Anak Kost Yang Kreatif #BukaInspirasi

Posted on

Anak Kost Yang Kreatif

#BukaInspirasi
Welcome to my blog

Halo para pengunjung blog helmirfansah.com, Apasih masalah yang sering terjadi saat kalian merantau jauh dari orang tua? Khususnya untuk para Mahasiswa yang berjuang mencari ilmu dan berpisah dengan orang tua, Apakah masalah keperluan pribadi, uang atau kasih sayang hahaha. Untuk yang anak kost tapi kehidupannya bekerja sih sepertinya sudah berpengalaman dalam mengatur uang di dompet beda lagi dengan Mahasiswa apalagi Maba (Mahasiswa Baru)

Untuk kasus yang saya temui ini pada teman-teman satu perjuangan Mahasiswa Baru dalam kehidupan kostnya mereka selalu mengeluhkan tentang perekonomian sektor dompet yang menipis, Kurangnya asupan rupiah yang ada… Membengkaknya pengeluaran dana untuk keperluan sehari-hari bahkan keperluan untuk ospek yang memakan banyak korban rupiah.

Alhamdulillahnya hal ini tidak terjadi pada saya… Loh kok bisa? Kalian akan menemukan jawabannya saat membaca artikel ini sampai habis bro dan sis. Anak kost memang dituntut untuk serba mandiri itulah pelajaran pertama kali yang harus didapatkan dan dilatih pada setiap anak kost.

Apalagi saya yang seorang mahasiswa fakultas Teknik yang terkenal dengan tagline “Teknik tidak boleh manja” oleh karena itu saya Insya Allah bisa bertahan tanpa adanya bantuan dana dari orang tua.

Setelah saya membuat sesi pertanyaan di Instagram mengenai hal apa saja yang bisa dilakukan oleh anak kost untuk mencukupi kebutuhannya dalam menjalani kehidupan, Dan kurang lebih jawaban mereka pun sebagian sama seperti apa yang saya pikirkan… Apa saja sih opini saya untuk kemajuan hidup anak kost ini? Baca terus ini artikel yoo 🙂

anak kost yang kreatif
Konten kreator

Apalagi yang bisa dipegang oleh anak kost apalagi seorang mahasiswa jika tidak menjadi konten kreator yang semuanya bisa digunakan dengan device saja seperti Hp atau Laptop. Apalagi konten kreator sebagai penulis atau blogger seperti saya.

Modal hanyalah akal pikiran, Hp atau Laptop saja untuk bisa membuat artikel yang ingin dipersembahkan kepada orang-orang banyak, Adapun konten kreator yang memiliki kerja keras dalam membuat konten yaitu seperti Youtuber.

Merekapun membuat konten yang bersumber dari pikiran lalu disalurkan ke bidang visual audio membuat mereka harus memiliki Kamera atau bisa menggunakan kamera HP tetapi hasilnya kurang maksimal, Lalu harus di edit dan render itupun memerlukan waktu yang tidak sebentar apalagi jika menggunakan Laptop yang jadul.

Namun begitu menjadi konten kreator gampang-gampang susah nah pada segi pembuatan itu kalian anggap susah? Itu masih belum ada apa-apanya… Masih ada lagi tantangan yang harus kamu ketahui yaitu menggapai target pasar??

Bagaimana caranya artikel atau videomu dilihat oleh banyak orang” Masalah ini yang sangat sulit untuk dilewati jika kamu tidak kuat seperti meninggalkan dunia konten kreator disaat masih setengah jalan namun posesif kalau hal ini tidak akan berhasil. Karena tanpa adanya pengunjung karyamu menjadi sia-sia.

Mungkin saya akan memberikan tips yang bisa dibilang tips biasa karena saya tidak jago dalam hal ini tetapi saya ingin #BukaInspirasi untuk kalian semua terutama anak kost agar lebih semangat dalam menjalankan kehidupan-kehidupan yang keras ini hahaha.

Pertama, Buatlah konten sesuai dengan dirimu…

Janganlah memaksakan untuk membuat konten yang sedang trending namun kamu tidak menyukainya atau kurang nyaman dengan hal itu bisa kamu tinggalkan dan selalu konsisten dengan apa yang kamu sukai dan jangan mencuri konten dari karya orang lain, Karena itu merugikan sekali… Kreator yang kamu curi itu rugi dan kamu juga rugi besar.

Seperti yang disinggung oleh Fluxcup salah satu Youtuber dan seniman kalau kamu itu konten kreator atau translator (mencuri konten dari luar negeri lalu diterjemahkan ke bahasa Indonesia) kok seperti orang-orang yang tidak memiliki bakat… Tunjukkan bahwa kalian memiliki bakat.

Kedua, Gunakan sosial media…

Kekuatan netizen Indonesia saat ini sangatlah kuat sekali, Mereka bisa membuat hal yang sepele menjadi viral dan bisa menyembunyikan sesuatu yang harusnya viral tetapi tidak karena itu tidak terlalu menarik. Jadi buat kalian konten kreator jadilah yang terunik agar netizen bisa melirik ke karya kalian.

Ketiga, Pelajari tekniksnya…

Jika kedua poin diatas sudah kalian kerjakan namun tidak ada hasilnya coba deh periksa lagi mungkin ada yang salah, Mungkin saat kamu membuat konten ada hal yang kurang dari segi tekniksnya. Pelajari apa saja yang ada didalam sistem yang kamu ikuti, Misal kamu menjadi youtuber maka pelajari hal-hal yang harus kamu ketahui untuk situs Youtube tersebut jangan asal upload video terus menunggu para pengunjung datang… Tidak sesimple itu.

Jika semua itu kamu lakukan pasti nanti akan ada hasilnya, Seperti saya seorang blogger yang sekarang kesibukan menambah 1 yaitu menjadi Mahasiswa… Saya sudah mencoba untuk memenuhi ketiga poin tersebut dan Alhamdulillah saat mengikuti beberapa lomba bisa menjadi juara seperti banyak yang sudah saya dapatkan mulai dari uang tunai sampai barang-barang yang belum pernah saya punya, Dan yang paling berharga sebuah sertifikat seperti dibawah ini:

Mungkin itu saja tips untuk para konten kreator agar semua yang dikerjakan menjadi lancar seperti apa yang dipikirkan untuk tujuan kalian membuat konten yang kreatif. Nah sekarang kita bakalan ke pembahasan yang berikutnya yang sama-sama ada segi kreatifitasnya tetapi lebih diperluas lagi.

bisnis sesuai hobi dan minat

Secara umum semua orang memiliki hobi, minat dan bakat. Saat kita berkuliah dimana dari remaja bertransisi menjadi dewasa kita dituntut untuk mencari jati diri, Cobalah untuk mengikuti UKM atau singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa yang merupakan sebuah organisasi yang anggotanya memiliki tujuan yang sama.

Untuk contoh saja saya memutuskan untuk mengambil UKM ITC (Information Technology Center) disini ITC merupakan UKM dari Fakultas Teknik yang artinya anggotanya hanya anak Teknik saja. Saya belum mengetahui tentang dalam dari UKM ITC ini karena sekarang masih proses pendaftaraan, Namun dari segi luarnya ITC intinya mengajarkan kita tentang Pemrograman, Linux, Multimedia sampai membuat aplikasi atau game.

Nah dari sini kita bisa menjadi kreatif dalam menjalankan bisnis yang ilmunya berasal dari UKM tersebut, Misal kalian mahir dalam sistem operasi bisa saja kalian membuka jasa install ulang komplit dan bisa melayani datang untuk samperin si pembeli jasanya.

Lalu contoh satu lagi jika kalian mahir dalam bidang Multimedia maka bisa membuka jasa edit foto, edit video, sampai jasa fotografer pun bisa kalian lakukan. Bahkan jika kamu jago dalam hal desain mendesain bisa kalian gunakan ilmu tersebut untuk mendesain baju/kaos untuk dijual, Atau produk yang para mahasiswa lainnya ciptakan namun masih belum terekspos oleh media.

Sebagai mahasiswa kita pun harus jadi kreatif dalam memasarkan produk-produk seperti yang saya maksud seperti memanfaatkan fitur Internet yaitu E-Commerce 😮

E-commerce

E-Commerce atau memiliki arti Perdagangan Elektronik atau bisnis online yang sekarang di Indonesia sudah banyak sekali perusahaan-perusahaan dalam bidang e-commerce. E-commerce sudah membantu berbagai UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan UKM (Usaha Kecil Menengah) di Indonesia dan telah merubah perekonomian mereka.

E-commerce sangat cocok sekali untuk kalian yang seorang anak kost apalagi saya yang berada di Pulau Madura menggunakan layanan E-commerce untuk memikat dan memperluas pangsa pasar bisa sampai se Indonesia atau bahkan jika produk anda menarik dan pihak luar tertarik bisa saja produk anda di pasarkan ke luar negeri.

Jika kalian bingung menggunakan E-commerce saya sarankan untuk memilih Bukalapak? Kenapa karena Bukalapak memiliki Visi Misi yaitu Menjadi online marketplace nomor 1 di Indonesia yang memberdayakan para pelaku UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia.

Dan buktinya memang sekarang Bukalapak merupakan salah satu online marketplace atau tempat berbelanja online terbesar di Indonesia, Apalagi bukalapak terkenal dengan iklannya yang kocak-kocak sangat kreatif sekali tim dari Bukalapak tersebut (sampe ngakak lihat pak Achmad Zaky pake kolor 😂✌)

Apalagi Bukalapak banyak banget promonya yang untung bukan hanya pembeli namun penjualnya juga, Tunggu kembali lagi ke Anak kost tadi ngomong-ngomong produk apa saja yang bisa kalian buat agar bisa dijual pada Bukalapak?

Produk tersebut bisa saja kaos dengan desain sendiri yang menarik, Intinya semua fashion dengan karya sendiri bisa kalian jual di Bukalapak seperti topi, kacamata, gelang khas, aneka baju dan celana, sandal, sepatu dan lain-lain.

Namun jika kamu anak kost yang tidak memiliki produk untuk dipasarkan tetapi jago dalam berjualan bisa menjadi Agen Bukalapak apa itu???🤔

Agen bukalapak

Agen Bukalapak adalah penjual offline untuk semua kategori di Bukalapak, Untuk kalian yang tidak memiliki produk bisa menjual seperti E-Voucher & Tiket (pulsa, paket data, token listrik, voucher game, tiket kereta, tiket pesawat, dsb.) asyik kan? belum asik? Tenang masih ada keuntungan lagi yang bisa kamu dapatkan saat menjadi Agen Bukalapak.

Keuntungan yang didapatkan antara lain, Gratis tanpa perlu modall dan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun untuk menjadi Agen, Jika kamu mau bekerja keras komisi yang akan didapatkan pasti besar… Dan keuntungan lainnya yang tercantum pada gambar dibawah ini.

Sebuah pekerjaan yang mudah dilakukan untuk anak kost dan memiliki keuntungan yang banyak, Tertarik? Untuk daftarnya silahkan kunjungi bukalapak.com/agen saja.

Tapi tunggu dulu bukan hanya menjadi agen bukalapak saja ada satu lagi sebuah peluang bisnis yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah tanpa harus modal besar… Yaitu Dropshipper, (*apalagi itu min😕) baca saja sampai habis artikelnya hahaha.

Dropship

Dropship adalah proses jual beli online dimana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman, Sebagai dropshipper (nama untuk orang yang melakukan dropship) membutuhkan supplier atau orang yang memasok barang yang akan dijual, Pilihan terbaik supplier berada pada website Bukalapak.

Menjadi dropshipper di Bukalapak sangatlah mudah, Kalian sebagai dropshipper harus menceklis pada checkbox “Kirim pesanan sebagai dropshipper” di halaman Detail Pembeli. Maka saat pengiriman ada nama kalian sebagai dropshipper.

Bagaimana lebih mudah menjadi Dropshipper atau Agen Bukalapak? Namun jika kalian ingin keduanya pun itu tidak masalah, Asalkan bisa mengatur waktunya saja… Dan untuk para mahasiswa jangan sampai lupa tugas-tugasnya jika sudah tebal isi dompetnya, Jangan lupa sama temen kostnya juga diberikan pelajaran mengenai hal ini.

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul  “Anak Kost Yang Kreatif #BukaInspirasi” bagaimana apakah sudah ada yang terinspirasi dari artikel ini? Tolong komentarnya dibawah ya 🙂 atau bahkan ada yang memiliki cerita inspirasi saat menjadi anak kost? bisa juga menyertakan komentar dibawah.

Jika ada kesalahan informasi maupun penulisan pada artikel ini mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian koreksi dengan cara komentar dibawah ya, Namun jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke sosial media atau grup WA yang kalian punya agar teman-temanmu juga bisa menikmati artikel yang bermanfaat dan anti hoax, Terima kasih sudah berkunjung.

#BukaInspirasi

Sumber:

  • https://www.bukalapak.com
  • http://haxtunchamber.org/ (images)
  • http://entrepreneurcamp.id (images)
Summary
Review Date
Reviewed Item
Anak Kost Yang Kreatif #BukaInspirasi
Author Rating
51star1star1star1star1star

51 thoughts on “Anak Kost Yang Kreatif #BukaInspirasi

  1. Makasih min materinya,biar gue share ketemen temen yg tahun ini jadi maba. Sayang gue nggak kuliah 🙁

  2. nice inpoh min . jarang* nih nemu artikel beginian apalagi ane juga maba hahaha . makasih min dah nambah refrensi ane buat pemasukan biar gak seret nih dompet

  3. To the point aja jangan belibet artikel kalo mau dibaca harus mengena ke pembaca, saran doang sih mas. Menurut saya ini bagus tapi terlalu panjang

  4. Mostly anak kost memang kaum terdepan ea karena asupan mi instan yang sangat teratur dapat membuat kinerja otak meningkat wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *