Tata Cara dan Niat Zakat Fitrah

Tata Cara dan Niat Zakat Fitrah

Posted on

Tata Cara dan

Niat Zakat Fitrah

Assalamualaikum para pengunjung blog helmirfansah.com, Artikel ini dibuat saat hari ke 13 puasa tepatnya tanggal 28 Mei 2018 jadi tidak lama lagi kita sebagai umat muslim akan diwajibkan membayar Zakat Fitrah sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan mengenai Zakat coba kalian cek artikel sebelum-sebelum ini.

Seseorang wajib membayar zakat apabila dikatakan mampu, mempunyai kelebihan makanan bagi dirinya dan keluarganya. Dan Zakat Fitrah dilakukan secara individu baik laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, atapun hamba sahaya.

Mungkin dari kalian semua yang mengunjungi blog ini mencari jawaban mengenai Tata Cara dan Niat Zakat Fitrah kan? Oleh karena itu kalian bisa baca terus blog ini ya 🙂

tata cara zakat fitrah

Seperti yang dijelaskan pada gambar Zakat Fitrah dapat berupa makanan pokok, berhubung di Indonesia makanan pokok adalah nasi jadi Zakat Fitrah di Indonesia dibayar menggunakan 3.5 liter atau 2,5-2,7 Kg. Akan tetapi bisa kalian bayar juga dengan makanan pokok lainnya seperti gandum, keju dll.

Dan jumlah Zakat Fitrah ini tidak akan berubah meskipun sudah berkembangnya harga makanan pokok tersebut, Karena Menurut Syekh Yusuf Qardhawi, ketentuan jumlah yang harus dikeluarkan untuk zakat fitrah tidak berubah-ubah karena telah dibatasi oleh ukuran syar’i, yaitu satu sha’ (satu gantang) sebagaimana yang ditentukan oleh Nabi SAW.

Ukuran satu sha’ itu sama dengan 4 cidukan 2 tangan lebih sedikit, atau sama dengan 2 kilogram makanan, atau hampir 5 rithl (lima pound). Selain itu, zakat fitrah ini boleh juga dibayar dengan uang sesuai dengan harganya, demikian menurut mazhab Abu Hanifah.

Bagi muslim yang memiliki kelapangan rezeki, Lebih utama membayar harganya lebih dari 1 sha’, Wallahua’lam.

Dan Waktu yang paling tepat untuk membayar Zakat Fitrah adalah mulai dari terbit fajar pada hari ‘idul fithri hingga dekat waktu pelaksanaan shalat ‘ied. Pada umumnya kita membayar Zakat Fitrah pada waktu satu atau dua hari sebelum ‘ied.

niat zakat fitrah

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍَﻥْ ﺍُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْﺴِﻰْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Laki-laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak laki-lakiku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻨِّﻰْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُﻨِﻰْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Niat Zakat Fitrah untuk Orang yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Saat menerima zakat fitrah, seorang penerima disunnahkan mendoakan pemberi zakat dengan doa-doa yang baik. Doa bisa dilafalkan dengan bahasa apa pun. Di antara contoh doa tersebut adalah seperti di bawah ini:

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

“Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul “Tata Cara dan Niat Zakat Fitrah” Sekarang sudah paham kan mengenai Tata Cara Zakat Fitrah dan Niat Zakat Fitrah kalau tidak hafal tenang aja kalian juga bisa membawa bacaannya saat membayar Zakat dan biasanya panitia juga menyediakan bacaan niat zakat fitrah juga.

Jika ada kesalahan informasi dan penulisan pada artikel ini mohon untuk dimaafkan ya atau bisa kalian bantu koreksi dengan cara berkomentar dibawah, Namun jika artikel ini bermanfaat bagi semuanya tolong bagikan artikel ini ke sosial media atau grup WA, Terima kasih sudah berkunjung semoga amal ibadah puasa kita dapat diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sumber:

  • https://tausiyahislami.wordpress.com
  • http://www.nu.or.id
  • Tribunnews
  • Rappler
Summary
Review Date
Reviewed Item
Tata Cara dan Niat Zakat Fitrah
Author Rating
51star1star1star1star1star