Rahasia Terkini Cara Share Lokasi di Whatsapp yang Wajib Kamu Tahu

[Terkini] Cara Share Lokasi di Whatsapp yang Wajib Kamu Tahu

Posted on

Rahasia Terkini Cara Share Lokasi di Whatsapp yang Wajib Kamu Tahu

Rahasia Terkini Cara Share Lokasi di Whatsapp yang Wajib Kamu Tahu – Halo selamat datang di blog helmirfansah.com, media sosial yang sekarang ini tengah ramai diperbincangkan dan menjadi top used oleh masyarakat adalah Whatsapp (WA). Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan baik lewat tulisan, gambar, maupun video.

Seiring dengan pengembangan yang dilakukan oleh pihak developer, whatsapp (WA) kini telah memiliki banyak fitur yang menarik dan canggih salah satunya adalah share lokasi. Untuk anda yang baru mengenai istilah ini, mari kita simak terlebih dahulu apa itu share lokasi melalui whatsapp dan bagaimana caranya melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu Share Lokasi di Whatsapp?

Sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan pada saat ini, whatsapp tak henti-hentinya untuk terus berinovasi dengan meluncurkan banyak fitur yang bermanfaat dan menarik. Salah satu fitur yang dirasa memiliki manfaat yang begitu besar untuk penggunanya adalah share lokasi (share lock).

Share lokasi merupakan fitur dari whatsapp yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui lokasi keberadaan dari smartphone yang anda gunakan. Biasanya share lokasi digunakan untuk menunjukan sebuah tempat atau keberadaan dari pengguna yang ditujukan kepada pengguna lainnya.

Untuk menggunakan fitur yang satu ini anda diwajibkan untuk memiliki jaringan internet yang cukup lancar untuk mengaktifkan sistem lokasi di smartphone yang digunakan.

Cara Share Lokasi di Whatapp

  • Aktfikan GPS

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menggunakan fitur share lokasi di whatsapp adalah dengan mengaktifkan GPS di smartphone yang anda gunakan. Untuk mengaktifkan GPS, anda diwajibkan untuk memiliki jaringan internet yang lancar terlebih dahulu. Maka dari itu, pastikan handphone yang digunakan tersambung dengan wifi atau data internet

  • Buka Aplikasi Whatsapp

Setelah GPS telah dipastikan aktif, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi whatsapp.

  • Mulai Pesan Baru

Mulai pesan baru kepada kontak yang ingin anda tuju. Setelah itu, lihat bagian bawah, kemudian klik ikon paper clip. Setelah diklik, berbagai pilihan menu akan muncul seperti pesan berupa dokumen, gambar dari kamera atau galer, audio, kontak, dan yang terakhir adalah lokasi.

  • Klik Ikon Lokasi

Setelah mengklik ikon lokasi, kemudian akan muncul map yang menunjukan posisi dari keberadaan anda saat ini. Terdapat dua pilihan yaitu mengirimkan posisi anda pada saat ini dan live location atau real location. Kemudian klik tombol bagikan lokasi terkini. Anda juga dapat memilih waktu share lokasi dari pilihan yang telah disediakan mulai dari 15 mneit, 1 jam, hingga 8 jam.

  • Klik tombol kirim

Setelah memastikan setingan lokasi yang akan anda kirimkan dirasa benar, kemudian klik tombol kirim.

Setelah mengirimkan lokasi anda kepada kontak yang dituju, maka orang tersebut akan menerima link berisi map yang menunjukan posisi anda. Karena fitur GPS telah diaktifkan, meskipun anda telah berpindah tempat menuju lokasi lain, maka orang tersebut tetap dapat melihat lokasi terkini anda.

Tak hanya untuk mengirim lokasi, anda juga dapat menerima lokasi yang dikirimkan oleh orang lain. Serupa dengan waktu mengirim lokasi, anda juga akan menerima link yang berisi posisi keberadaan orang lain dalam bentuk map.

Satu saran bagi anda yang ingin berbagi lokasi dengan orang lain adalah dengan memilih fitur live location pada ikon location. Pasalnya fitur yang satu ini mampu memberikan informasi secara real di mana posisi anda berada meskipun telah berpindah-pndah tempat.

Sebenarnya ftur live location ini teah diadopsi terlebih dahulu oleh Google sebagai layanan peta digital Maps. Selalu berimprovisasi, beberapa waktu kemudian whatsapp mulai melirik fitur yang satu ini untuk menjadi salah satu keunggulannya. Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna whatsapp yang cukup besar, mendapatkan kesempatan untuk menerima perilisan fitur live location terlebih dahulu dibandingkan dengan negara lain.

Keunggulan lain dari fitur yang satu ini yaitu tak hanya dapat digunakan untuk tujuan perseorangan saja melainkan untuk chat grup juga. Jadi setiap anggota atau member dari grup dapat melihat posisi real time anda pada saat itu.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara share lokasi di whatsapp yang dapat anda coba. Jika ada kesalahan baik dalam informasi atau penulisan mohon untuk dimaafkan, Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan cantumkan pada kolom komentar, Terakhir semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Summary
Review Date
Reviewed Item
[Terkini] Cara Share Lokasi di Whatsapp yang Wajib Kamu Tahu
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *