Begini Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Kembali

Posted on

Begini Cara Mengatasi HP Lemot Agar Ngebut Kembali

Kebutuhan masyarakat saat ini lebih banyak memanfaatkan media digital, salah satunya HP Android. Namun, apa jadinya jika HP milik Anda tiba-tiba menjadi lemot atau bahkan hang (macet)? Tentu saja akan sangat merepotkan, dan membuat segala aktivitas dan kebutuhan digital menjadi terkendala.

Apabila Anda menghadapi situasi tersebut, yang perlu dilakukan adalah mencari cara untuk mengatasi HP lemot agar ngebut kembali dengan cepat. Anda bisa mencari sumbernya di berbagai media, seperti beberapa penjelasan pada poin di bawah ini.

5 Cara Mengatasi HP Lemot

Sebenarnya ada banyak hal atau cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi HP lemot. Nah, di sini akan ditunjukkan 6 langkah mudah mengatasi HP lemot yang bisa dilakukan semua orang. Simaklah dengan baik poin-poin berikut ini.

  1. Ketahui Penyebab dan Masalahnya

Hal pertama yang sangat penting, dan perlu diketahui oleh semua orang adalah tentang penyebab yang menjadi masalah pada HP Android. Sebuah perangkat tentunya tidak akan mengalami kerusakan atau kemacetan secara tiba-tiba. Oleh karena itu, mendeteksi masalah awal sangat penting untuk Anda lakukan. Ada berbagai penyebab yang membuat HP menjadi lemot, di antaranya adalah,

  • Kapasitas RAM HP sedikit, sedangkan jumlah aplikasi yang diinstall di perangkat cukup banyak dan melebihi kapasitas RAM.
  • Banyaknya aplikasi yang dioperasikan secara bersamaan sehingga membuat kapasitas RAM cepat berkurang.
  • Terkena virus juga bisa menyebabkan perangkat Android menjadi lemot, bahkan macet. Oleh karena itu, pasanglah anti virus yang sesuai dengan kapasitas di perangkat Anda.
  • Banyaknya cache atau file sampah yang tidak berguna, biasanya muncul dalam jumlah besar setelah Anda mengoperasikan berbagai aplikasi. Anda bisa menghapus chace secara rutin saat penuh.
  1. Pasang 1 Antivirus Saja

Memasang antivirus memang penting untuk melindungi semua perangkat, termasuk HP Android dari serangan virus berbahaya yang dapat merusak sistem operasi. Namun, apabila Anda memasang dua antivirus tanpa memperhatikan kapasitas memori dan kesesuaian perangkat dengan aplikasi antivirus, maka akan berpotensi menyebabkan HP menjadi lemot.

Jadi, cukup pasang 1 aplikasi antivirus saja, pilihlah yang benar-benar cocok dan sesuai untuk perangkat.

  1. Manfaatkan Fitur Auto Kill

Salah satu penyebab Hp Android lemot karena seringnya mengoperasikan multitasking. Anda mungkin sudah biasa mengetahui ataumenemukan aplikasi yang sedang aktif di menu Recent Apps. Jika aplikasi tersebut banyak yang aktif, maka tidak heran HP menjadi lemot.

Anda bisa mencegah sistem aktif otomatis di Recent Apps dengan menggunakan fitur menarik dari Auto Kill. Fitur ini membuat aplikasi yang Anda pilih tidak dapat berjalan, tetapi masih bisa dioperasikan sehingga HP tidak akan lemot lagi.

  1. Update Perangkat di HP Android

Ada salah satu penyebab yang seringkali terjadi di perangkat Android, yakni sistem operasi yang tidak diperbarui bahkan ada peringatan berkali-kali yang muncul dan meminta Anda untuk memperbaruinya. Jika perangkat di HP terlalu lama digunakan namun tidak pernah menjalankan update atau pembaruan, maka perangkat Anda akan menjadi lemot.

Cara mengatasinya cukup mudah, hanya dengan mengikuti langkah yang telah muncul dan diperintahkan di layar HP untuk mengupdate, dan sebaiknya gunakanlah jaringan WiFi agar terhindar dari masalah sambungan selama mengupdate. Tunggu hingga prosesnya selesai, biasanya aka nada pemberitahuan tentang aplikasi sistem yang perlu Anda perbarui.

Selain mengupdate sistem operasi di perangkat HP, Anda biasanya akan menemukan pemberitahuan untuk memperbarui aplikasi. Jika Anda ingin memperbarui agar performanya meningkat, persiapkanlah kapasitas memori yang cukup besar agar selama proses berjalan tidak terdapat masalah yang menghambat proses update.

  1. Uninstall Aplikasi yang Tidak Dipakai

Memiliki rasa penasaran terhadap beberapa aplikasi yang muncul dalam iklan tentu banyak dimiliki oleh semua pengguna Android. Bahkan Anda pun bisa menginstall aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan sehingga hal tersebut menyebabkan kapasitas memori RAM menjadi semakin penuh.

Cara mengatasinya, Anda hanya perlu menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting untuk dipakai. Sebelum menginstall sebuah aplikasi sebaiknya pertimbangkanlah dulu kegunaan dan manfaatnya bagi Anda.

Itu dia beberapa cara mengatasi HP lemot yang dapat Anda coba lakukan. Semoga bermanfaat, terimakasih.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *