Cara Upgrade Android Untuk Mendapatkan Versi Terbaru

Cara Upgrade Android Untuk Mendapatkan Versi Terbaru

Posted on

Jika anda pengguna smartphone yang berbasis android, pastinya anda sudah mengetahui bahwa android sudah beberapa kali melakukan upgrade sistem untuk menawarkan fitur-fitur terbaru. Beberapa jenis sistem operasi yang ada di android adalah Android Nougat, Marshmallow, Lallipop, Kitkat, Jelly Bean dan yang terbaru adalah Oreo.

Pastinya setiap pengguna android menginginkan untuk mengupgrade androidnya ke sistem operasi yang terbaru. Namun, tidak banyak masyarakat yang mengetahui cara untuk mengupgrade OS ke versi terbaru. Oleh karena itu di sini kami akan menyelesaikan masalah anda, dengan memberikan beberapa cara untuk mengupgrade OS yang ada di android anda. Simak dengan baik ya, agar anda tidak melakukan kesalahan saat mengupgrade ponsel anda.

Cara Upgrade Android Menggunakan Komputer

Cara Upgrade Android Untuk Mendapatkan Versi Terbaru

Yang pertama, kami akan memberikan cara upgrade android melalui computer. Simak dengan baik beberapa cara untuk mngupgrade menggunakan computer. Perhatikan setiap langkah-langkahnya dengan baik. Berikut cara mengupgrade ponsel anda menggunakan computer :

  • Yang pertama anda harus mengecek terlebih dahulu melalui webside resmi android yang anda miliki. Setelah anda berada padda webside tersebut klik support atau halaman dukungan serta halaman download. Biasanya saat berada di webside tersebut anda harus mengisi informasi mengenai smartphone android anda. Tujuannya untuk mengakses pembaruan sistem operasi yang terbaru.
  • Jika anda sudah dapat mengakses sistem operasi terbaru, kemudian install software device management. Nama dan fungsi di setiap perangkat bervariasi tergantung dengan produsen masing-masing. Seperti perangkat lunak Samsung di sebut Kies dan Motorola disebut MDM dan banyak pula perangkat lunak lainnya.
  • Setelah anda sudah menginstall, kembali lagi ke situs resmi android anda. Lalu menuju ke halaman support dan download lagi.
  • Cari pembaruan yang tersedia di halaman tersebut. Nanti file pembaruan bisa anda download dan install menggunakan software device management yang sebelumnya sudah anda download.
  • Kemudian, humbungkan prangkat android anda dengan computer, menggunakan kabel data yang anda miliki. Setelah tersambung, buka software device management.
  • Cari perintah update yang biasanya terletak di bagian tab atau menu drop-down yang ada di bagian atas.
  • Terakhir, klik perintah update. Setelah itu proses update akan di mulai. Ikuti saja petunggu yang ada di layer sampai proses update selesai.

Itulah cara upgrade android menggunakan lomputer. Apakah anda sudah paham dan ingin mencobanya? Namun, jika anda masih bingung kami masih mempunyai cara lain untuk mengupgrade smartphone anda ke OS yang terbaru. Yaitu dengan cara Rooting ROM yang akan kami jelaskan setiap langkahnya di bawah ini :

Cara Upgrade Andoid dengan Cara Rooting ROM

Selanjutnya kami akan memberikan cara berikutnya, yaitu upgrade anfroid dengan cara rooting ROM. Namun terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan jika menggunakan cara yang satu ini. Berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

  • Backup terlebih dahulu file-file yang terdapat di perangkat android anda. Hal ini untuk menghidari kehilangan file-file yang ada di android anda.
  • Rooting yang terdapat di android mempunyai jenis yang berbeda-beda satu sama lain
  • Melakukan rooting pada ponsel atau android yang tidak di dukung oleh produsen pembuat ponsel tersebut, dapat membatalkan garansi perangkat android anda.

Setelah anda sudah memahami hal-hal penting di atas, maka anda dapat memulai untuk mengupgrade smartphone anda dengan cara rooting ROM. Berikut langkah-langkah yang harus anda perhatikan :

  • Searching atau cari terlebih dahulu software root yang akan anda gunakan di ponsel anda melalui PC atau laptop anda. Cari sesuai dengan model smartphone android yang anda miliki.
  • Setelah mendapatkan software yang cocok, download software tersebut dan ikuti petunjuk di layer kemudian install software rooting di PC anda.
  • Hubungkan smartphone android ke PC atau laptop anda dengan menggunakan kabel USB yang anda miliki.
  • Mulai proses rooting, dengan cara membuka software rooting yang sudah anda download. Ikuti semua petunjuk yang ada sampai proses selesai.
  • Jika prangkat lunak yang anda gunakan tidak memberikan instruksi, anda dapat mencari atau searching tutorial rooting yang cocok untuk android anda. Karena setiap android mempunyai cara yang berbeda-beda.
  • Setelah selesai melakukan rooting, selanjutnya anda dapat merestart smartphone android anda. Sekarang perangkat android anda sudah menjalankan sistem operasi atau OS terbaru.

Itulah beberapa cara upgrade android yang bisa Anda coba. Pastikan anda memperhatikan proses di setiap langkah-langkahnya. Agar tidak terjadi kesalahan pada proses upgrading pada posel anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantuk anda dalam melakukan upgrade android anda. Jika anda kurang mengerti anda dapat melihat beberapa tutorial secara langsung yang banyak tersedia di Youtube.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Upgrade Android Untuk Mendapatkan Versi Terbaru
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *