow serial Rokok Harus Mahal episode 2 yang bertemakan “Perempuan, Puasa dan Rokok Harus Mahal” yang dibahas oleh 2 narasumber yaitu:

  • Dosen UI sekaligus Wakil dari Komnas PT (Pengendalian Tembakau) Krisna Puji Rahmayanti 
  • Tresia Mahaputri Nusantari Maghfirah, MARS, MPM. Koordinator divisi pelayanan mejelis kesehatan Pimpinan Pusat Aisyiyah

Pertama-tama kenapa pembahasan #RokokHarusMahal aksinya hanya mengajak perempuan saja? Sayapun sempat berpikiran begitu karena banyak juga laki-laki yang setuju kalau harga rokok dinaikkan harusnya ajak juga dong wkwkwk.

Ternyata bukannya perempuan tidak mengajak para laki-laki namun aktifitas ini pertama kali diadakan bertepatan dengan hari kartini dan program ini diinisiasi oleh tokoh perempuan, Lalu 1000 perempuan yang datang pada 21 April 2018 bekumpul di kota tua untuk mendeklarasikan mendukung rokok harus mahal, Lalu dinaikkan di petisi Change.org dan mereka mengharapkan laki-laki mendukung pada petisi tersebut, Kata mbak Krisna Puji Rahmayanti.

Namun tepat sekali karena perempuan memiliki porsi yang sangat tinggi perannya, Sama halnya dengan laki-laki perempuan bisa menentukkan keputusan dirumah terkait dengan konsumsi rumah tangga dialokasikan untuk apa. Salah satu bukti menunjukkan bahwa konsumsi rumah tangga keluarga miskin baik di perkotaan atau di pedesaan nomor 2 itu untuk rokok.

Bertepatan dengan momentum Ramadhan kali ini semoga para perokok dapat menjadikan bulan yang suci ini untuk berhenti merokok, dan perempuan mungkin bisa meluruskan kembali kalau konsumsi rumah tangga tidak dialokasikan untuk rokok tetapi bisa untuk lainnya. Sudah jelas sekali bahwa rokok dapat membahayakan diri sendiri dan orang terdekat yang menghirup asap rokoknya dan berbuat bahaya terhadap diri sendiri dan orang lain hukumnya haram, Seperti yang tertera pada hadist dibawah ini:

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻻ ﺿَﺮَﺭَ ﻭﻻ ﺿِﺮﺍﺭَ

“ Tidak (boleh melakukan/menggunakan sesuatu yang) berbahaya atau membahayakan ”. [1]

Allah Ta’ala berfirman,

ﻭَﻟَﺎ ﺗُﻠْﻘُﻮﺍ ﺑِﺄَﻳْﺪِﻳﻜُﻢْ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﺘَّﻬْﻠُﻜَﺔِ

“ Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195).

ﻭَﻟَﺎ ﺗَﻘْﺘُﻠُﻮﺍ ﺃَﻧْﻔُﺴَﻜُﻢْ ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻛَﺎﻥَ ﺑِﻜُﻢْ ﺭَﺣِﻴﻤًﺎ

“ Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu “. (QS. An Nisaa: 29).

Merokok dapat membatalkan puasa, Kenapa? Karena merokok merupakan aktifitas yang sengaja menghipas dengan kekuatan rokok dan memasukkan uap padat rokok yang bisa dipastikan masuk ke dalam lambung. Dan ada seorang ulama yang berpendapat seperti berikut ini:

“Jika sengaja memasukkan sesuatu benda ke dalam perut, maka puasanya batal meskipun yang dimasukkan bukan makanan”

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah menjelaskan,

وكل ما وصل إلى المعدة والجوف فإنه مفطر ، سواء كان نافعاً أم ضاراً ، حتى لو ابتلع للإنسان خرزة سبحة مثلاً ، أو شيئاً من الحديد ، أو غيره فإنه يفطر

“Segala sesuatu yang masuk dalam perut dan dalam tubuh termasuk pembatal puasa, baik yang masuk adalah sesuatu yang bermanfaat atau yang mendatangkan bahaya. Misalnya seseorang menelan biji tasbih, besi atau selainnya (dengan sengaja), maka puasanya batal.”

Jadi menurut pandangan dan saran para ahli bahkan dari WHO sudah menghimbau bahwa merokok sangatlah berbahaya bagi tubuh kita. Apalagi pada agama Islam sesatu hal yang bersifat boros merupakan perilaku dari setan jadi kita tidak boleh berbuat sesatu yang boros dan tidak bermanfaat bagi tubuh, Kata Dokter Fifi.

Lalu bagaimana jika kita menghirup asap dari si perokok aktif, Apakah akan membatalkan puasa? Kata Dokter bahwa jika kita tidak sengaja menghirup asap rokok maka tidak akan membatalkan puasa tetapi berbeda lagi jika kalian sengaja menghirup-hirup asap rokok tersebut.

#rokokharusmahal

Di Indonesia harga rokok sangatlah murah kok bisa sih latar belakangnya seperti apa? Dan pertanyaan ini dijawab oleh mbak Krisna. 

Mungkin seperti berikut jawaban yang bisa saya tangkap dari mbak Krisna, Sebenarnya jika kita lihat harga rokok bisa kita lihat dari pertama harga jual ecerannya sendiri, kemudian cukainya dan PPn nya. Nah salah satu masalah kenapa harga jual rokok itu murah di Indonesia salah satunya karena cukai di Indonesia masih rendah. 

Jika dilihat dari negara lain harga cukai yang sangat tinggi, Maka harga jual untuk rokok itu lebih mahal dan bisa menjadi instrumen untuk pengendalian. Cukai di Indonesia memang naik setiap tahunnya tetapi tidak signifikan. Membuat harga rokok masih dalam daya rentang daya beli masyarakat.

Ketika kondisi seperti ini dari sisi lain rokok kan menimbulkan adiksi atau kecanduan maka masyarakat akan terus beli, Mengingat prevalensi rokok di Indonesia sangat tinggi dan terus naik trennya selama 25 tahun belakangan ini. Dan yang menjadi konsen bersama rokok bisa dikonsumsi oleh mereka yang berada di keluarga miskin apalagi anak-anak dan bisa dijual secara eceran.

Jika kalian setuju dengan program #RokokHarusMahal #Rokok50Ribu cobalah untuk meramaikan hastag tersebut di sosial media, Dan tandatangani petisi di www.change.org/rokokharusmahal dan bagikan ke teman-temanmu di sosial media juga agar menandatangani petisi tersebut.

Karena jika dilihat dari pengirim pertanyaan pada program siaran Ruang Publik KBR banyak yang menginginkan agar harga rokok dinaikkan setinggi-tingginya bahkan bisa lebih dari target petisi yang hanya 50ribu/bungkus. Ngomong-ngomong yang menandatangani petisi sudah ada 2200 orang lebih yang terhitung pada minggu kemarin artikel sebelumnya dibuat baru 1800 orang.

hasil vote snapgram

Dalam snapgram kedua ini saya screenshot setelah 14 jam berjalan dan akan saya update lagi jika sudah 24 jam nanti tungguin aja ya. Dari 14 jam ini sudah ada 3000 lebih orang yang voting dengan hasil 74% setuju dan 26% tidak setuju jika Rokok Harus Mahal. 

Namun ada yang berbeda dengan snapgram kali ini karena saya ingin melihat beberapa pendapat netizen-netizen mengenai #RokokHarusMahal meskipun mereka setuju atau tidak setuju, Dan lebih dilihat lagi kalau yang memberikan pendapat seorang perempuan karena sesuai dengan tema kita kali ini.

Dari Instagram sudah ada sekitar 40an lebih pendapat dari netizen baik itu perempuan atau laki-laki dan dari 40 tersebut akan saya bagikan ke artikel ini hanya beberapa yang mungkin bisa menjadi pelajaran dan bisa menemukan jawaban bagi pembaca blog saya ataupun si pemberi pendapat, Berikut ringkasannya.

Pendapat netizen

Pertama ada opini dari akun Instagram @dindazzarah yang merupakan anak kuliahan dan calon emak-emak wkwkwk, Dari opininya terlihat dia setuju mengenai  rokok harus mahal tetapi dibungkus dengan pendapat yang sangat cerdas dan berbobot, Sayapun harus googling beberapa pendapat yang belum saya ketahui… Good Job.

Selanjutnya dari akun @forgetthisthing yang beropini dengan bahasa Inggris… Buat saya pusing juga karena reading saya masih belum lancar hahaha, Tetapi tidak ada salahnya apalagi saya tanya di snapgram juga pakai bahasa Inggris kok.

Inti dari orang ini mengatakan dia setuju dengan harga rokok yang dinaikkan, Dan akan banyak kejadian yang akan terjadi kepada perokok, Seperti orang yang merokok dan masih mampu membelinya akan terus seperti ini, Perokok yang tidak bisa membeli mereka tidak punya pilihan selain berhenti, Orang-orang yang terkena penyakit karena rokok akan berhenti merokok, Orang-orang yang hidup dari industri rokok masih memiliki pekerjaan mereka, dan pemerintah masih memiliki uang pajak dari rokok. 

Selanjutnya ada pendapat dari akun @seo.wuehehe dan @andrietack_ yang memiliki inti opini yang sama yaitu percuma jika rokok membantu perekonomian tetapi membuat banyak orang memiliki resiko penyakit yang tinggi. 

Maka jika rokok memiliki harga mahal, Apakah akan berkurang pembeli rokok? Dan perekonomian Indonesia menurun? Hmm.. Mungkin ada yang bisa jawab di kolom komentar?

Selanjutnya ada pendapat dari akun @eze_aulia dan @soshisone20 yang keduanya memiliki pengalaman buruk mengenai konsumsi rokok tetapi saling berbeda cerita satu sama lain.

Pertama cerita dari @eze_aulia yang dia pernah menjadi perokok aktif dan akhirnya berhenti karena dia menderita karena saat bangun setiap hari kepalanya pusing. Dan dia berpendapat apakah harus masyarakat Indonesia bergantung pada industri rokok, Apakah tidak ada jalan lain? 

Kedua cerita dari @soshisone20 yang memiliki kakak perokok mulai dari umur 16 tahun dan sekarang sudah berhenti merokok bukan karena seperti cerita pertama tetapi dia sedang berjuang melawan penyakit paru-paru dan tenggorokan, Dan dia sangat mendukung harga rokok harus mahal. Jadi efek dari rokok pastinya keluarga juga akan kesusahan dalam menanggung penyakit ini… Buat @soshisone20 semoga kakaknya cepat sembuh ya.

Bagian terakhir ini merupakan opini yang diberikan oleh para perempuan yang kurang lebih mereka setuju jika rokok harus mahal.

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul “Puasa dan Pendapat Perempuan Mengenai #RokokHarusMahal” Di bulan puasa ini semoga para perokok dapat diberikan pengaruh yang baik yaitu menghentikan aktifitas merokoknya dan berlanjut tidak hanya di bulan ramadan saja tapi bulan-bulan lainnya.

Jadi apakah kalian setuju mengenai rokok harus mahal? Terutama untuk kalian para perempuan? Tulis dikolom komentar ya dan berikan harga yang pantas untuk rokok di Indonesia, Dan jika kalian setuju dan ingin membantu lebih untuk aksi ini bisa kalian tanda tangan petisi di www.change.org/rokokharusmahal atau ramaikan hastag berikut di sosial media #rokokharusmahal #rokok50ribu.

Jika ada kesalahan informasi dan penulisan pada artikel ini mohon untuk dimaafkan ya atau bisa kalian bantu koreksi dengan cara berkomentar dibawah, Namun jika artikel ini bermanfaat bagi semuanya tolong bagikan artikel ini ke sosial media atau grup WA yang kamu punyai agar teman dan keluargamu tahu bahaya rokok bukan bagi kesehatan saja tetapi pada segi ekonomi juga dan terakhir semoga kalian semua dilancarkan puasanya ya, Terima kasih sudah berkunjung.

Sumber:

  • http://kbr.id/
  • http://komnaspt.or.id/
  • https://muslim.or.id
  • http://images.google.com
Summary
Review Date
Reviewed Item
Puasa dan Pendapat Perempuan Mengenai #RokokHarusMahal
Author Rating
51star1star1star1star1star

8 thoughts on “Puasa dan Pendapat Perempuan Mengenai #RokokHarusMahal

  1. Semoga dengan adanya artikel ini rakyat indonesia bisa lebih aware sama rokok. Gausa langsung berhenti, just try step by step. Misal sehari habis 2bks bisa di kurangin jadi 1 bks.

  2. Selalu setuju apapun yg berhubungan dengan mengurangi/melarang rokok. Semangat selalu untuk berkontribusi pada #rokokharusmahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *