5 Tahun Perjalanan Menjadi Narablog “Serabutan”

Posted on

Narablog era digital

Oke mungkin ini artikel bakalan panjang, Saya mencoba untuk menceritakan bagaimana pengalaman saya saat menjadi Blogger atau Narablog dalam era digital ini secara singkat dan detail, Semoga dapat menginspirasi kalian semua ya 🙂

2013

Semua berawal ketika jam pelajaran guru SMP saya menerangkan presentasi materi yang ia ambil dari blog beliau sendiri. Sebelum ini saat saya masih SD pun sempat mendapatkan materi oleh guru saya yang ia taruh pada blog pribadinya, Nah SMP di tahun 2013 saat saya sedang bermain warnet biasalah anak bocah pasti mainnya game ya kan entah kenapa tiba-tiba saya ingat tentang “Blog” dan saya mencoba mencarinya di Google dan ketemulah website bernama Blogger.com.

Screenshoot

Saya mencoba daftar dengan alamat blog saat itu helmiirfansyah.blogspot.com gambar bisa diliat diatas maaf masih alay haha belum tau tentang desain dan HTML. Saat itu saya hanya sekadar mendaftar saja tidak ada niatan untuk membuat artikel secara konsisten. Jadi saat itu saya membuat sambil menunggu habisnya waktu billing warnet.

Saya buat saat awal tahun 2013 lalu saya buka lagi blog tersebut diakhir tahun 2013 mencoba untuk aktif mengisi artikel semau saya, Dahulu artikel masih banyak kesalahan seperti kopas sana sini, Informasi kurang jelas dan sebagainya lah.

2014

Nah disaat 2014 ini saya memiliki teman yang sama hobinya seperti saya ia memiliki blog juga jadi saat di kelas kita bisa sharing bareng. Di tahun 2014 saya banyak menulis artikel mengenai game dan tips gitu, Dan saya mulai mengenal desain yang bagus untuk sebuah blog pada saat itu saya menggunakan template “Simple” dari Mas Sugeng.

Screenshot (987)

Saat tahun 2014 ini juga aktif di grup Facebook Blogger besar Indonesia yang bernama “Keluarga Blogger Indonesia” atau anak-anak biasanya menyebut Grup KBI. Disana kita sharing-sharing banyak mengenai apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan blogger, Saat itu masih belum ada namanya Newbie… Master dan lain-lain.

2015-2016

Pada 2015 saya sudah menduduki bangku SMK kelas 1 dan mengambil jurusan TKJ yang memang saya ambil karena suka dengan hal yang berbau teknologi, Ngeblog disini saya sudah mengenal caranya menghasilkan uang dari blog. Mau saya kasih tau apa itu? Okedeh boleh kunci untuk menghasilkan uang di blog yaitu = Traffic atau Pengunjung. Saat kita memiliki pengunjung banyak kita akan menghasilkan uang yang banyak, Lalu bagaimana cara mendatangkannya? Mungkin akan saya bagikan caranya pada artikel selanjutnya.

Disini momen-momen yang indah sekali dari mulai sudah bisa menghasilkan uang sendiri dari Internet, dan pengunjung blog pun naik drastis disini saya tidak sendirian, Saya memiliki penulis yang sangat handal dan sekarang dia sudah sukses Alhamdulillah.

Momen-momen puncak menjadi Blogger itupun musnah saat saya mengalami musibah yaitu blog saya disuspend oleh IG, Bukan hanya 1 blog itu saja melainkan semuanya yang terdapat pada 1 email yang sama :'( Sedih banget dulu kalau diceritain… Hampir berpikir untuk stop blogging.

blog dihapus

Harapan sukses menjadi Narablog atau Blogger pun hampir hilang, Namun saat itu banyak teman-teman saya baik online dan offline yang menyemangati saya untuk lanjut, Oke sayapun berpikir kalau blog itu memiliki kesalahan yaitu membagikan konten ilegal seperti game dan film. Oke mulai dengan blog baru beralamat mashelmi.com

Pertama blog mashelmi.com saya isi dengan artikel mengenai teknologi dan semacamnya tanpa ada download game dan film, Namun saya saat itu belum jago-jago banget tentang SEO (sampai sekarang sih perlu belajar) dan saat itu saya menemukan produk yang dapat meningkatkan traffic bernama AGK pada tahun 2016.

Blog mashelmi.com saat itu menggunakan wordpress, Jadi AGK digunakan pada platform wordpress. Saat itu viewer dari blog mashelmi.com bisa menghasilkan uang lebih besar dari UMR daerah sini loh… Betapa senangnya saat ngeblog bisa dapat uang sendiri, Karena saat itu masih SMK jurusan TKJ uang hasil blog saya belikan Laptop Gaming terbaru saat itu meskipun tipe yang paling murah tetapi tidak apa-apa saya sangat bangga.

Di tahun 2016 website juga akun adsense dari mashelmi.com terkena banned dan blog tersebut tidak bisa di monetisasi dengan adsense :'( Saat akun tersebut dibanned terdapat puluhan juta yang hilang… :'( sepertinya banyak yang mencoba iseng dengan blog saya namun disitu saya sudah kuat dan ikhlas saat kehilangan.

Akhir-akhir 2016 pernah mencoba menulis artikel viral luar negeri di blog berbahasa Indonesia dan hasilnya seperti dibawah ini 🙂

dashboard

visitor

2017-2018

Tahun-tahun 2017 ini sangatlah rumit, Antara saya fokus dengan blog atau melanjutkan Kuliah/Kerja. Kenapa saya saat itu menginginkan fokus pada blog? Karena banyak sekali contoh-contoh inspiratif saya yang sukses hanya dengan menjadi Narablog saja loh. Saat itu sayapun mengikuti tes SBMPTN dan GAGAL.

Oke saya memutuskan untuk libur 1 tahun terlebih dahulu dan mencoba fokus dengan blogging, Blog utama saya saat itu www.mashel.me masih aktif itu dan sesampainya saya mengenal dengan dunia lomba blog yang dapat menghasilkan uang dengan cara mengikuti kontes yaa semacam itu lah.

Banyak sekali konten artikel mashel.me yang saya buat untuk lomba blog dan banyak juga yang gagal, Namun Alhamdulillah saat itu masih ada rezeki yang datang dari acara-acara lomba blog. Lanjut diakhir 2017 seperti biasa ada yang namanya Black Friday sebuah event dari luar negeri yang memungkinkan semua harga produk turun dan termasuk pembelian domain, Sayapun membeli domain seharga $0.18 untuk website helmirfansah.com ini.

Pada saat itu saya belum memulai untuk mengisi website helmirfansah.com ya tau sendiri bagaimana malasnya mengisi artikel di banyak blog. Masih menggunakan blog mashel.me sebagai blog utama untuk mengikuti lomba blog, Nah sampai suatu saat entah bagaimana bisa blog mashel.me terkena sandbox (Mungkin terlalu banyak backlink sih) jadi pengunjung turun drastis parah. Penghasilan saya mulai dari 0 lagi.

Namun tetap saja saya tidak menyerah dan mencoba mengisi website helmirfansah.com ini dengan berbagai artikel mulai lomba, tips trik, teknologi sampai artikel berbayar dari suatu brand. Dengan website helmirfansah.com ini saya sudah mencapai berbagai penghargaan dan hadiah yang diraih, Ada beberapa yang membuat saya ingat terus yaitu saya mendapatkan 1 buah Laptop dari lomba blog yang dibuat oleh Raditya Dika dan memenangkan lomba Pagelaran TIK 2018 dan harus mengambilnya ke Jogja haha hitung-hitung sebagai pengalaman traveling sendiri di sela-sela waktu kuliah.

Betapa bangganya dan senang karena nama sendiri tercantum pada postingan “Seorang Raditya Dika” hahaha yang nonton standupnya pasti tau joke itu, Dengan terpilihnya saya menjadi pemenang lomba blog atau giveaway dari Raditya dika tersebut membuat motivasi tersendiri untuk selalu semangat dalam meraih cita-cita yang diinginkan.

Lanjut update saya lupa tentang Awards yang dibuat oleh Voucher.co.id dan saat itu saya diberikan kesempatan untuk mengikutinya dengan nominasi sebagai Technology Blog Awards 2018, Dan ternyata sayapun menang dan berhasil mendapatkan skor 46% dan dari hadiah berupa uang sebesar 46% dari total hadiah. Memang netizen-netizen saya sangat memberikan support selalu, Terima kasih yang sudah memvoting ya 🙂


Technology Blog Awards 2018

2019

Untuk tahun 2019 saya ingin mencoba lebih giat lagi dalam menulis blog tanpa harus menyadur postingan orang lain seperti kebiasaan dulu, Jika kalian melihat postingan saya yang menyadur dan tidak diberi sumber tolong ingatkan ya. Lalu untuk kemajuan sektor perekonomian rekening saya wkwkwk mungkin akan lebih condong ke Ads seperti Adsense namun tidak memungkinkan untuk meramaikan lomba blog yang ada di Indonesia. Dan pastinya tidak menolak tawaran dari berbagai brand yang ingin mengajak kerjasama dalam menulis.

Harapan lainnya mungkin pengunjung, followers lebih banyak lagi, Ranking blog bisa naik juga… Makin jago dalam hal SEO dan menulis artikel karena Konten adalah Raja. Untuk teman-teman lainnya yang memulai blog di tahun 2019 ini mungkin bisa lebih bersabar karena semuanya tidak semudah yang dibayangkan, Ini saya saja masih belajar dan goals belum terpenuhi. Untuk goals selanjutnya mungkin saya dapat melunasi pembiayaan Haji orang tua, Merenovasi rumah dan membeli sebuah kendaraan baru, Amiin.

Oke mungkin sekian dahulu artikel curhatan dari awal saya memulai menulis blog di era digital ini, jika ada yang ingin ditanyakan bisa komentar dibawah, Jika ada kesalahan baik informasi maupun penulisan bisa kalian koreksi juga. Namun jika artikel ini bermanfaat bisa kalian bagikan ke sosial mediamu, Semoga dapat memotivasi untuk semangat menulis blog ya… Terima kasihs sudah berkunjung dan membaca sampai habis.

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
5 Tahun Perjalanan Menjadi Narablog "Serabutan"
Author Rating
51star1star1star1star1star

34 thoughts on “5 Tahun Perjalanan Menjadi Narablog “Serabutan”

  1. Nangis baca cerita nya, semoga selamat sampai tujuan yaa, BTW pelayanan nya kurang puas, tadi pesan makanan 5 kok ada cuma 4, TAK KASIH BINTANG SATU….

  2. Waduh panutan bikin blog, sukses terooos mang, gw dukung terus, semoga Screensyit tetep jaya, moga lu cepet kawin anjir, jadiin gw top komeng

    1. jangan takut gagal ,karena yg tidak pernah gagal hanyalah orang orang yang tidak pernah melangkah -buya hamka

  3. Mantap bang emang kayaknya pantang menyerah adalah kunci dari kesuksesan yakk wkwk. Semoga apa yg di semoga kan segera tercapai bang sama doain gua biar bisa bikin blog keren kayak abang :v. Salam dari RPL bang wkwkwk

  4. Inspiratif , mungkin aku bisa mengikuti jejak mu suhu meskipun lika liku hidup yang kau lalu i begitu berat, seperti halnya sekolah , pelajaran lalu ujian. jika di kehidupan ujian dulu baru pelajaran , bangga mbek raimu mas Arek Suroboyo Wani!

  5. Saya tidak ingin berkata banyak, yang terpenting dari saya cuman ingin memberi tahu bahwa orang yang datang kesini cuma pengen komen doang dan mereka tidak perduli dengan apa yang anda tulis dari 2013 sampai sekarang. Dah itu aja
    Sehat terus ya kawan semoga sukses di masa depan dan saya doakan semoga cepat kawin ama si dia. Dan saya tidak akan lupa dengan janji anda yang ingin malam pertamanya di live ini di ig

  6. Gw pikir kisah hidup nya udah senang dari dulu ternyata memang No pain No gain laa, No sweet No sweat, Jadi pengen Jadi Blogger, makasih motivasinya

  7. wah salut sama admin screensyit, emang usaha ga akan menghianati hasil ya, emang yang paling penting itu berani mencoba dulu.. kalo ga berani mencoba kita gabakalan bisa merubah hidup kita. aku sendiri pengin menghasilkan uang sendiri dari internet karna kebetulan aku masih SMK dan ambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, tapi aku masih takut buat mencoba walaupun sebenernya aku bisa.. bisa jadi motivasi nih setelah baca ceritanya admin screensyit

  8. Semangat min biar sukses yaa😂 numpang komen banyak yaa min🤣 dulu pas smk saya diajarin html buat bikin website gitu buat tugas,,sempet kepikiran pengen nyoba bikin blog pake html ngambil template sebagian otak atik sendiri cuma masi asal²an kontennya jga ga memungkin😅abis itu gaada keinginan buat bikin² website lagi karna susah belajar html_- lama kelamaan nemuin bikin blog gampang pake blogger.com ga ribet ngotak ngatik kode😅 tapi tetep aja tampilannya masih biasa , bikin beberapa abis itu ga dicek² sampe sekarang dan akhirnya lupa nama domainnya wkwk sekarang termotivasi dari admin yg ternyata dari muda udah coba berkarya sampe sekarang akhirnya karyanya dinikamatin para peselancar internet.. padahal sya udah ada akun wordpress juga cuma gatau mau diisi apa😄masih belajar nyari referensi tentang konton para blogger terkenal kek admin skrinsit yaa😂 btw min ada blog admin yg berisi tentang konten hasil sendiri ga?yg beda dari yg beda?😂

    1. Wow panjang banget komentarnya, bentar aku baca ya.Yuk semangat bikin blognya mbak.. Terima kasih sudah berkomentar ya wkwkwk

  9. jangan takut gagal ,karena yg tidak pernah gagal hanyalah orang orang yang tidak pernah melangkah -buya hamka

  10. Jujur aja gw bangga ama lu karna lu iklas dengan cobaan karna jujur aja buat pengalaman gw kehilangan puluhan juta itu gk segampang yang lu bisa bayangin karna dijaman dulu itu puluhan juta bisa sangat berguna untuk kebutuhan, gw salut sama lu 👍🙏🏻 Well done broo..

  11. Dari sini gua bisa liat kalo ternyata blog masih punya “PASAR”nya sendiri yg masih bisa menghasilkn pundi pundi duit untuk sobat misqueen tercinta kita screensyt, trus berkarya bro ,KALO BISA SIH ikuti alur jaman juga , vlog mungkin

  12. Kenapa sih orang yg awalnya cuma “mencoba” justru dia sukses? Kadang yang di niatin bener-bener dari awal belum tentu juga “bisa”. Why?

    *Karna udah jalannya…:v

  13. Sangat mendidik, sangat bagus untuk mencerdaskan bangsa yg masih berkembang ini, dan untuk mencerdaskan pemikiran warga yg masih berkembang.saya dukung untuk membuat konten2 seperti ini 👍

  14. Wow panjang juga perjalanan bloggingnya yah bro, keren itu smg tercapai kalimat terakhirnya yah bro, lanjutkannnn 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *