Cara Modifikasi Honda Jazz Jadi Lebih Keren

Posted on

Cara Modifikasi Honda Jazz Jadi Lebih Keren

Mendengar nama Honda Jazz, pastinya identik dengan hatchback favorit anak muda. Tampilannya yang keren dan sporty memang begitu menarik perhatian sehingga tak jarang banyak dari penggunanya melakukan modifikasi Honda Jazz kesayangannya agar semakin oke.

Nah, kira – kira, apa saja cara modifikasi mobil Honda Jazz yang bisa membuatnya tampil lebih keren lagi? Simak rangkumannya di bawah ini

Mengganti Velg

Banyak pengguna Honda Jazz yang lakukan modifikasi mobil mereka dengan cara mengganti velg bawaannya. Sebelum mengganti velg, perlu dipahami dulu soal fitment velg mobil yang tepat, mulai dari ukuran diameter dan lebar velg. Kemudian penting juga untuk mengetahui soal center bore, offset dan kombinasi dari sejumlah elemen tersebut akan membuat velg lebih pas dan tampilannya makin keren.

Memakai Lowering Kit

Setelah mengganti velg, biasanya para penggemar otomotif ingin modifikasi mobil mereka jadi lebih pendek. Velg yang sudah diganti biasanya punya jarak yang jauh dengan fender sehingga agar mempermanis tampilannya, banyak yang melakukan potong per. Selain potong per, apabila memiliki budget lebih besar, bisa juga dengan memakai lowering kit.

Lowering kit sendiri akan membuat mobil lebih pendek dari standarnya dengan ketentuan yang tentunya aman. Merek lowering kit ini bermacam – macam, misalnya ada dari Eibach, Tein, H&R ataupun Triple S. Dengan memakai lowering kit, selain lebih pendek mobil akan bersifat plug and play.

Selain memakai lowering kit, per coilover termasuk salah satu favorit di kalangan pecinta Honda Jazz terutama karena dapat diatur tingkat ketinggian dan keempukannya. Untuk urusan harga memperpendek mobil cukup bervariasi tergantung per yang dipakai dan biasanya dimulai dari 2 jutaan.

Menambah Bodykit

Selanjutnya dalam modifikasi mobil Honda Jazz, para penggemar otomotif bisa memasangkan tambahan bodykit. Bodykit biasanya dipasang menyesuaikan aliran modifikasi mobil masing – masing, misalnya bodykit dengan tema elegan ataupun racing.

Beberapa bodykit popular yang banyak dipilih pemilik Honda Jazz adalah Spoon, Mugen, Noblesse, JS Racing, Modulo maupun biasanya mereka meng-upgrade ke varian Honda Jazz tertinggi, yaitu RS. Kembali lagi setiap pemilik mobil Jazz biasanya memilih bodykit yang berbeda karena menyesuaikan konsep modifikasi yang diusung.

Mengganti Kaliper

Pemilik Honda Jazz sangat suka melaju dengan gesit di jalanan. Untuk menambah performanya, modifikasi mobil melalui penggantian kaliper sering dilakukan pengguna Jazz. Mengganti kaliper rem asli biasanya dengan model big brake kit (BBK) atau kaliper dengan ukuran lebih besar. Tujuan mengganti kaliper ini sendiri adalah agar pengereman jadi lebih pakem. Harga BBK pun tergolong tidak murah, karena berkisar di angka 10 jutaan bahkan bisa mencapai 100 jutaan tergantung tipe dan merek.

Mengganti Knalpot

Komponen satu ini yang paling sering jadi bahan modifikasi mobil khususnya di kalangan pengguna Honda Jazz. Biasanya para pemilik Jazz mengganti knalpot mereka agar suaranya jadi lebih garang. Knalpot yang digunakan pun bervariasi, misalnya ada yang suaranya bass bulat ataupun dibuat lebih kalem seperti suara mobil Eropa.

Mengganti Setir

Selain tampilan eksterior, interiornya pun tak ketinggalan untuk dimodifikasi agar makin keren. Setir yang seringkali digunakan untuk memperkuat modifikasi mobil Jazz bermacam – macam, misalnya ada yang memakai motif kayu, model racing, ataupun mengganti setir dengan model desain stir mobil lain.

Mengganti Audio

Satu lagi yang wajib dalam modifikasi mobil Jazz adalah dari sektor audio. Audio dalam mobil sangatlah mendukung kenyamanan dan memanjakan pemilik mobil ketika berkendara. Modifikasi audio sendiri terbilang lumayan mahal karena dapat mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta.

Aliran modifikasi audio yang sedang jadi tren adalah OEM Look, yakni audio dibuat seminimal mungkin namun sebenarnya komponen audionya memakai kualitas terbaik. Tampilan interior pun tetap terlihat simpel, bersih, tetapi punya suara audio yang mengagetkan jika mendengarkan musik.

Demikianlah beberapa cara modifikasi mobil Honda Jazz yang bisa dilakukan. Meski modifikasi mobil membuat tampilannya jadi lebih keren, penting untuk selalu mempertimbangkan aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *