aplikasi

Aplikasi Payroll: Pengertian & Manfaat untuk Perusahaan

Posted on

aplikasi

Dalam perhitungan gaji dan pembayaran gaji karyawan, perusahaan biasanya menggunakan software payroll. Penggunaan software tersebut dimaksudkan agar proses penggajian karyawan dapat berlangsung dengan cepat dan tepat. Bagi sebagian orang yang sudah menggunakan software payroll, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Namun, bagi orang awam istilah “payroll” mungkin terasa asing dan tidak banyak yang paham.

Artikel kali ini akan membahas secara singkat pengertian payroll dan manfaatnya bagi perusahaan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Aplikasi Payroll

Aplikasi Payroll adalah sistem administrasi perusahaan yang dikhususkan untuk memproses data yang berkaitan dengan penggajian karyawan, baik mingguan maupun bulanan. Dengan menggunakan aplikasi payroll, administrasi keuangan perusahaan khususnya dalam perhitungan gaji dan pembayarannya dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Seorang HR (Human Resorce) tak perlu lagi menggunakan perhitungan gaji karyawannya secara manual.

Manfaat Payroll Software

Payroll Software memberikan banyak manfaat bagi perusahaan yang menggunakannya, diantaranya sebagai berikut:

1.  Mempermudah Penyajian Data

Penggunaan aplikasi atau software payroll mempermudah perhitungan dan penyajian data keuangan. Semua data penggajian karyawan yang terinput akan ada di dalam satu sistem yang memuat data karyawan, jadwal kerja, lembur, jadwal  cuti, absensi, pinjaman karyawan, hingga total gaji yang diterima. Semua data menjadi satu dan tidak terpisah dalam software lain.

2.  Data Tersimpan Otomatis dalam Sistem

Semua data yang terinput dalam sistem payroll akan tersimpan otomatis di dalamnya. Perusahaan tidak perlu lagi mencatat ulang data secara manual, karena bisa membutuhkan banyak waktu. Dengan penyimpanan data secara otomatis ini, proses kerja HR dalam mengelola administrasi karyawan menjadi lebih cepat. Tak hanya cepat, akan tetapi data yang tersimpan di dalamnya tetap aman. Bahkan, jika data sudah tidak lagi dibutuhkan, dapat dihapus sewaktu-waktu agar tidak disalahgunakan.

Baca Juga : 7 Kerugian Akibat Sistem Payroll Yang Buruk

3.  Penyajian Data Lebih Cepat dan Akurat

Dengan menggunakan sistem payroll, penyajian data menjadi lebih cepat dan akurat. Hal ini tentu sangat menguntungkan perusahaan, khususnya bagi perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan hingga ratusan bahkan ribuan. Dengan jumlah karyawan yang banyak, tim HR tentu akan kesulitan ketika harus menghitung penggajian karyawan secara manual. Namun, dengan menggunakan software payroll proses administrasi penggajian menjadi lebih mudah dan cepat.

4.  Membantu Perusahaan Mengambil Keputusan

Penggunaan payroll dalam mengelola penggajian karyawan memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam pengambilan keputusan. Perusahaan memiliki track record dari masing-masing karyawannya sehingga dapat digunakan sebagai pedoman bagi perusahaan untuk memberikan bonus atas kinerja atau prestasi pegawainya dan melakukan pengangkatan jawaban.

Demikianlah, pengertian payroll dan manfaatnya untuk perusahaan. Penggunaan software payroll akan membantu dan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan dalam mengelola administrasi keuangan pegawainya.

Software Payroll LinovHR dapat menjadi solusi pengelolaan payroll perusahaan anda, Payroll Software LinovHR memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh software lain nya Seperti : tampilan software yang user friendly, keamanan data tingkat tinggi sampai kecepatan dalam memproses setiap payroll, hal ini yang membuat Software Payroll LinovHR unggul dibandingkan dengan software sejenis lain nya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Aplikasi Payroll: Pengertian & Manfaat untuk Perusahaan
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *