ASUS Teman Kuliah dan Gabut Saya

Posted on

ASUS

Teman Kuliah dan Gabut Saya

Welcome to my blog

Hallo sobat-sobat blog helmirfansah, Kali ini saya ingin sedikit curhat tentang akhir-akhir ini menjadi maba (bukan mau cerita tentang ospek… Inimah dilupain ajalah ya 😂) Jadi Mahasiswa Baru ada duka dan sukanya loh guys ini gw share sedikit-sedikit buat kalian yang masih duduk dibangku SMA pasti selebihnya bakalan suka hahaha.

Mungkin saya awali dari suka nya menjadi Mahasiswa ya apalagi Mahasiswa yang merantau atau ngekost, Kalau yang lain diawali dari duka saya dari suka biar dukanya tahu belakangan karena kalau udah tahu duluan nanti malah pada males kuliah.

SUKA MENJADI MAHASISWA BARU

Jadi Mahasiswa terutama Mahasiswa Baru saat kita masuk kuliah itu masih santai banget, Atau mungkin saya aja yang ngerasain keberuntungan ini? Buat kamu yang udah mahasiswa boleh sharing juga ya dibawah.

Nyantai itu maksudnya gimana ya kak?” gini dek santai disini seperti jadwal kuliah saya yang terbilang cukup beruntung yaitu dihari Selasa sampai Jumat jadi hari Sabtu sampai Senin itu libur bisa saya pergunakan untuk pulang ke rumah 😀

Belum sampai disitu dari jadwal Selasa – Jumat nggak ada jam kelas dipagi hari, Paling pagi itu jam 9:30 (Oh iya KRS saya ini memilih sendiri ya, tapi saat saya memilih juga tidak tahu kenapa kok bisa begini tapi ya beruntung sih semoga keberuntungan ini sampai ke semester-semester selanjutnya)

DUKA MENJADI MAHASISWA BARU

Dibalik jadwal nyantai tersebut terdapat tugas yang menanti, Gimana tidak disini kan kita Mahasiswa Baru perlu bimbingan dari dosen untuk melancarkan kegiatan kuliah namun seringkali dosen tersebut tidak masuk.

Kita disini kebingungan dong harus ngapain sekalinya masuk tugas langsung numpuk dah. Mungkin itu sih duka menjadi mahasiswa baru sejauh ini, Ospek termasuk duka apa suka sih 😂?

FYI saya kuliah jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik jadi semua tugas-tugas yang ada pastinya berhubungan dengan digital, Dan dikerjakan menggunakan Laptop/Komputer

Kebetulan saya memiliki Laptop yang menemani saya untuk Mengerjakan Tugas, Ngeblog, Entertainment sampai hal-hal gabut lainnya pasti saya lakukan di laptop satu ini yaitu ASUS Vivobook Pro N580VD. 

Vivobook Pro ini kalau dibilang Laptop high-end sudah masuk kategori high-end seharusnya karena spesifikasi yang dibawanya nggak kalah sama ASUS ROG kok. Hanya saja perbedaannya Vivobook Pro diperuntukan untuk laptop bisnis atau laptop multimedia.

Nah akhir-akhir ini kan sesudah ospek saya sering pulang ke rumah sambil membawa Laptop Vivobook Pro ini meskipun beratnya lebih ringan daripada ROG lawas saya namun lama kelamaan pundak ini kerasa banget capeknya saat mencangking tas dari Madura ke Gresik 😂.

Sepertinya saya harus mencari penggantinya nih Laptop Idaman untuk para mahasiswa dan orang-orang yang suka berpergian namun memerlukan fasilitas Laptop yang available buat segala hal. Solusinya tidak lain dan tidak bukan ialah mencari Laptop dengan bobot ringan namun spesifikasi kuat dalam segala hal 🤔🤔.

Saat dulu waktu lagi doyan-doyannya bermain game solusi saya memilih ASUS GL552JX dan waktu terus berjalan kebutuhannya berbeda yaitu untuk multimedia dan ngerjain tugas jadi pilihannya ASUS Vivobook Pro N580VD… Nah sekarang nih kebutuhan masih sama namun ada catatan tambahan yaitu butuh Laptop yang enteng, UDAH.

Solusinya apa? Ya kita cari di ASUS lah… Dengar-dengar Asus punya produk yang saya inginkan sih nama modelnya Zenbook tipe UX331UAL tapi kita harus mengetahui dalamannya terlebih dahulu, Kuy kita bahas bareng-bareng.

ASUS ZENBOOK UX331UAL

Karena saya sekarang lebih prefer menggunakan Laptop untuk multimedia dan aktifitas kuliah yang artinya gaming sudah saya tinggalkan namun sekali-sekali kangen sih tapi bisa buka pakai ROG dirumah 😂.

Lalu sekarang lebih sering menggunakan Laptop ini tidak hanya disatu tempat oleh karena itu selain membutuhkan spesifikasi yang gahar sayapun harus memilih Laptop dengan bobot yang ringan, Oleh karena itu setelah saya melihat luar dalam dari Zenbook UX331UAL ini sepertinya cocok, Menurut kalian dengan spesifikasi dibawah ini cocok nggak guys?

Desain

Untuk segi desain saya tidak terlalu memusingkan karena yang simple-simple saja sudah cukup, Namun untuk ASUS Zenbook ini memiliki desain yang unik sekali… Tau kenapa?

Dengan desain chasis metal yang simple ASUS Zenbook ini memiliki sertifikasi military-grade MIL-STD 810G karena konstruksinya yang dari magnesium alloy.

Karena kondisi jalan yang sangat random apalagi pada daerah Surabaya yang secara random sekali bisa muncul lobang didepan motor.

Membuat tas laptop berguncang dan pastinya laptop yang dibawa itu berguncang dan menatap bagian-bagian yang tidak diinginkan, Jika laptop bisa saja rusak atau paling tidak error jika terus-terusan dilakukan rutinitas yang sama.

Dengan desain elegan dan menawarkan sertifikasi militer membuat kepercayaan saya menambah dalam memilih Zenbook UX331UAL ini. Apalagi dengan bobot seluruhnya (sekaligus baterai) kurang dari 1kg dan sisanya 985 gram. Lalu terakhir Laptop Zenbook UX331UAL memiliki 2 jenis warna yaitu Deep Dive Blue dan Rose Gold yang cantik.

Sayapun sempat ingat pernah melihat salah satu video dari konten kreator favorit saya yaitu Raditya Dika, Ia pernah mereview ketahanan dari Laptop Asus Zenbook UX331UAL ini bersama Ridwan Hanif (Autonetmagz.com)… Seperti contohnya ada di gambar atas dan lengkapnya bisa kalian lihat di Youtube Channelnya bang Radit langsung.

Layar

Zenbook UX331UAL ini memiliki teknologi layar NanoEdge, Dengan bezel tipis banget dan aspect rationya bisa sampai 80%.

Layar FULL HD atau resolusi 1920x1080 piksel dengan ukuran layar 13.3″ saja sudah cukup untuk menikmati semua fitur-fitur yang ada di Zenbook UX331UAL.

Memiliki lebar 100% sRGB warna gamut memastikan warna yang hidup dan akurat lalu ada teknologi 178° wide-view.

Performa

Zenbook UX331UAL diperkuat menggunakan jika imannya biasa-biasa aja, Intel® Core™ i5 generasi ke 8 dengan kemudahan para pengguna terdapat RAM yang paling tercepat saat ini untuk menopang kinerja berat dari si Zenbook ini.

Dan untuk penyimpanan sepertinya M.2 SSD dengan kecepatan tinggi dan handal dengan kapasitas 256GB.

Jika kalian tidak percaya dengan performa dari ASUS Zenbook UX331UAL bisa kalian lihat buktinya dari Benchmark berikut ini yang dilakukan oleh Tim Asus Sendiri, Mulai dari 3DMark, Cinebench R15, Unigine Heaven Benchmark 4.0 dan PC Mark.

i5 gen-8

CPU

RAM

DDR4 Tercepat

Storage

SSD M.2

OS

Windows 10 Home

Baterai

Tidak lupa dengan baterai, Bagaimana laptop setipis ini ada baterai ya?? Eittsss… Pertanyaannya harusnya bukan gitu kalau tau faktanya ini:

Baterai Zenbook UX331UAL dapat bertahan selama 15 jam 😮 Ini sama halnya dengan 3x lebih lama daripada baterai standart

Zenbook UX331UAL menggunakan baterai Lithium-polymer 50wh.

Konektivitas

Zenbook UX331UAL pastinya memiliki konektivitas yang sudah kekinian banget, Meskipun memiliki ukuran body yang tipis tapi semua port yang dibutuhkan untuk berbisnis atau sekolah pastinya ada, Seperti USB type C, 2 slot USB type-C, MicroSD Card Reader dan HDMI.

Untuk konektivitas seperti jaringan laptop ini sudah dilengkapi dengan Wi-fi generasi terbaru yaitu bertipe 802.11ac dual-band dapat menampung kecepatan Internet sampai 867 Mbps 6 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, Dan pastinya tidak lengkap kalau tidak ada yang namanya Bluetooth® 4.2.

1 x USB-C 3.1

2 x USB 3.1 Gen 1

1x HDMI

1 x MicroSD card reader

Keyboard & Touchpad

Dari ukurannya yang mungil ini Zenbook UX331UAL dilengkapi dengan keyboard bertipe TKL (tenkeyless) tanpa ada numpad disamping. Namun tenang saja kualitasnya pun tidak kalah karena sudah di optimalkan dan memberikan pengalaman mengetik yang luar biasa dalam kondisi pencahayaan apapun, Karena sudah dilengkapi dengan backlit dan travel distance 1.4mm.

Lalu pada touchpad ini sangatlah lebar sekali dan sangat responsif dan nyaman, dilengkapi penutup kaca untuk kontrol yang mulus lalu adanya teknologi palm-rejection dan mendukung gerakan multi-jari dan tulisan tangan membuat laptop ini benar-benar premium.

Fingerprint

Memiliki laptop untuk berbisnis atau menyimpan dokumen-dokumen penting membuat kita harus mengamankannya dengan ekstra. Pada Laptop ASUS Zenbook UX331UAL ini terdapat fitur Fingerprint untuk masuk kedalam sistem operasi Windows.

Berkat fitur Fingerprint yang berkolaborasi dengan Windows Hello kalian hanya dengan satu sentuhan saja untuk masuk tanpa harus memberikan ketikkan yang panjang, Hal ini menjadi penting saat kalian membutuhkan laptop ini secara mendadak.

Audio

Sistem Audio pada ASUS memang tidak ada yang menandingi dari segi hardware terdapat dukungan dari Audio harman/kardon lalu tim ASUS Golden Ear juga mengembangkan teknologi pada Audio SonicMaster generasi terbaru. Semua itu bisa mendatangkan teknologi low-distortion smart-amplifier yang meningkatkan volume hingga 3,5x – dan software yang dirancang dengan cerdas, ZenBook UX331 memberikan pengalaman audio terbaik.

Spesifikasi

ASUS Zenbook UX331UAL

Prosesor

Intel® Core™ i5-8250U Processor, 6M Cache, up to 3.40 GHz

Sistem Operasi

Windows 10 Home

Memori

8GB LPDDR3 2133MHz SDRAM

Penyimpanan

256GB SATA3 M.2 SSD

Layar

13.3” (16:9) LED Backlit FHD (1920x1080) 60Hz, Ultra Slim 300 nits

Grafis

Integrated Intel UHD Graphics 620

Input/Output

1x micro SD card, 1x audio jack COMBO, 1x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 2x Type A USB3.1 (GEN1), 1x HDMI, Support HDMI 1.4

Kamera

VGA Web Camera

Konektifitas

Built-in Bluetooth V4.2, Integrated 802.11 AC (2x2)

Audio

Built-in Stereo 1 W Speakers And Array Microphone, ASUS SonicMaster Technology Support Windows 10 Cortana with Voice, Harman kardon

Baterai

50 Whrs Polymer Battery

Dimensi

310 x 216 x 13.9 mm (WxDxH)

Berat

985 gram with battery

Warna

Deep Dive Blue, Rose Gold

Harga

Rp 14.299.000

Garansi

2 tahun garansi hardware global

kesimpulan

Itu dia guys buat kalian yang suka menggunakan laptop dengan mobilitas yang tinggi misalnya sering traveling atau sering berpergian kesana kemari seperti saya yang kuliah sering gonta-ganti kelas dengan menggotong-gotong Laptop, Maka Zenbook ini yang memiliki spesifikasi gahar namun dengan desain dan berat sangat minimalis membuat bobot laptop ini lebih ringan dari pada laptop sekelasnya.

Jika saya memiliki ASUS Zenbook UX331UAL mungkin aktivitas blogging saya sepertinya akan semakin lancar, Karena dengan adanya fitur-fitur laptop high-end yang ada… Bisa saya bawa kemana-mana karena konektivitas yang sudah lengkap, Wi-fi pun sudah generasi yang terbaru lalu baterainya pun bisa bertahan sampai 15 jam.

Sekian review singkat ASUS Zenbook UX331UAL yang bisa menaikkan level kamu saat ingin membuat konten kreatif, bekerja, sekolah/kuliah atau hiburan, Karena baru ini saya melihat laptop dengan spesifikasi waw namun setipis itu. Jika ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian komentar dibawah kesalahan tersebut agar saya dapat memperbaikinya dan jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, Sekian terima kasih sudah berkunjung.

Sumber referensi

  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-13-UX331UAL/
  • http://www.travelerien.com
Summary
Review Date
Reviewed Item
ASUS Teman Kuliah dan Gabut Saya
Author Rating
51star1star1star1star1star

44 thoughts on “ASUS Teman Kuliah dan Gabut Saya

  1. Informasi berguna…
    Saya suka barangnya tapi kurang kurangin lah harganya yakali GK kurang pokoknya love deh Asus

    Ig : alqissatria26

  2. untuk perkuliahan lebih baik membawa laptop yang tipis karna mahasiswa mobilitasnya lumayan tinggi harus berpindah- pindah kelas misalnya. Selain itu peformanya harus cukup mumpuni untuk mencukupi kebutuhan kuliah dan hiburan digital. saya rasa Zenbook UX331UAL sudah sangat cukup masuk kualifikasi laptop tersebut, dengan desain tipis dan bobot ringan serta prforma yang baik karna pakai dd4 4 serta i5 untuk prosesornya.

  3. Sangat informatif
    buat yang masih bingung untuk menentukan laptop yang pas sesuai kebutuhan
    Btw banyakin informasi yang kek gini

    Ig:dhitt_

  4. ig: @lindast18
    Ini artikel gimana yaa hmm, sumpah ngebikin yang baca itu ngga bosen, penulis tau cara memilih bahasa buat artikel ini pesannya juga nyampe ke pembaca.
    di bagian akhir juga ada kesimpulan dari artikel yang memungkin ketika pembaca tidak memiliki waktu cukuo banyak untuk membaca artikel ini. Nice info thanks:)

  5. Informasi Berfaedah
    Pertanyaan:
    “Gan kenapa dari semua seri asus or model asus, inikah yg paling bagus dan berkualitas?”

    Ig:Akbar420_

  6. Info yg bermanfaat 👍, tapi harganya mahal . btw saya pakai ASUS yg harganya setengah dari spek yg ini lah, buat kuliah saya sekarang Alhamdulillah lancar” jaya . Bukan seberapa mahal punyamu tapi seberapa pintarnya kamu bisa gunain dan memaksimalkan barang yg kamu punya . ya pokoknya i love ASUS deh ya ❤

  7. Terima kasih atas informasinya mas, informasi anda sangat bermanfaat buat saya karena posisi saya sama seperti anda juga yaitu sebagai maba😁. Meskipun saya bukan dari fakultas teknik melainkan dari fakultas bahasa namun artikel anda ini sangat membantu saya untuk memilih maupun memilah jenis-jenis laptop yang ingin saya gunakan nanti pada saat mengerjakan tugas kuliah ataupun untuk hiburan semata. Thankyou!.
    Ig:Abdanislaht

  8. Saya ASUS user tapi ya ASUS yang harga nya ngga segitu :”) setengah harganya aja engga :”) apalagi speknya :”) diisi banyak game langsung lag, kaya nonton video slow motion :”)

  9. Artikel nya lumayan bagus pembacanya lekas mengerti dari isi blog nya, dan laptop asus itu menurutku laptop yang paling mapan👍

    Ig:@saif.hkm

  10. Bagus sih ini referensi buat yg nyari laptop yg buat anak anak traveler or kuliah dari segi model sama spek udh diatas rata rata thanks untuk artikelnya yah love this blog

    Ig.mfkurniawan

  11. infonya sangat berguna bagi mahasiswa yang baru masuk bingung untuk membeli laptop apa jika membaca artikel ini mungkin bisa tau asus bisa menjadi pilihan yang tepat dengan artikel yang sangat panjang kali lebar yang membuat pembacanya kelelahan membaca dan menyerah akhirnya segara membelinya. Ayolah beli laptop asus nya!

    ig : pnncc

  12. info ini sangat bermanfaat sekali orang yang mengunjungi artikel ini dan membaca pasti akan segera sadar bahwa asus adalah pilihan yang tepat menjadi teman bagi mahasiswa baru teman hidup pun bisa, karna orang yang membaca ini akan seperti terhipnotis karna tulisannya panjang sekali dan akhirnya membelinya wow.

    ig : pnncc

  13. Sebenarnya untuk kuliah di teknik itu membutuhkan laptop yang med specs lah, minimal bisa untuk desain graifis, tapi perhatikan juga bobotnya, merknya apa, karena kita tau merk menentukan kualitas dari suatu produk, be a smart buyer. Perhatikan uang, serta kebutuhan. Bandingkan dengan keinginan, prioritaskan yang dibutuhkan bukan yang di inginkan.

  14. Info bermanfaat.
    Saya pengguna Asus, dari jaman kuliah sampe sekarang. Harganya juga wow, yuk kita mandi😁

    ig: dikadenggol

  15. Asus gapernah neko2 kalo ngeluarin produk . Terbukti dengan adanya UX331UAL yang menurutku sangat cocok buat anak kuliahan ya. Baterai yang tahan lama, layar yang cukup enak dibuat editing video atau foto karena warna ga bakalan ada warna yang miss dengan maunya kita.

    Layarnya cukup enak buat di liat dengan spek segitu , cukup lah kalo buat nonton film pas gabut atau pas gak ada dosen. Laptop ini tipis dan ringan yang dimana enak banget buat masuk tas backpack atau slingbag, pasti gak bakalan kerasa berat banget seperti bawa laptop yang tebel gitu, secara pasti pundak akan cepet pegel kalo tiap hari harus bawa laptop yang tebel banget.

    Mantab lah asus UX331UAL, kecil tapi memuaskan.

    Ig : ibprayogi

  16. Iklan ini sangat menarik sekali, disajikan dalam bentuk cerita yang menarik terutama dalam bahasa nya yang tidak terlalu kaku dan promosinya dalam space halus, sehingga menarik minat pelanggan pada kisaran umur remaja yang memang merupakan kisaran usia yang matang dan produktif untuk menggunakannya.

  17. Info yang sangat bermanfaat. Masih banyak orang2 yang tidaj tau bahwa ASUS adalah merek yang sangat bagus dan kualitas terjamin. Saya berharap kedepannya ASUS dapat lebih populer dari pada yang sebelum sebelumnya agar semua orang tau bahwa ASUS bukan merek Sembarangan

  18. Keren sih. Sangat memadai untuk tugas. Artikelnya sangat baik. Memberikan info yang sangat mendalam. Sedalam cinta ini.
    @milyasj_

  19. Laptop pertama gw asus a456u, laptop ini yang nemenin mulai dari gaming dan editing video, secara gw masuk jurusan multimedia.

    Asus emang selalu gokil karo keluarin produk, mulai dari menengah ke atas sampe menengah ke bawah, mulai dari laptop khusus editing dan gaming, maupun pekerjaan kantor, asus emang keren dahhh

  20. Apakah baterai dari laptop ini tidak mudah mengalami overheat?. Karena dari pengalaman saya, kebanyakan produk Asus memiliki spesifikasi yang mumpuni namun permasalahan overheat kerap jadi momok bagi pengguna. Tapi secara keseluruhan, Asus Zenbook UX331UAL sudah lebih dari cukup untuk kenyamanan pengguna berbagai kalangan.

    Instagram: maulana_388

  21. ceritanya menurut saya sebagai anak sma membuat saya ingin cepat cepat ke jenjang yg lebih tinggi karna telah terbuai oleh tulisan si penulis😂😂 terlebih lagi ini adalah sebuah iklan tapi ini sangat menarik karna pertama kita membaca kita akan disugukan pengalaman si penulis yg membuat kita ikut merasakan dalam kejadian tersebut. dalam setelah gua search di google nih laptop mantep tenan boss😂

  22. Wahh, artikel ini berguna juga buat referensi saya untuk mengganti laptop. Jadi kepengen punya laptop bertenaga intel core gen 8 jadinya. Semoga aja bisa ganti laptop secepatnya

    Ig: bagasdwiputra55

  23. Bener banget, pasti enak banget tuh nugas di cafe atau perpus pake laptop kayak gitu. Suka kesusahan sih ama laptop gw sekarang yang masih tebel dan berat banget hadeh :'( BTW nicepost min. AKMJ

  24. Info yang sangat menarik kalimat yang dibaca mudah di mengerti bagi pembaca nya dan menurutku ini laptop sangat berguna bagi kalangan mahasiswa/i karena lebih efisien dan lebih cepat menggunakan laptop ASUS Zenbook UX331UAL Dan menurutku benar sekali menurut info yg dibawa kan laptop ini benar2 bagus dan mudah dibawa kemana mana ,mungkin itu saja aku tetap terus menunggu informasi informasi terbaru dan terpenting di blog ini

    Sekian

  25. Jujur saya pakai produk ASUS sejak tahun 2015 sampe sekarang alhamdulillah nyaman, apalagi ini sangat recommended bgt buat yg suka traveling atau anak kuliahan sangat cocok laptop ukuran standar tapi kualitas tinggi yahuddddd

    IG: @galluh23

  26. Bagus dan lumayan menarik dari segi isi dan tampilannya ,keren juga templatenya bang .. terus tingkatkan lagi bang semangat demi memberikan informasi yg manfaat , semoga kedepannya bisa lebih baik dan mendapatkan perhatian banyak juga bang..terima kasih
    ig:ideniam10

  27. Entah kenapa dari dulu suka sama produk nya asus selalu keliatan elegan dan produk yg ini kece banget udah menuhin semuanya buat kebutuhan kita . Masukin wishlist dulu kali ya siapa tau nanti bisa beliii

  28. Asus emang hebat banget ngeluarin produk’nya bikin betah penggunanya aja yang memakai 🤗info yang diberikan sangat bermanfaat insyaallah orang yang tadinya tidak menyukai produk Asus karna tidak paham tentang Asus jadi terbantu dengan penjelasan di atas sukses selalu Asus🤗🙏

    @tulisankataa

  29. Blog ini sangat bermanfaat bagi maba(mahasiswa baru) tentang pengalaman bagaimana jadi maba ataupun menghilangkan rasa bosan/gabut pada mahasiswa tersebut.

    Dan juga blog ini memberikan kesan untuk yang belum menggunakan laptop tersebut

  30. Informasi yang sangat bermanfaat, dari saya smp sampai saya kuliah sekarang laptop ASUS saya masih sangat bagus dan lancar, dan masih saya sering pakai untung mengerjakan tugas kuliah.

    Ig ; syrfaljbbr

  31. Asus mah udah ga ditanya lagi, untuk hal gaming aja mereka ada serie ROG,dan ini laptop cocok sekali dipakai kuliah,saya setuju dengan agan yang menyampaikan informasi ini secara lengkap dan mendetail,memberi tahukan kepada orang orang yang masih bingung untuk memilih laptop apa yang pantas menemani mereka selama kuliah.

    IG : _arbasyaaa

  32. artikel nya membahas tentang laptop, yak mungkin saya smp yang belum membutuhkan laptop, tapi dengan membaca artikel ini memungkinkan saya sebagai pelajar smp untuk belajar mengenai spesifikasi dan kegunaan laptop di perkuliahan. ig:@hervi_irfan

  33. Menurut gw ini Info yg lumayan bagus untuk org2 yang ingin beli laptop untuk keperluan urusan kantor/tugas,ga cuma buat anak kuliahan untuk org kantoran juga bagus,cuma disini ada 1 kesalahan yaitu ga ada estimasi harga untuk laptopnya, padahal semuanya udah dijelasin dengan baik cuman ya itu ga ada estimasi harga, walaupun terlihat kesalahan kecil,tapi kesalahan yg kecil ini bisa membuat semuanya berantakan seperti hidup.
    Sekian TKS.
    Ig:jati458

  34. Info yang sangat bermanfaat dan sangst menarik,saya sngat setujh dengan artikel ini,memang asus yang terbaiklah dari yang lain, asus semakin di depan
    Ig: aldi.alvicri

  35. Gud ea buat asus karna dari dulu asus brand kesukaan gw karna sudah tidak diragukan lagi kualitas nya dan dari dulu gw pake Asus rog ga ganti ganti mantul dah pokonya !

    @bagaszm45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *