niat sahur puasa ramadhan

Niat Sahur Puasa Ramadhan, Apakah Ada?

Posted on

Niat Sahur Puasa Ramadhan

Apakah ada?
Welcome to my blog

Halo para pengunjung blog helmirfansah.com, Marhaban ya ramadhan… Bulan suci ramadhan 1439H telah tiba, Sudah hari kedua kita menjalankan puasa tidak terasa lebaran tinggal 27 hari lagi hehe (pada saat artikel ini ditulis).

Pastinya jika kalian yang muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa ramadhan selama sebulan penuh… Maksudnya puasanya dari imsak sampai maghrib diulang sampai sebulan… Bukan kita yang puasa sebulan penuh, emang kuat? hehe.

Dan yang paling penting dari puasa ini adalah niat yang kalian ucapkan… Banyak sekali yang masih bingung dengan niat puasa ini…atau mungkin kalian lupa? Hadeh… Oke kali ini saya akan bantu.

Di Google Trend ada sebuah kata kunci “Niat Sahur Puasa Ramadhan” nah saya juga masih bingung dengan doa bacaan niat sahur puasa ramadhan, Apakah ada?

Bersumber dari berdakwah.net bahwasanya dalam kitab-kitab hadist, Tidak ada doa khusus ketika kita sahur puasa ramadhan. Yang ada hanyalah doa berpuasa dan doa berbuka puasa yang mungkin akan saya bagikan dibawah.

Dengan tidak adanya doa niat sahur puasa ramadhan, Oleh karena itu kita sebelum makan sahur baca doa makan seperti biasanya saja dan awali dengan bacaan basmalah.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

niat puasa ramadhan

Jika saat Sholat teraweh diakhir membaca doa sholat witir 3 rakaat di Masjid daerah saya selalu membaca doa niat puasa sehabis teraweh apakah didaerah kalian sama? Komen dibawah ya.

Jika sama seperti saya mungkin kalian tidak perlu lagi membaca niat puasa ramadhan setelah sahur, Namun jika berbeda kalian wajib membaca niat puasa ramadhan setelah sahur dengan bacaannya sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul “Niat Sahur Puasa Ramadhan, Apakah Ada?” kesimpulan dari artikel ini adalah kalian jika saat makan sahur bacalah doa sebelum makan terlebih dahulu dan untuk masalah niat sahur puasa ramadhan itu tidak ada atau tidak tercantum dalam kitab-kitab dan hadist.

Jika ada kesalahan informasi dan penulisan mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian koreksi kembali dengan cara komentar dibawah dengan sopan, Namun jika artikel saya ini sangat bermanfaat mohon bantuannya untuk membagikan artikel ini ke media sosial atau grup WA yang ada… Untuk membantu teman-teman kalian membaca artikel yang bermanfaat, Terima kasih sudah berkunjung.

Sumber:

  • berdakwah.net
Summary
Review Date
Reviewed Item
Niat Sahur Puasa Ramadhan, Apakah Ada?
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *