4 Cara Belajar Bahasa Jerman yang Paling Mudah untuk Pemula

Posted on

Cara Belajar Bahasa Jerman – Negara Jerman merupakan salah satu negara yang cukup populer di benua Eropa dan kerapkali menjadi destinasi tujuan untuk melanjutkan pendidikan tinggi maupun sekedar untuk berlibur. Negara ini terkenal dengan salah satu bukti sejarahnya berupa Tembok Berlin yang dulu memisahkan antara Jerman Barat dan Jerman Timur.

Selain itu, Jerman juga banyak memberikan sumbangsih dalam bidang penelitian ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga tak heran jika banyak pelajar yang bermimpi untuk kuliah di Jerman. Untuk itu belajar bahasa Jerman pun sangat diperlukan agar bisa menunjang komunikasi selama berada di negara ini.

Selain sebagai persiapan untuk studi maupun sekedar berkunjung ke negara ini, belajar bahasa Jerman yang bisa Kamu dapatkan di tempat kursus bahasa Jerman juga sangat diperlukan.

Karena selain untuk mengash skill bahasa, bahasa Jerman juga merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di negara-negara Uni Eropa. Dalam literatur ilmiah bahasa ini juga kerap digunakan sebagai bahasa kedua setelah bahasa Inggris. Sehingga mengetahui cara belajar bahasa Jerman sebenarnya akan banyak memberikan keuntungan bagi Anda.

4 Cara Belajar Bahasa Jerman yang Paling Mudah untuk Pemula
4 Tips dan Cara Belajar Bahasa Jerman yang Paling Mudah

Mempelajari bahasa Jerman tidak sesulit yang dibayangkan dan banyak kosakatanya yang hampir mirip dengan bahasa Inggris. Perbedaannya hanya terletak pada tata bahasa, pelafalan, dan aksen khas bahasa ini. Berikut ini cara mudah belajar bahasa Jerman, di antaranya:

1. Melatih pelafalan atau pronounciation (Aussprache)

Dalam bahasa Jerman terdapat beberapa huruf dan suku kata yang cukup berbeda dibanding huruf latin biasa seperti ü, ö, ä, dan st. Contoh sederhana seperti yang terdapat dalam kata “stuhl” yang mana huruf “s” dalam kata tersebut dibaca dengan pelafalan seperti kata “sh” dalam bahasa Inggris dan diikuti “thul”.

Belajar pelafalan bahasa Jerman sangat penting dilakukan di awal agar bisa lebih mudah dalam membaca dan berbicara langsung dengan orang Jerman. Sehingga tidak akan terjadi miss communication antara Anda dengan lawan bicara yang memang merupakan native speaker dari Jerman.

2. Perbanyak mempelajari kosakata atau vocabulary

Semakin banyak kosakata yang Anda kuasai dalam bahasa Jerman, maka akan semakin mudah Anda dalam belajar bahasa Jerman. Mulai pelajari dan hafalkan kosakata seperti benda yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari atau kalimat percakapan yang sering digunakan sehari-hari.

3. Mempelajari tata bahasa atau grammarly

Sama halnya dengan bahasa Inggris, Anda juga perlu mempelajari tata bahasa atau biasa disebut dengan istilah grammar. Belajar tata bahasa artinya Anda harus mempelajari bagaimana menyusun kalimat yang sesuai dengan kaidah tata bahasa yang ada. Seperti dalam hal pembentukan kalimat aktif, kalimat pasif, maupun kalimat interogatif.

Selain itu, sangat penting untuk mempelajari tentang kata kerja, kata benda, kata ganti, kata hubung, dan lain sebagainya. Dalam penulisannya, setiap kata kerja yang digunakan juga harus disesuaikan dengan bentuk kalimat tersebut apakah kalimat masa lampau, sekarang, atau masa depan. Dengan mempelajari grammar tersebut, Anda pun akan lebih lancar dalam menyusun kalimat yang tepat dalam bahasa Jerman.

4. Perbanyak berlatih dengan mendengar, menulis, dan membaca literasi bahasa Jerman

Teori saja tidak cukup untuk membuat Anda lancar berbahasa Jerman. Anda juga harus sering berlatih dengan cara memperbanyak mendengar, menulis, membaca, dan berbicara dalam bahasa Jerman.

Manfaatkan media-media yang ada seperti televisi, radio, internet, maupun buku untuk memperbanyak pengetahuan Anda tentang bahasa Jerman.
Selain itu, cobalah menulis surat atau berbicara menggunakan bahasa Jerman ketika sedang berbicara dengan orang lain. Dengan demikian Anda pun akan semakin fasih berbahasa Jerman.

Selain melakukan tips-tips tersebut di atas, jangan lupa untuk selalu tekun dan disiplin dalam proses belajar. Semakin tekun Anda dalam belajar maka akan semakin cepat Anda menguasai bahasa Jerman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *