i-ON Smart, Yang Muda Yang Berprestasi

Posted on

Hallo para netizen, Kali ini admin akan membahas tentang sebuah perkembangan atau inovasi teknologi. Tidak bisa di pungkiri kita hidup di era digital, Nah dengan adanya artikel saya ini semoga kalian sebagai pembaca bisa lebih melek dengan dunia teknologi agar semua dapat hidup dengan nyaman di era digital ini.

Seiring berkembangnya zaman kita sebagai generasi milenial akan semakin disibukkan bahkan kesibukan ini sampai tidak sempat untuk mengurus rumahnya sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua rumah memiliki peralatan/perangkat listrik yang bisa berjalan siang dan malam, Jika semua itu tidak ada….

… yang memanajemen pasti otomatis tagihan listrik bulanan akan melonjak. Yang malah membuat biaya bulanan semakin membengkak. Kesibukan kita apakah untuk membayar sebuah kerugian dalam bentuk kebutuhan sehari-hari yang dimana itu bisa diminimalisir?

Apalagi kalau misalnya kalian sedang berlibur ke luar Kota dan lampu depan rumah harus nyala pada waktu malam hari. Alhasil pasti kalian menyalakan lampu depan rumah secara terus menerus dari malam sampai malam lagi tidak ada yang mematikan karena rumah kalian kosong, Ya masa harus nyuruh tetangga? Itu mungkin sebuah masalah yang simpel namun efek buruknya akan datang belakangan.

Pernah nggak kalian melihat sebuah film yang menunjukkan beberapa adegan yang mencoba mengontrol semua peralatan listrik di rumahnya atau istilah kerennya bisa kita sebut dengan “Smart Home”, Percaya atau tidak di Indonesia juga ada lho sebuah produk yang membuat kita bisa mengontrol seluruh perangkat listrik yang tersambung dengan gadget atau smartphone. Gadget atau Smartphonemu jangan dibuat untuk sekedar browsing atau main-main saja, smartphone juga dapat bermanfaat untuk hal yang lebih bermanfaat seperti membuat inovasi terbaru yang memanfaatkan sebuah smartphone. Yang membuat semakin menarik inovasi produk ini dibuat oleh sekumpulan orang yang saat masih memiliki status sebagai mahasiswa WOW. Mereka membuat startup ini dari tahun lalu yang saya tahu sampai sekarang, Bagaimana mereka merintis sebuah bisnis startupnya? Sebelumnya apakah kalian tahu apa sih itu startup…. So cek dibawah ini.

Startup atau ejaan lainnya Start-up merupakan istilah dalam dunia bisnis yang mungkin hanya sebagian orang saja yang tau. Dan jika kamu belum tau tentang apa itu Startup mungkin sebentar lagi kamu akan tahu arti dari startup itu sendiri.

Dilansir dari sumber yang sangat terpercaya yaitu Wikipedia.org arti dari Startup adalah sebuah perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Perusahaan Startup ini merupakan perusahaan yang kebanyakan baru didirikan dan sedang berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Bisnis Startup lebih banyak identik dengan bisnis yang ada kaitannya dengan teknologi, web, internet dan semacamnya. Startup juga merupakan perusahaan yang fokus untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarnya dan solusi yang ….

…. kebanyakan para startup cari bukan merupakan solusi yang ada di depan mata. Yang definisi singkatnya bisnis Startup merupakan bisnis yang masih baru berkembang, Startup berkembang pesat pada akhir tahun 90an hingga sekarang.

Menurut sumber dari TechInAsia bahwa sebuah perusahaan startup memiliki beberapa karakteristik, Singkatnya antara lain: Usia perusahaan dibawah 3 Tahun, Jumlah pegawai kurang dari 20 orang.

Lalu, Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun, Masih dalam tahap berkembang, Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi, Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital, Biasanya beroperasi melalui website.

Dan yang akan kita bahas kali ini merupakan sebuah Startup yang dijalankan oleh anak kuliahan yang membuat produk tentang Smart Home, Penasaran dengan produk mereka? So langsung saja cek dibawah ini.

iON Smart Official Video

Inovasi baru dari sekumpulan mahasiswa Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) mampu menciptakan sebuah produk teknologi yang memudahkan kita untuk mengontrol pemanfaatan listrik rumah tangga dengan menggunakan ponsel pintar atau smartphone saja. Produk Inovasi sekumpulan mahasiswa itu dinamakan i-ON Smart yang secara singkatnya memiliki fungsi “Seluruh perangkat rumah dapat dikontrol dan diremote dalam 1 genggaman”

Sekumpulan mahasiswa PENS tersebut terdiri dari Asmara Nova Susanto mahasiswa semester VII jurusan Multimedia Broadcasting, Agus Prasetiyo mahasiswa semester V jurusan Informatika, Ishomudien jurusan Informatika, dan Viqi Firdaus yang saat itu baru lulus dari jurusan Informatika menjadi pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2016 Kategori Digital, Mereka merupakan Co-Founder dari i-ON Smart yang saat ini kita bahas.

Dari mana saya mengenal i-ON Smart? Saya sebagai penulis mengenal i-ON Smart dari Mas Asmara Susanto yang ternyata dia teman di Facebook. Saya berteman dengan Asmara Susanto karena kita memiliki hobi yang sama yaitu Blogging, Saya tau dia memiliki Blog juga dan menjadi salah satu guru saya sebagai penulis namun tidak pernah tanya langsung karena ia membagikan ilmunya langsung ke status facebook apalagi yang terbaru-baru ini dia membagikan sebuah prestasi yang dapat membuat inspirasi yaitu ia dengan usianya yang muda bersama teman-temannya dapat membuat produk startup nya. Selain itu Asmara Susanto juga sangat menyukai tentang Internet of Things (IoT yang membuat ia bisa mengimplementasikan teknologi IoT untuk produk i-ON Smart.

Internet of Things (IoT) merupakan istilah pada bidang teknologi yang sangat ramai sekali di perbincangkan, Akan tetapi istilah ini jarang sekali diketahui oleh orang awam bahkan yang menyukai dunia teknolgi.

Sampai saat ini belum ada definisi atau pengertian pasti dari Internet of Things itu sendiri namun secara garis singkat artinya merupakan benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet. Nah dari arti itu bisa kita simpulkan bahwa produk i-ON Smart ini merupakan produk yang memanfaatkan teknologi Internet of Things.

Adanya Internet of Things pertama kali diperkenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 saat ia berpresentasi. Dan kini banyak perusahaan besar pada bidang teknologi yang mendalami tentang Internet of Things ini.

Banyak yang mempredisikikan bahwa teknologi Internet of Things akan membawa pengaruh besar pada dunia teknologi informasi. Contoh teknologi IoT kecuali produk dari i-ON Smart ini mungkin bila kita berbicara ada sebuah kulkas yang bisa mengirimkan sebuah notifikasi tentang sisa makanan atau yang isi dari kulkas tersebut kosong dan kulkas bisa mengirimkan notifikasi bila pemiliki sedang menunggu membekunya es batu karena ia ingin membuat es atau semacamnya, Simpelnya seperti itu contoh dari produk IoT karena masih banyak lagi ide-ide potensial yang masih bisa dicari.

Asmara Nova Susanto
Asmara Nova Susanto

Chief Executive Officer (CEO)

Agus Prasetyo
Agus Prasetyo

Chief Technology Officer (CTO)

Viqi Firdaus
Viqi Firdaus

Chief Marketing Officer (CMO)

Ishomudien
Ishomudien

Chief Design Officer (CDO)

Seperti yang saya utarakan terkait masalah pemborosan listrik karena susah untuk manajemennya, Dengan bantuan dari i-ON Smart kita bisa lebih dimudahkan lagi. Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan pada i-ON Smart.

Arti nama produknya

Nama dari produknya itu memiliki arti yang bisa dibilang cukup simpel yaitu i yang berarti Internet karena produk ini bisa digunakan dengan Internet juga. Lalu ON merupakan device yang bisa mengkontrol ON dan OFF kan suatu peralatan. Dan kata terakhir adalah Smart mungkin alat ini sangat pintar sehingga bisa membantu sebuah memecahkan masalah.

Ide awal

Ide awal saat membangun produk i-ON Smart ini saat 2 tahun yang lalu saat ada proyek hardware dan software mereka memikirkan dengan trend IoT yang semakin tinggi dan kebutuhan pasar Smart Home semakin banyak dan produk Smart Home di Indonesia masih sangat mahal. Dan mereka berikir produk Indonesia belum ada yang benar-benar digunakan secara layak, Jadi sampai sekarang Smart Home masih memakai produknya Jerman ataupun Cina.

Tujuan didirikan i-ON Smart

Mereka melihat trend pasar saat ini atau kebutuhan masyarakat, Bahwasanya kasus penculikan dan perampokan meningkat menurut Kapolri, Dan mereka melihat bahwasannya mereka dapat mengambil potensi market tersebut, Dan mereka mulai membuat solusi tersebut. Karena itu i-ON Smart menguatkan salah satu fitur yaitu fitur securitynya.

Apa saja produk i-ON Smart

Jadi pertama i-ON Smart memproduksi untuk Gateway, Yang berfungsi untuk mengkontrol semua perangkat listrik di rumah. Kemudian ada juga saklar, Lalu lampu kemudian CCTV dan Door untuk pintunya yang bisa menutup dan membuka otomatis. Lalu pengembangan selanjutnya mereka akan melanjutkan otomasi dari pagar yang bisa otomatis membuka.

Proses produksi i-ON Smart

Untuk saat ini produksi i-ON Smart masih di produksi di PENSky dan kedepannya mereka akan memproduksi di vendor gambarannya mereka membuat contoh hardware dan vendor yang memproduksi.

Sasaran konsumen

Untuk sasaran konsumen mereka memastikan untuk personal yaitu pengguna rumah personal atau perumahan. Kedepannya mereka memasarkan untuk menyewakan produk Smart Homenya. Selain personal perumahan mereka juga menyasar para developer properti dan para bisnis travel yang memilki bisnis penginapan.

Asmara Susanto sudah mengalawi dunia usaha sudah cukup lama dan dari SD ia sudah membuka tukang ketik warnet sampai aktif di warnet sebagai Operator. Dan waktu SMK ia membuka usaha bersama teman-temannya di bidang Internet Marketing yaitu dasar pemrograman website dan SEO (Search Engine Optimization). Setelah SMK ia kuliah dan Asmara Susanto dan teman-temannya memikirkan sudah waktunya mereka menciptakan yang bukan hanya dianggap startup lagi tetapi sudah sebuah perusahaan besar.

Apa saja kendala yang dihadapi?

Menurut Asmara Susanto kendala yang selain waktu ia menceritakan i-ON Smart sendiri mereka mengambil ide dari segi kebutuhan pasar yang mengharuskan mereka untuk membuatkan, Jadi bukan mereka yang membuatkan teknologi untuk pasar dan mereka membutuhkan waktu untuk survei saja dan itu sangat kurang. Dan mereka hanya bisa mengkritkan fakta yang ada di Internet.

Respon konsumen

Menurut perkataan dari mas Asmara Susanto bahwa banyak yang merespon positif dan terbantu sekali dengan produk i-ON Smart yang dapat mengkontrol peralatan listrik dari jarak jauh, tetapi masih ada yang kebingungan dari segi kontrol otomatisnya apabila lampu mati.

Strategi pemasaran

Menurut Viqi Firdaus sebagai CMO bahwa i-ON Smart banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan mulai dari Onlin sampai Offline dan mereka mengikuti beberapa kompetisi Startup atau bisnis. Dan kedua bentuk marketing mereka merupakan menjadi juara dari berbagai lomba, Dan marketing offline sendiri mereka juga mendatangi berbagai developer dan presentasi produk secara langsung.

Persaingan usaha bidang ini?

Secara keseluruhan persaingan pasti ada, Jika kita memiliki ide pasti ada orang lain yang memiliki ide yang sama. Namun dari i-ON Smart memiliki perbedaan dari kompetitornya mulai dari harga dan bentuk barangnya lebih portable dan fitur yang diberikan lebih banyak membuat perbedaan itu menjadi kelebihan.

Prestasi i-ON Smart

Ion Smart telah berhasil mendapat penghargaan dan pendanaan sebagai Juara 1 Kategori Digital melalui program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) yang diselenggarakan PT Bank Mandiri Tbk mengalahkan 5.064 peserta lain. Lalu Juara 1 kompetisi di Semarang.

Prestasi mereka semua berkat kerja keras mereka membangun dan mengembangkan produk i-ON Smart yang sekarang memiliki banyak fitur, Untuk detail fiturnya dapat kalian lihat dibawah ini:

Online dan Offline Bisa

Ketika internet di rumah anda sedang mati, perangkat i-ON Smart tetap bisa digunakan 

Privasi Aman

Semua data yang tersimpan pada server kami terjaga keamananya.

Sampai 200 Perangkat

Smart Gateway bisa terkoneksi dan mengontrol ke 200 produk smart home

Analisa Energi

Memberikan laporan lengkap penggunaan daya setiap perangkat dan membantu melakukan analisa dan saran untuk melakukan penghematan tagihan listrik bulanan.

Schedule

Lakukan schedule semua perangkat dengan mudah, tanpa perlu lagi anda melakukan kontrolling setiap hari.

+

Mode Hybrid

Ketika smartphone anda mati, anda tetap bisa mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat secara langsung dengan tombol on/off pada setiap device

Untuk saat ini fitur yang ada di produk i-ON Smart saat ini masih total ada 6 seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun selain itu Asmara Susanto dan teman-temannya masih mengembangkan beberapa fitur lagi yang akan ada pada produk mereka yaitu fitur CCTV Camera dan Door Security. Kedua fitur yang dikembangkan tersebut merupakan bagian dari sistem pengamanan rumah terhadap sesuatu hal yang bisa saja terjadi.

Seperti fitur CCTV Camera yang diharapkan bisa meningkatkan sistem keamanan rumah, Misalnya terdapat sebuah aktifitas atau pergerakan mencurigakan di area rumah. Maka CCTV akan segera mengcapture atau mengambil gambar aktifitas mencurigakan tersebut dan apabila yang punya rumah mengenali (misalnya orang tua atau saudara) maka bisa klik “ignored” yang ada di layar smartphone. Jika bukan orang yang dikenal maka pengguna bisa klik “lapor” dan fitur ini bisa dikirim ke laporan polisi terdekat rumahnya, Dan sebelumnya juga pengguna dan polisi sudah berkordinasi. Dan fitur CCTV i-ON Smart akan ditambah agar bisa mengkonek semua brand CCTV.

Fitur kedua yaitu Door Security merupakan sebuah fitur keamanan yang memasang sensor pada pintu rumah pengguna. Untuk membukanya kita hanya cukup menggunakan aplikasi i-ON Smart saja dan jika ada sebuah pembukaan paksa maka akan ada laporan masuk ke HP pengguna.

Fitur ini semua bisa digunakan menggunakan aplikasi di smartphone saja, Untuk tampilan dari aplikasinya coba kalian lihat dibawah ini.

Jadi jika kalian melakukan pembelian i-ON Smart apa yang akan kalian dapatkan?

Seperti yang terlihat pada gambar box i-ON Smart yang saya dapatkan dari Asmara Susanto ini yang akan kita dapatkan antara lain:

1. Perangkat smart gateway (1 pcs)
2. Perangkat smart plug (2 pcs)
3. Charger untuk smart gateway (1 pcs)
4. Kabel LAN 1 meter – internet upto 100MB (1 pcs)
5. User manual dan kartu garansi
6. Invoice pembayaran

Box yang memiliki gaya modern ini memiliki ketertarikan tersendiri dalam membelinya, apakah kalian merasakan hal yang sama saat melihat desain box i-ON Smart?

Harga dari i-ON Smart ini sangat terjangkau sekali kalau bisa dibandingkan dengan produk serupa atau dengan produk kompetitornya apalagi ini produk anak bangsa wajib kita dukung dan aprsesiasi inovasinya.

i-ON Smart yang merupakan inovasi dari anak PENS, Karena itu semuanya tidak lepas dari kegiatan inkubator bisnis di lingkungan kampus. Seperti PENSky Venture menjadi wadah bimbingan dan pengembangan kewirausahaan yang juga melibatkan warga lingkungan sekitar.

Para mahasiswa bisa mengikuti workshop yang diadakan setiap satu bulan sekali. Para mahasiswa dibiasakan untuk mandiri dan bebas berkarya setiap …

… proyeknya. Di dukung dengan mentor handal dari luar maupun dalam kampus untuk mempertajam ide mahasiswa.

Asmara dan tim berharap dapat menyelenggarakan riset yang bisa mengembangkan lebih banyak model untuk pengontrolan pemanfaatan listrik ataupun sumber daya energi lainnya.

Berkat lingkungan yang kondusif, para mahasiswa PENS sudah bisa mencoba membangun usaha dengan modal sendiri sejak semester III.

“Kami juga mendapat dukungan yang sangat baik, mulai dari ketersediaan laboratorium hingga co-working space, yang dengannya kami terekspos dengan jejaring yang luas dari industri dan pihak terkait lainnya,” ujar Asmara Nova Susanto.

Dari cerita singkat mengenai perjalanan sebuah startup dari Mas Asmara Susanto dan teman-temannya ini membuat saya terinspirasi dengan kerja keras tim yang solid dalam menciptakan ide dan inovasi dan berhasil merealisasikan sampai berprestasi.

Ide dan inovasi tersebut tidak hanya menjadi buku tugas akhir. Tetapi bisa membanggakan diri sendiri tentunya ya pasti dan orang tua baik kandung maupun orang tua di lingkungan dia menjalani pendidikan.

Saya membuat sebuah postingan mengenai i-ON Smart buatan Asmara Susanto dan teman-temannya ini sudah ada izin dari Mas Asmara Susanto jadi tidak ada masalah sedikitpun untuk membuat artikel ini, Terima kasih Mas Asmara Susanto dan Mas Viqi Firdaus dan teman-teman i-ON Smart lainnya semoga i-ON Smart lebih berkembang lagi banyak pembelinya setiap hari, Timnya lebih solid dan membuat anak-anak Indonesia yang lainnya menjadi terinspirasi.

Jadi membuat startup atau usaha bisnis merupakan sebuah aktifitas yang diharuskan untuk memanajemen sesuatu yang tidak bisa di atur. Yang membuat potensi untung ruginya tidak bisa di pikirkan, Namun jika kalian bekerja keras untuk terus mengembangkan startup pasti lebih banyak untungnya dan tidak mau berhenti untuk mencari pengalaman karena serunya berbisnis disitu. Dan buatlah bisnis yang produknya dibutuhkan dan dicintai oleh masyarakat, Lakukan survei seperti tanya jawab tentang sebuah masalah yang hadir di masyarakat agar dapat lebih mudah memunculkan ide-ide.

Mungkin bila artikel ini ada kesalahan mohon untuk dimaafkan dan apabila artikel ini bermanfaat dan dapat membuat kalian terinspirasi untuk membangun sebuah startup, Coba bagikan artikel ini ke teman-temanmu dan ajak mereka untuk mulai membangun ide dan inovasi baru untuk memecahkan sebuah masalah yang terjadi pada sekitarmu.

“Sebagai informasi saja tulisan ini diikutsertakan dalam Blog&Vlog Competition My Republic #StartupLyfe #DWVlogCompetition #MyRepublicIndonesia #DWBlogCompetition
Terima kasih sudah berkunjung. “

Sumber Referensi:

  • https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya
  • https://www.youtube.com/channel/UCCAZtat1PQAXvyqN2x9EwXg (Channel Asmara Susanto)
  • https://www.instagram.com/asmarasusanto/
  • http://himit.pens.ac.id/blog/post/2017/09/03/i-on-smart-for-smart-home.html
  • http://www.anakteknik.com/2017/07/i-on-smart-home-teknologi-kendali-rumah.html
  • https://www.kreasitekno.com/i-on-smart-controller-smarthome/
  • http://edukasi.kompas.com/read/2017/12/22/09122021/ponsel-jadi-alat-atur-hemat-listrik-di-tangan-mahasiswa-politeknik
  • https://teknojurnal.com/definisi-internet-of-things/

2 thoughts on “i-ON Smart, Yang Muda Yang Berprestasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *