Asus Vivobook Pro, Laptop Kerja Performa Gaming

Posted on

Asus Vivobook Pro

Laptop Kerja, Performa Gaming
ASUS VivoBook Pro N580VD
Welcome to my blog
Halo para netizen ??, Laptop kerja merupakan laptop yang di desain khusus bagi para pekerja, Apalagi pekerja kantoran… Laptop merupakan sebuah benda wajib yang harus dipunyai, Dikarenakan sebagian besar pekerjaan bisa dikerjakan di Laptop selain itu karena Laptop bisa dibawa kemana-mana karena mobilitasnya yang tinggi. Tetapi seiring berkembangnya zaman Laptop Kerja semakin memiliki fungsi yang beragam dan bisa di manfaatkan bukan hanya untuk pekerja kantoran saja, Di zaman ini sudah banyak pekerjaan baru yang muncul yang diakibatkan oleh berkembangnya fungsi Internet bagi kehidupan manusia. Misalnya ada 2 pekerjaan yang mungkin banyak orang memulai karena iseng atau hobi yaitu Blogger & Vlogger dari kedua pekerjaan itu bisa kita tarik kesimpulan bahwa pekerjaan itu dinamakan “Konten Kreator”.

Blogger

Blogger merupakan konten kreator yang menumpahkan semua ide-ide ke dalam tulisan yang menghasilkan sebuah artikel, Seperti saya ini sekarang sedang melakukan aktifitas blogging. Ada beberapa blogger yang memang dari hobi senang menulis menjadi sebuah pekerjaan biasanya itu para penulis-penulis buku dulunya sukses dengan blognya seperti contohnya yaitu Raditya Dika, Tetapi saya menjadi seorang blogger karena saya memiliki Hobi dibidang teknologi maka sebelumnya saya tidak pintar menulis tetapi masih berusaha untuk menjadi penulis konten yang baik ūüôā Jika memulai ngeblog seperti saya bisa juga menjadi penerbit buku kalau memang kita belajar sungguh-sungguh.¬†?

Vlogger

Vlogger seperti yang sering saya dengar merupakan sebuah singkatan dari “Video Blogger”, Kenapa? Karena Vlogger merupakan konten kreator yang membuat video dengan konten-konten yang beragam misalnya: Gaming, Masak, Video Lucu, Tutorial, Unik, Challenge, Cerita dan masih banyak lain-lainnya. Kalau pengertian singkatnya merupakan sama seperti Blogger namun mereka menuangkannya ke dalam media video. Untuk platformnya sampai saat ini yang terbesar merupakan Youtube. Dari Vlogger disini bisa menghasilkan pekerjaan lain juga lho misalnya editor, komedian, penyanyi dan masih banyak lagi.¬†?
Itu dia 2 pekerjaan yang baru-baru ini muncul begitu saja akibat dari perkembangan teknologi yang begitu pesat. Sebenarnya Blogger dan Vlogger merupakan sebagian kecil dari pekerjaan baru tersebut akan tetapi merekalah yang sekarang memiliki perhatian besar, memiliki penikmat konten yang banyak dan dapat melahirkan sebuah pekerjaan baru seperti Desainer Web, Editor, Programmer, Developer dan masih banyak lainnya.

Tetapi akhir-akhir ini banyak konten kreator baik Blogger maupun Vlogger yang tidak memiliki keahlian khusus dalam membuat kreatifitas sehingga mereka mencoba menata niat menjadi misalnya Vlogger atau Youtuber karena tujuannya untuk mencari uang saja… Padahal isi videonya mengambil dari konten punya orang lain atau bisa dibilang plagiat konten … Dan itu semua menjadikan Fluxcup “Youtuber” mengucapkan sebuah kutipannya seperti dibawah ini:

Konten Kreator atau Translator, Kok terlihat seperti kumpulan orang-orang yang tidak punya bakat hahahaFluxcup

2018

“Konten Kreator atau Translator, Kok terlihat seperti kumpulan orang-orang yang tidak punya bakat hahaha” -Fluxcup_2018-

Balik lagi ke masalah Laptop Kerja tadi ya guys kalau misalnya kalian melakukan sebuah aktifitas kerja seperti mengetik, mengedit video, merekam, membuat game pasti membutuhkan sebuah alat yang bisa menangani hal itu apalagi jika kalian banyak kerjaan dan butuh multitasking…. Mungkin kalian jika menggeluti bidang tersebut pastinya tahu dengan aplikasi yang akan saya sebutkan dibawah ini:

Microsoft Office untuk mengerjakan tugas kantoran atau membuat skrip konten lalu Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premier, Sony Vegas, Corel Draw untuk mengedit foto dan video lalu Adobe Dreamweaver, Microsoft Visual Studio yang digunakan oleh programmer dan web desainer lalu Eclipse, Android Studio yaitu software untuk para developer aplikasi smartphone dan masih banyak lagi aplikasi berat lainnya.

Dari beberapa aplikasi yang saya sebutkan diatas merupakan aplikasi yang tidak sembarangan laptop bisa menjalankannya. Bisa sih bisa ya tetapi hasilnya pasti tidak akan “wah” dan prosesnya akan lama “biasanya ini terjadi saat render editan video sedang berlangsung”. Belum lagi waktu kita sedang bosan-bosannya untuk membuat konten pasti kita akan melampiaskannya ke sebuah hiburan bisa main game, nonton film atau dengerin lau mungkin? Dan itu semua juga belum tentu bisa dilakukan laptop biasa untuk hasil yang maksimal. Tetapi kalian semua jangan khawatir disini saya akan membagikan sedikit tips tetapi sangat berguna sekali untuk kalian para konten kreator yang kreatif untuk memilih Laptop yang pas dipakai saat baik itu membuat konten ataupun saat ingin mencari hiburan di Laptop dengan bermain game.

Tips memilih laptop
Dari persepsi jika saya seorang awam pasti saya akan memilih Laptop yang memiliki harga sangat mahal karena… Dalam pikiran orang awam ada uang ada barang… benar kan? Akan tetapi tidak selamanya persepsi itu benar, Seharusnya jika untuk memilih Laptop sebagian besar persepsi itu tidak berhasil karena dari sebagian Laptop yang mahal pasti ada merk laptop lain yang memiliki spesifikasi sama tetapi harga yang berbeda nah itu dia… Jika saya memakai persepsi saya sebagai anak IT saya akan memilih Laptop berdasarkan beberapa aspek bukan harga saja tetapi:

Desain

Aspek pertama yaitu desain dari Laptop tersebut kita sesuaikan dengan kebutuhan. Desain itu termasuk dari ukuran bodi sampai layar. Banyak yang berpikiran kalau Layar resolusi besar maka otomatis bodi Laptop menjadi besar dan berat… Dan itu semua sekarang tidak bisa dijadikan patokan, Sekarang banyak sekali laptop beresolusi misalnya 1920×1080 yang memiliki ukuran dan berat bodi yang manusiawi.

Spesifikasi

Aspek kedua merupakan kita harus memikirkan spesifikasinya, Hal ini juga melihat dari aspek pertama yaitu menyamakan sesuai kebutuhan, Jika kalian butuh untuk mengerjakan multitasking aplikasi berat seperti editor, developer, kuat dalam bermain game kamu pastinya harus memilih Laptop yang berspesifikasi tinggi yang dilihat dari pemilihan Prosessor, GPU, RAM sampai tempat penyimpanan atau Harddisk.

Harga

Aspek ketiga kita harus memilih laptop yang sesuai dengan budget yang kita punya, Jangan memaksakan membeli Laptop yang mahal tetapi tidak ada fungsinya sama sekali. Mending kamu memilih Laptop yang pas sesuai dengan kebutuhan dan efektif dalam membantu pekerjaanmu.

Garansi

Aspek keempat ini kamu harus memperhatikan kualitas aftersalesnya setidaknya kita dapat memilih Laptop yang bergaransi panjang. Rata-rata Laptop untuk saat ini memiliki Garansi rata-rata 1 Tahun dan jika menemukan lebih itu bagus sekali karena mereka berani menjamin bahwa produknya bagus
Dari sebagian aspek memilih laptop diatas, Itu merupakan inti atau aspek yang utama… Dan bisa dijabarkan lagi ke aspek-aspek yang berkaitan, Misalnya Desain yang bisa dijabarkan menjadi berat, resolusi, ukuran, ketajaman warna dan lain-lain. Tetapi saya jelaskan diatas secara singkat saja dulu jika ada yang berminat saya untuk membahas tips membeli laptop secara lebih rinci tolong komentar dibawah ya ūüôā

Jika kita ingin menjadi konten kreator pemula maka kita harus mencari Laptop yang pas digunakan, Yaitu sebagian besar konten kreator membutuhkan multitasking dan mobilitas yang tinggi maka harus mencari Laptop yang kurang lebih memiliki spesifikasi tinggi… desain tipis… harga lebih murah dari yang didapatkan pastinya kita sebagai konten kreator harus menghemat budget tetapi hasil bisa memuaskan.

Sekian banyak pilihan laptop sepertinya saya tahu nih apa Laptop yang cocok buat digunakan para pekerja kantoran sampai konten kreator…. Kalian tahu juga nggak? Ya pasti sudah tahulah … Soalnya kan udah dijadiin judul haha¬†?. Yap benar sekali yaitu Laptop tipe Ultrabook, Pilihan laptop yang tepat untuk digunakan multitasking karena memiliki spesifikasi tinggi dan desain tipis, Multitasking oke… Mobilitas oke bisa dibawa kemana-mana tanpa terbebani. Tapi dari sekian banyak Ultrabook juga memiliki kisaran harga yang berbeda… Oleh karena itu saya menyarankan untuk memilih ASUS VIVOBOOK PRO lebih tepatnya¬†ASUS VivoBook Pro N580VD. Kenapa harus Asus Vivobook Pro? Apa bedanya dengan laptop lainnya? Jadi baca kelanjutannya besok ya..*eh¬†? maksudnya baca lanjutannya dibawah ini:

Kenapa vivobook pro?
Saat saya memikirkan nama “Ultrabook” pertama kali di otak saya itu muncul sebuah brand laptop yang sangat populer di dunia yaitu ASUS. Karena memang mereka selalu memberikan sebuah inovasi yang luar biasa, Seperti semboyan yang selalu diberikan Asus dalam box produknya yaitu “In Search Of Incredible” yang artinya mereka selalu mencari hal yang luar biasa.

Namun karena Ultrabook dari ASUS memiliki harga yang fantastis dan saya bisa merasakan kalau budget para konten kreator yang berdiri sendiri tidak sebesar para pebisnis, Jadi saya mencoba untuk memutar pikiran ke Laptop Mainstream yang performa dan tampilannya mendekati dengan Ultrabook, Yaitu Asus Vivobook Pro N580VD terbaru yang sudah mengalami beberapa peningkatan.

Maka dari itu saya memilih Asus Vivobook Pro untuk dijadikan sebagai Laptop multitasking karena memperhatikan aspek yang saya tulis diatas, Mulai dari desain, spesifikasi, harga sampai garansi. Untuk detailnya saya akan menjelaskan alasan saya memilih Asus Vivobook Pro N580VD atau nama lain yang diberikan oleh Asus ialah Vivobook Pro S sebagai Laptop kerja dan hiburan bagi konten kreator.

Desain
Asus Vivobook Pro ini terlahir merupakan jenis Ultrabook yang pasti sudah terlihat dari sini bahwa Vivobook Pro memiliki bentuk desain yang ramping, tipis dan elegan. Kok bisa elegan sih… karena Vivobook Pro setiap bodinya dibuat menggunakan aluminium yang berkekuatan tinggi.

Ketebalannya hanya sekitar 19.2mm dan memiliki berat 2,2Kg saja¬†?. Dengan Laptop tipis dan enteng ini kalian bisa membawanya kemana saja mulai dari kantor, kafe, sampai diajak traveling bareng… Nah iya bagi kalian para pembuat konten dengan kategori jalan-jalan cocok nih untuk dibawa, Karena bisa membuat konten secara on the spot.

Jadi dengan Desain bodi Vivobook Pro yang tipis dan tidak berat sangat membantu sekali bagi konten kreator yang memiliki mobilitas tinggi karena dapat dengan mudah untuk dibawah kemana-mana… Dan pasti kalian banyak yang berpikir kalau Laptop dengan bodi setipis itu akan cepat panas karena masalah pada sistem pendinginannya, Tapi kalian salah besar.

Asus Vivobook Pro N580VD ini meskipun di gunakan untuk pengoperasian yang berat misalnya gaming atau multitasking yang memerlukan proses sistem secara penuh itu dipastikan kinerja laptop akan tetap mulus dan stabil. Itu semua karena Laptop ini memiliki sistem pendingin yang kuat dengan desain dual-fan yang cerdas karena ada 8 pilihan kecepatan yang sudah diatur otomatis menyesuaikan kondisi Laptopnya. Dengan penempatan yang compact, hypercool, dan modul thermal dual-copper membuat pipa panas dan sistem dapat meningkatkan kinerja CPU dan GPU.

Sistem pendingin Vivobook Pro ini setara dengan yang ada pada Laptop Gaming lho… Dual Stainless steel fan yang lebih tahan lama dari pada kipas standar Laptop pada umumnya.

Grafik Kecepatan Kipas Pendingin

Ilustrasi Sistem Pendingin Vivobook Pro

Layar
Asus Vivobook Pro ini memiliki ukuran layar yang cukup lebar yaitu berukuran 15,6″ dan beresolusi 1920x1080 Full HD dilengkapi dengan teknologi wide-view 178¬į jarak antara layar dan bodi (body ratio) sebesar 72,3%, sRGB hingga 100%.

Yang saya suka dari Asus adalah mereka tidak hanya mengoptimalkan hardware untuk memberikan visual terbaiknya, Bahkan sampai software mereka menyiapkannya untuk memberikan visual terbaik dikelasnya.

Oleh karena itu Asus Splendid memberikan fitur warna yang lebih banyak, lebih dalam dan lebih akurat, Splendid memiliki empat mode yaitu Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode untuk lebih detailnya nanti akan saya jelaskan dibawah bersamaan dengan teknologi lainnya yaitu teknologi Tru2Life Video, dan TruVivid.

Asus Vivobook Pro ini memiliki ukuran layar yang cukup lebar yaitu berukuran 15,6″ dan beresolusi 1920x1080 Full HD dilengkapi dengan teknologi wide-view 178¬į jarak antara layar dan bodi (body ratio) sebesar 72,3%, sRGB hingga 100%.

Yang saya suka dari Asus adalah mereka tidak hanya mengoptimalkan hardware untuk memberikan visual terbaiknya, Bahkan sampai software mereka menyiapkannya untuk memberikan visual terbaik dikelasnya.

Oleh karena itu Asus Splendid memberikan fitur warna yang lebih banyak, lebih dalam dan lebih akurat, Splendid memiliki empat mode yaitu Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode, dan Manual Mode untuk lebih detailnya nanti akan saya jelaskan dibawah bersamaan dengan teknologi lainnya yaitu teknologi Tru2Life Video, dan TruVivid.

Oke selanjutnya kita akan membahas 3 fitur optimalisasi visual pada Vivobook Pro, Untuk yang pertama kita bahas tentang teknologi ASUS Splendid. Fitur Splendid bisa mengoptimalisasi kondisi dari berbagai gambar agar dapat tampil dengan sebaik mungkin, Sehingga semua aktifitas yang dilakukan di Vivobook Pro bisa tampak lebih hidup baik itu sedang bekerja, nonton film atau sekedar melihat gambar. Nah tadi saya sudah menjelaskan bahwa Splendid memiliki 4 mode dan akan saya jelaskan secara singkat dan padat dibawah ini:

Normal Mode

Mode splendid yang konfigurasi LCD sudah di program secara default yang sudah membuat tampilan visual semakin nyaman. Mode ini cocok digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Eye Care Mode

Untuk mode ini akan melindungi anda dari cahaya biru yang ada pada LCD Laptop sehingga menghindari anda dari cedera pada retina mata. Cahaya biru merupakan salah satu penyebab degenerasi makula dan cedera retina. Cahaya biru akan dikurangi 33 persen dari layar.  Mode ini sangat berguna jika menggunakan laptop untuk jangka waktu yang lama.

Vivid Mode

Jika kalian sedang melakukan kegiatan seperti mengedit foto atau video, Nonton film jika mengaktifkan mode ini pasti akan berguna sekali karena Vivid Mode dimana kalian akan mendapatkan kontras warna, serta ketajaman gambar yang lebih tinggi dari pada mode lainnya dan memberikan pengalaman visual yang berbeda.

Manual Mode

Pada mode manual kalian para pengguna dibebaskan untuk mengatur konfigurasi dari kecerahan dan tampilan para layar sesuai keinginan kalian.

Dari sebagian mode diatas mungkin saya sebagai penulis akan tertarik pada Vivid Mode sih karena dengan menggunakan Vivid Mode kita dapat menerima pengalaman visual yang berbeda saat menonton film, gambar dan sebagainya, Dan ini yang belum ada di Laptop saya sekarang ?. Eye Care Mode harusnya bisa menjadi favorit saya sih tetapi saya sudah memiliki kacamata anti radiasi jadi aman deh ?. Kalau mode favoritmu apa, Komentar dibawah ya….¬† ūüôā

ASUS TruVivid merupakan teknologi untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan dan tingkat responsifitas pada layar. Teknologi ini mentransformasi desain yang umumnya diberikan pada layar perangkat pintar. Desain konvensional pada sebuah gadget umumnya tersusun atas empat lapisan antara lain, pelindung kaca, panel sentuh, celah udara dan modul LCD.
Terakhir adalah teknologi bernama ASUS Tru2Life Video yang diklaim akan selalu mampun menyajikan tampilan gambar bergerak yang mengagumkan pada perangkat ini. Tru2Life dikembangkan menggunakan teknologi pengolah gambar terbaru yang dapat Anda temukan pada perangkat televise high-end modern. Fitur ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran yang realistis terhadap sebuah video. Caranya  dengan meningkatkan kontras hingga 200 persen untuk memberikan ketajaman warna yang akurat dan detil.
Audio
Asus Vivobook Pro N580VD dibenamkan speaker audio yang dikembangkan oleh Asus dan Harman/Kardon. Pabrikan audio asal Amerika yang menyokong kualitas audio pada notebook Vivobook karena mereka menyatakan bahwa suara perangkat ini 2 kali lebih kencang dari notebook premium lainnya.

Sebagai pecinta musik saya pun merekomendasikan Vivobook Pro alasannya salah satunya ini… Mereka memiliki kerjasama dengan perusahaan audio yang sudah berpengalaman dalam dunia audio, Dan hasilnya memang mantap banget, Udah nggak perlu pakai Headset lagi dengerin apa-apa di Vivobook Pro.

Dengan dua buah speaker yang dibenamkan di Vivobook Pro pada sisi bawah yang bersebelahan dengan exhaust tempat keluar masuknya udara dengan ruangan sebesar 8cc disertai teknologi smart amplifier.

PERFORMA
Nah kita sekarang sampai di artikel yang ditunggu-tunggu nih, Kalau ibaratnya acara hajatan itu kita masuk ke sesi intinya. Performa suatu perangkat memang menjadi acuan saat ingin membelinya, Sepertinya dari tadi kalian mendengar ulasan saya mengenai desain dari Vivobook Pro ini yang sangat tipis dan ringan kan? Nah pasti banyak yang berpikiran kalau Laptop ini lemot, lag… Hmmm mungkin kamu harus teliti lagi gan tidak semua Laptop tipis atau ringan memiliki spesifikasi abal-abal. Meskipun ASUS Vivobook Pro merupakan laptop kerja tetapi performanya tidak kalah dengan laptop gaming, Bahkan bisa lebih diatasnya kalau dibandingkan dengan misalnya Asus ROG seri terdahulu yang harganya setara.¬†Kenapa bisa begitu?

Prosesor

Karena Asus Vivobook Pro N580VD ini ditenagai dengan Intel Core i7 generasi ke-7 i7-7700HQ arsitektur Kaby-Lake. Huruf HQ dari prosessor ini merupakan singkatan dari High Power yang sebagian besar prosessor jenis ini digunakan pada Laptop kelas gaming. Dengan tenaga Quad-Core dan mendukung hyperthreading sehingga bisa memproses hingga delapan core sekaligus, dengan clockspeed antara 2.8-3.8 GHz ini sangat cepat sekali jika digunakan untuk laptop kerja dan sangat membantu sekali jika digunakan oleh konten kreator.

Berhubung saya ada sedikit latar belakang di dunia IT jadi akan saya bahas sampai ke benchmark dari prosessornya, Informasi data benchmark ini saya ambil dari website yang sering membagikan artikel review Laptop yang sangat terpercaya jadi tidak ada rekayasa ya. Pertama mereka benchmark dengan aplikasi Cinebench R15 data yang diambil antara lain CPU Single 64Bit dan nilai yang diperoleh Vivobook Pro sebesar 148 Points selanjutnya CPU Multi 64Bit memperoleh nilai 724 Points lalu ada aplikasi PCMark 8 Home Score Accelerated v2 dan mendapatkan nilai 3833 points lalu PCMark 8 Work Score Accelerated v2 yang mendapatkan nilai 4934 points.

Kartu Grafis

Kartu grafis atau yang biasa disebut dengan VGA/GPU (baca:JiPiU) dari Asus Vivobook Pro sangatlah unik sekali dan menjawab pertanyaan kenapa performa laptop kerja setara dengan laptop gaming… Karena Vivobook Pro dibenamkan 2 GPU pertama merupakan GPU Onboard yaitu Intel HD dan kedua yaitu GPU Nvidia GTX 1050 series dengan Vram 4GB GDDR5 yang biasanya ada pada Laptop gaming karena memang laptop tersebut membutuhkan performa terbaik untuk kegiatan gaming.

Dengan kartu grafis Nvidia GTX 1050 yang merupakan generasi Nvidia Pascal, nih ya kita bisa membuat konten kreatif secara nyaman karena untuk rendering, editing bisa berjalan dengan lancar. Jika kamu membutuhkan hiburan seperti main game setidaknya Laptop ini bisa memainkan game-game generasi terbaru dengan pengaturan medium. Performa dapat bergantung dengan sistem pendingin.

Benchmark bukan hanya untuk prosesor… Kartu Grafis pun harus ada data informasi benchmark untuk kartu grafis menggunakan aplikasi bernama 3D Mark (1920x1080 Fire Strike Graphics) dan pengujian ini mendapatkan hasil¬†5982¬†Points, dan untuk pengujian selanjutnya 3D Mark 11 (1280x720 Performance GPU) dan mendapatkan nilai¬†7712¬†Points.

Memori dan Penyimpanan

ASUS Vivobook Pro N580VD dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB DDR4 2400MHz, Memori RAM DDR4 adalah jenis memori RAM generasi terbaru dan 33% lebih cepat dari pada DDR3 sehingga dapat memudahkan pekerjaan dan multitasking. Dan RAM pada Vivobook Pro dapat diupgrade karena ada 1 slot kosong lagi yang bisa di isi RAM dengan maksimal ukuran sebesar 16GB.

Vivobook merupakan jenis Laptop terbaru yang ingin menyamakan kasta dengan Ultrabook yang dimana pastinya mereka mencoba memaksimalkan pengguna baik pekerja biasa sampai pekerja kreatif agar mendapatkan pengalaman terbaik dalam memiliki Laptop oleh karena itu ASUS memberikan Vivobook Pro ini sebuah tambahan SSD sebesar 128GB yang memiliki kinerja lebih tinggi dari pada HDD biasa, Dan untuk HDD berukuran 1TB 5400RPM.

Sistem Operasi

Saat pembelian kalian tidak perlu lagi untuk membeli dan menginstall sistem operasi Laptop Asus Vivobook Pro karena sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home, Yang pastinya itu merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft dan kalian dapat menikmati semua fitur terupdate milik Windows 10 seperti Cortana, Windows Hello dan sebagainya.

 

Konektifitas
Jika saya membahas Laptop pastinya sampai ke bagian mendetailnya, Meskipun ini bagian kecil tetapi penting sekali untuk kenyamanan pengguna. Bayangkan kalau kita tidak memandang Laptop pada segi Port/konektifitas bisa saja kita mendapatkan Laptop yang tidak lengkap/kurang update untuk masalah port dan konektifitas.

Oleh karena itu disini saya akan membahas ASUS Vivobook Pro dalam segi konektifitas karena mereka menawarkan sebuah teknologi Wi-Fi dual-band 802.11 ac yang merupakan generasi terbaru dari Wi-Fi dan memiliki kecepatan 867Mbps dimana 6x lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Seperti laptop zaman now pada umumnya pasti sudah memiliki teknologi Bluetooth untuk Asus Vivobook mereka membenamkan versi Bluetooth V4.2.

Selain konektifitas jaringan kita juga akan membahas kalau Port input/output yang tidak kalah dengan Laptop seri tertinggi dari Asus.

Jika dilihat pada gambar diatas yang merupakan bagian Port input/output dari Laptop Vivobook Pro pasti jika kalian teliti akan kehilangan suatu Port yang dulunya penting tetapi karena kemakan zaman jadi sekarang sudah tidak dipakai lagi…. Ada yang tahu? Yapp.. Benar sekali “VGA PORT” yang mungkin sebagian besar anak sekolahan dulu gunakan untuk menyambungkan ke projektor untuk presentasi dan sekarang sudah tergantikan dengan teknologi Port terbaru dari HDMI¬†?.

Tetapi untuk kelengkapan port Asus Vivobook Pro sudah lebih dari cukup ada Sd card reader, Audio combo jack, 2 USB 2.0 Type A, DC Jack, LAN RJ-45, USB 3.1 Type-A (sama seperti USB 3.0), HDMI 1.4 dan port yang paling spesial adalah USB 3.1 Type-C Gen1 yang mendukung kecepatan data transfer sebesar 5Gbps dan output UHD 4K untuk display eksternal. Banyaknya Port USB tidak perlu takut untuk kehabisan bagian port dan renggang port 1 dengan lainnya cukup lebar sehingga tidak akan terjadi tabrakan jika ingin menggunakan slot secara bersamaan.

Fitur lain

Salah satu fitur di Vivobook Pro yang unik karena sangat jarang ditemui di Laptop mainstream lainnya yaitu Fingerprints.

Fitur fingerprints yang terletak di pojok kanan touchpad memiliki respon yang cepat. Dengan meletakkan jari lalu seketika notebook yang terkunci akan membuka.

Keyboard pada Asus Vivobook Pro ini sudah full-size backlit yang dapat membantu penggunanya dalam pemakaian di cahaya yang kurang.

Lalu dengan jarak tombol 1.4mm membuat pengalaman mengetik yang nyaman dan ergonomis.

Baterai Asus Vivobook memiliki 3 cell dan fitur yang membuat menarik ialah… Teknologi pengisian cepat.

Baterai Vivobook bisa di isi dengan cepat hanya 49 menit saja untuk 60% pengisian baterai.

Spesifikasi

ASUS VivoBook Pro N580

Prosesor

Intel¬ģ Core‚ĄĘ i7-7700HQ Processor 2.8GHz (6M Cache, up to 3.8GHz)

Sistem Operasi

Windows 10

Memori

8GB DDR4 2400MHz SDRAM

Penyimpanan

1 TB + 128GB SSD

Layar

15,6‚ÄĚ (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Glare Panel with 100% sRGB

Grafis

Nvidia GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5

Input/Output

1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)

Kamera

VGA Web Camera

Konektifitas

Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1

Audio

Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Baterai

3 Cells 42 Whrs Battery

Dimensi

(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm

Berat

2 Kg with Battery

Warna

Rose Gold, Royal Blue, Quartz Grey

Aksesoris

Exclusive Sleeve, Mini Dock

Garansi

2 tahun garansi global

ASUS VivoBook Pro N580

Prosesor

Intel¬ģ Core‚ĄĘ i7-7700HQ Processor 2.8GHz (6M Cache, up to 3.8GHz)

Sistem Operasi

Windows 10

Memori

8GB DDR4 2400MHz SDRAM

Penyimpanan

1 TB + 128GB SSD

Layar

15,6‚ÄĚ (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Glare Panel with 100% sRGB

Grafis

Nvidia GTX 1050 VRAM 4GB GDDR5

Input/Output

1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x Fingerprint (On selected models), 1 x HDMI, 1 x USB 3.0 port(s), 1 x Microphone-in/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0 port(s)

Kamera

VGA Web Camera

Konektifitas

Integrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1

Audio

Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone

ASUS SonicMaster Premium Technology

Baterai

3 Cells 42 Whrs Battery

Dimensi

(WxDxH) 361.4 x 243.5 x 17.9 mm

Berat

2 Kg with Battery

Warna

Rose Gold, Royal Blue, Quartz Grey

Aksesoris

Exclusive Sleeve, Mini Dock

Garansi

2 tahun garansi global

kesimpulan
Saya menjadi konten kreator dalam latar belakang menulis dari tahun 2013 baru 1 kali ganti alat tempur (laptop) dan jika misalnya ada rezeki dan keinginan untuk membeli laptop mungkin saya akan menengok laptop Asus Vivobook Pro N580VD ini karena harga yang terjangkau dengan performa terbaik dari sekian banyak “Laptop Kerja”.

Oh iya bagi yang belum tahu harganya Asus Vivobook Pro ini dibanderol kisaran Rp 15 jutaan, Dengan desain tipis, performa gahar, fitur berlimpah berkat dukungan Windows 10 membuat harga segitu menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan Laptop Mainstream lain.

Sekian review ASUS Vivobook Pro N580VD dari saya, Jika ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian komentar dibawah kesalahan tersebut agar saya dapat memperbaikinya dan jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, Sekian terima kasih sudah berkunjung.

Sumber referensi

  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-Pro-15-N580VD/
  • https://www.notebookcheck.net/Asus-VivoBook-Pro-15-i7-7700HQ-GTX-1050-Laptop-Review.257952.0.html#toc-performance
  • https://www.youtube.com/watch?v=40RZR-NeBN4
  • https://www.youtube.com/user/AsusIndonesia
  • https://www.youtube.com/watch?v=9kADh4gDPsA