KEGUNAAN LOADBANK DI INDUSTRI

Posted on

Load-Bank

Generator sering disimpan untuk keperluan darurat. Sesuai sifatnya, keadaan darurat sering terjadi secara tak terduga, dan itulah sebabnya operasi dan fasilitas, khususnya yang ada di industri minyak dan gas atau industri jasa (misalnya, pusat data dan rumah sakit), memiliki generator di lokasi untuk keperluan siaga. Generator cadangan permanen atau portabel dapat memberi Anda ketenangan pikiran mengetahui Anda memiliki sumber daya yang andal untuk digunakan kembali.

Bila genset anda tidak berfungsi, maka bisa menimbulkan biaya yang mahal di berbagai bidang, dari biaya produksi hingga biaya nyawa manusia, ketika generator siaga gagal melakukan selama masa-masa darurat. Itu sebabnya sebagian besar operasi dan fasilitas memiliki rencana untuk keadaan darurat dan bencana – pengujian bank beban harus menjadi komponen dari rencana itu.

Pengujian bank beban generator dimaksudkan untuk memastikan sumber daya cadangan Anda tetap andal dan memberikan kinerja maksimal saat diperlukan.

Pengujian bank beban generator mengacu pada proses untuk menilai kemampuan generator, memverifikasi semua komponen genset berada dalam kondisi kerja yang optimal di bawah beban yang berbeda. Karena itu, generator siaga dan darurat tidak selalu berjalan secara teratur, jadi penting untuk menjalankan tes untuk memastikan mereka dapat menjalankan operasi atau fasilitas Anda pada peringkat kilowatt penuh.

  • Aturan standar (sesuai dengan pedoman pengujian NFPA ) adalah: melakukan tes bank beban pada generator yang tidak berjalan lebih dari 30% dari beban kW terukurnya (atau seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan).
  • Tujuan dari pengujian bank beban adalah: pastikan generator Anda mempertahankan tingkat tekanan dan suhu yang tepat sementara itu juga menghasilkan tenaga kuda optimal yang diperlukan untuk operasi atau fasilitas Anda.

Prosedur pengujian bank beban bekerja dengan menempatkan beban buatan atau tiruan pada generator. Pengujian diatur waktunya sesuai dengan standar industri dan kode peraturan. Beban secara bertahap meningkat. Mesin dan alternator direkam setiap saat. Penilaian data kemudian dilakukan. Satu-satunya peralatan yang diperlukan untuk melakukan tes adalah bank beban.

Bila anda tidak memiliki loadbank, anda dapat menyewa loadbank berkualitas. Mengingat pentingnya keberadaan loadbank tersebut, maka sebaiknya anda selalu menyediakannya di perusahaan anda atau menyewa di https://sewatama.com/id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *