Cara Praktis Mengelupas Wallpaper Dari Dinding Ruangan

Cara Praktis Mengelupas Wallpaper Dari Dinding Ruangan

Posted on

Cara Praktis Mengelupas Wallpaper Dari Dinding Ruangan

Menggunakan wallpaper untuk melapisi dinding rumah memang dapat membuat tampilan rumah lebih indah dan menyenangkan. Namun sayangnya, setelah beberapa waktu, wallpaper yang cantik pun akan terlihat kusam dan mulai mengelupas di beberapa bagian. Jika demikian kondisinya, tentu sudah saatnya Anda mengganti wallpaper lama dengan yang baru.

Mengelupas wallpaper dari dinding ruangan ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Tergantung pada kualitas wallpaper, ukuran hingga lamanya wallpaper digunakan. Tak heran jika waktu pengelupasan pun beragam. Ada yang butuh waktu hanya 1 jam, namun ada juga yang seharian.

Nah, berikut ini akan dijelaskan cara praktis mengelupas wallpaper dalam waktu singkat yang mungkin bisa Anda praktekkan di rumah.

1. Cek kondisi wallpaper

Pertama-tama cek kondisi wallpaper Anda. Wallpaper yang belum lama tertempel di dinding, lebih mudah dikelupas. Coba cek dengan mencungkil bagian tepi wallpaper menggunakan pisau. Kemudian, coba tarik seluruh bagian wallpaper sekaligus. Jika terlalu lengket dan tak mudah lepas, gunakan cara lain, seperti berikut.

2. Sebelum mulai mengelupas wallpaper, siapkan terlebih dahulu alat-alat seperti :

• Sarung tangan karet dan masker wajah

• Pisau dempul

• Kain untuk penadah kotoran di lantai

• Steamer

• Larutan kimia untuk menghapus cat dinding (masukkan dalam botol spray)

• Sticker bening

3. Langkah-langkah mengelupas wallpaper

• Lapisi lantai dengan kain penadah kotoran agar lantai aman dari tetesan lem, debu atau air saat proses pengelupasan

• Lepaskan semua hiasan dinding seperti pigura foto, hiasan gantung dan sebagainya

• Cungkil bagian ujung wallpaper, lalu kelupas perlahan-lahan. Jika sulit dilepaskan, semprot bagian itu menggunakan larutan kimia dalam botol spray. Diamkan sebentar, lalu tarik perlahan-lahan

• Jika ternyata wallpaper tersebut masih juga sulit dikelupas, gunakan steamer

• Uapi dinding menggunakan steamer hingga lem berkurang daya rekatnya. Jangan lupa untuk membuka jendela pada saat Anda menggunakan steamer agar uap tidak berputar dalam ruangan

• Gunakan sarung tangan saat melakukan proses steamer. Uapi wallpaper dengan waktu yang tidak terlalu lama yaitu sekitar 1 menit saja.

• Ketika wallpaper sudah mulai terlepas, gunakan pisau dempul untuk membukanya secara perlahan-lahan.

Beberapa cara diatas adalah cara praktis untuk mengelupas wallpaper dari dinding rumah Anda. Pastikan dinding bebas dari sisa-sisa wallpaper atau lem yang menempel sebelum Anda menggantinya dengan wallpaper baru. Berbicara wallpaper baru, anda dapat memilih distributor wallpaper di Indotrading.com karena di portal direktori terbesar di Indonesia ini terdapat ratusan supplier wallpaper. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari supplier maupun distributor. Anda juga dapat menggunakan fitur RFQ atau permintaan penawaran untuk mendapatkan harga terbaik.

Bagaimana? Cukup mudah kan? Selamat mencoba!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Cara Praktis Mengelupas Wallpaper Dari Dinding Ruangan
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *