OPPO F7

12 Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari

Posted on

Sistem keamanan dari smartphone memang sangat penting, maka dari itu banyak perusahaan yang berusaha mengembangkan inovasi untuk memperkuat keamanan dan meningkatkan kenyamanan para penggunanya. Fitur-fitur seperti face recognition dan fingerprint pada jaman sekarang bisa didapatkan untuk smartphone entry level sampai kelas flagship. Maka dari itu, kami akan memberi rekomendasi 12 Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari.

1. Xiaomi redmi 5

Saat awal keluarnya xiaomi redmi 5 cukup membuat heboh masyarakat, dikarenakan desainnya yang pada saat itu terlihat sangat baru dan fresh karena menggunakan rasio layar 18:9 sehingga layar akan lebih lega dengan bodi smartphone yang lebih kecil, apalagi dengan layar berukuran 5,7 inci berukuran LPS dengan resolusi HD yang akan memanjakan mata. Selain itu besar screen to body ratio dari smartphone ini cukup besar untuk kelasnya, mencapai 75,9% dan tidak menggunakan notch atau poni bagi kalian yang tidak suka.

Spesifikasi yang digunakannya juga sudah cukup untuk membereskan semua kebutuhan sehari-hari seperti penggunaan prosesor Snapdragon 450, dengan pilihan Ram 2GB, 3GB, 4GB dan storage dari 16GB, 32GB, dan 64GB. Kamera yang digunakan xiaomi redmi 5 pada kamera depan beresolusi 5MP dan pada kamera belakang 12MP. Harga xiaomi redmi 5 ini juga tidak terlalu mahal, dikarenakan termasuk kelas mid range sehingga memang tidak ditujukan untuk para pembeli kelas atas. Bagian sensor dari Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari ini berada di bagian belakang.

2. Redmi note 4

Redmi note 4

Redmi note 4 menggunakan panel layar IPS beresolusi fullHD beresolusi 5,5 inci, yang cukup tajam. Smartphone ini memang umurnya sudah terbilang cukup lama, tetapi dari segi performa seharusnya masih cukup untuk penggunaan di tahun 2019 ini, apalagi untuk para pengguna yang menggunakan smartphone hanya untuk chat dan game ringan saja. Menggunakan prosesor snapdragon 625 yang sangat efisien, stabil, dan tidak cepat panas dan dipadukan dengan baterai berkapasitas 4100 MAH, redmi note 4 dapat bertahan mencapai 1,5 hari hingga 2 hari. Selain itu redmi note 4 juga memiliki pilihan RAM 3GB dan RAM 4GB, dengan penyimpanan internal 32GB atau 64GB. Kamera yang digunakan xiaomi redmi note 4 ini menggunakan sensor 5MP pada kamera depan dan 13MP pada kamera belakang, ditemani dengan sensor sidik jari.

3. Meizu M6

Meizu M6

Meizu M6 dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin menggunakan sidik jari di depan, yang mungkin bagi sebagian orang lebih praktis. Menggunakan panel layar IPS beresolusi HD dengan ukuran 5,2 inci meizu M6 memiliki panel layar yang cukup indah untuk dilihat bagi mayoritas pengguna, meskipun rasio layarnya masih 16:9. Menggunakan prosesor mediatek MT6750, Meizu M6 memiliki performa yang sudah cukup untuk kebutuhan kebanyakan orang yang tidak fokus dengan gaming. Penyimpanan internalnya juga terbilang sudah cukup karena menggunakan 16GB storage dan RAM 2GB.

4. Lenovo vibe P1 Turbo

Lenovo vibe P1 Turbo

Selain meizu M6, ada juga Lenovo vibe P1 Turbo, Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari di bagian depan. Menggunakan layar beresolusi fullHD dengan luas mencapai 5,5 inci, smartphone ini akan cukup nyaman saat digunakan. Selain itu, Lenovo vibe P1 Turbo juga terbilang sudah memiliki performa yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari seperti chatting dan game kelas menengah, dengan menggunakan prosesor snapdragon 615 dan RAM 3GB.

Salah satu kelebihan yang dulu sangat dipromosikan oleh Lenovo dari seri vibe p1 turbo ini adalah ketahanan baterainya, dikarenakan smartphone ini memilii kapasitas baterai mencapai 5000 MAH. Tidak hanya itu, Lenovo vibe P1 Turbo juga memiliki fasilitas fast charging agar pengisian kembali dari smartphone dapat lebih cepat. Untuk sektor kamera, Lenovo vibe p1 turbo menggunakan sensor 13MP pada bagian belakang dan 5MP pada kamera depan.

5. Evercoss winner Y Star U50A

Evercoss winner Y Star U50A

Smartphone brand lokal seperti evercoss juga sudah membuat smartphone dengan sensor sidik jari di depan yang memiliki spesifikasi yang cukup. Dibekali dengan panel layar IPS beresolusi HD berukuran 5inci terbilang sudah cukup untuk kebanyakan orang. Spesifikasi yang ada dialamnya menggunakan Ram 2GB dan penyimpanan internal 16GB. Sedangkan untuk sektor kamera sendiri pada bagian depan dan belakang, Evercoss winner Y Star U50A menggunakan sensor kamera 8MP. Untuk harganya Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari ini terbilang sangat murah, apalagi untuk spesifikasi yang dimilikinya.

6. Advan G1

Advan G1

Advan G1 juga merupakan salah satu smartphone yang menggunakan sensor sidik jari pada bagian belakang. Selain itu panel layar beresolusi HD berukuran 5 inci,  layar yang digunakan sudah cukup enak dan nyaman untuk dipakai kebanyakan orang. Spesifikasinya juga sudah cukup untuk kebutuhan ringan karena menggunakan prosesor mediate MT8735P dengan paduan RAM 3GB dan penyimpanan internal 16GB.

Sensor kamera yang digunakan juga sudah terbilang bagus untuk kelasnya karena menggunakan sensor kamera utama 13MP. Salah satu daya tarik dari smartphone ini adalah Advan G1 yang menggunakan lensa largan untuk sensor kamera depan beresolusi 8MP, yang cukup banyak dipakai brand besar.  Karena Advan G1 tergolong Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari kelas entry level, harga penjualannya terbilang sangat murah, apalagi mengingat spesifikasinya yang sudah menggunakan RAM 3GB.

7. Oppo F7

OPPO F7

Untuk kelas menengah, terdapat smartphone OPPO F7 yang saat perilisannya pada bulan April 2018 lalu cukup menghebohkan masyarakat. Hal ini dikarenakan desainnya yang terbilang cukup baru, apalagi untuk kelas menengah. Menggunakan bahan polycarbonate untuk bagian belakangnya, Oppo F7 dapat terlihat sangat premium dan cukup awet.

Desain yang digunakan Oppo F7 adalah desain notch atau menggunakan poni agar ruang lingkup layar berbanding badan dapat lebih luas, hal ini dapat terlihat dari screen to body ratio Oppo F7 yang mencapai 82,5% dan menggunakkan layar IPS beresolusi FullHD berasio 19:9. Dibekali Ram 4GB atau 6GB, oppo F7 sudah dapat memainkan game yang lumayan berat sekalipun, apalagi oppo F7 adalah salah satu smartphone yang pertama kali menggunakan prosesor Helio P60 yang cukup powerful dan efficient. Untuk sektor kamera, oppo membekali F7 dengan kamera belakang beresolusi 16MP dengan PDAF dan aperture 1.8, sedangkan untuk kamera depan oppo sudah tidak perlu diragukan lagi karena menggunakan sensor 25MP.  Oppo f7 juga adalah Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari yang berada pada bagian belakang.

8. Oppo f9

Untuk melanjutkan kesuksesan dari Oppo f7, Oppo merilis Oppo f9 4 bulan kemudian yang cukup populer. Hal ini dikarenakan sekali lagi, Oppo mengguncang dunia smartphone khususnya kelas menengah karena desain notch water drop yang digunakannya. Desain ini akan membantu layar terlihat lebih luas lagi dengan badan yang lebih kompak.

Selain dari segi desain yang menggunakan resolusi FullHD berukuran 6,3 inci, Oppo F9 juga menggunakan prosesor yang sama dengan Oppo F7 yaitu Helio P60. Meskipun begitu Oppo melakukan beberapa peningkatan agar Oppo F9 menjadi lebih canggih dan membantu,yaitu pada sektor kamera yang menggunakan dual camera agar bagi para pengguna yang ingin mengambil foto bokeh dapat lebih jelas dan lebih rapi, berbeda dengan bokeh menggunakan software. Salah satu hal yang cukup dibanggakan dari oppo F9 adalah fitur VOOC FAST CHARGINGnya yang terbilang cukup cepat dan aman, kalian bisa menggunakan smartphone ini sambil di cas tanpa harus khawatir baterai akan panas atau bahkan meledak. Untuk fitur keamanan Oppo F9 menggunakan sensor face recognition dan merupakan Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari tercepat untuk kelas menengah. Tidak hanya itu, Oppo f9 juga memiliki keawetan yang bisa dibilang salah satu yang terkuat untuk smartphone kelas menengah karena oppo f9 merupakah salah satu smartphone pertama yang menggunakan corning glass 5.

9. Redmi note 7

Semejak poster teaser yang dirilis xiaomi, redmi note 7 menangkap banyak perhatian orang dengan spesifikasi mengejutkan yang dibawanya. Menggunakan sensor hingga 48MP pada salah satu dari dua kamera belakang yang digunakannya, xiaomi Redmi Note 7 diklaim dapat mengambil foto yang sangat jernih dan detail yang bagus, apalagi untuk kelasnya.

Hal yang membuat redmi note 7 cukup mendapat banyak perhatian orang adalah dari segi desain dan harga. Untuk segi desain redmi note 7 menggunakan notch kecil seperti yang ada pada oppo F9 dan untuk bahannya menggunakan bahan kaca, sehingga untuk harganya yang cukup murah, redmi note 7 sudah memiliki spesifikasi yang bagus dan desain yang bagus tanpa harus memotong dari sektor lain.

Spesifikasi yang digunakan adalah snapdragon 660 yang dapat memainkan semua game berat pada settingan menengah sampai maksimal, Ram 3 sampai 6GB dan storage 64GB. Tidak hanya itu, redmi note 7 juga sudah memiliki mengikuti trend smartphone yaitu penggunaan kabel USB Type-C. Untuk fitur keamanan sendiri, redmi note 7 adalah Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari dan face recognition.

10. Samsung s7 edge

Sebagai salah satu brand terbesar di dunia, khususnya di bidang teknologi smartphone, Samsung tentu sudah menggunakan sensor sidik jari hampir di semua segmen smartphonenya.  Salah satunya adalah Samsung s7 Edge yang dirilis pada maret 2016, yang merupakan smartphone flagship keluaran Samsung yang cukup mendunia. Pada dasarnya Samsung S7 Edge dibilang-bilang sebagai penyempurnaan dari flagship Samsung sebelumnya yaitu S6 Edge, yang meskipun terbilang bagus tetapi memiliki banyak kelemahan seperti baterai yang sangat lemah dan layar Edge yang masih belum sempurna.

Untuk tahun 2019 ini, Samsung s7 edge memiliki performa yang sudah lebih dari cukup untuk memainkan game-game berat sekalipun, tanpa khawatir adanya lag atau masalah force close. Samsung membekali seri S7 dengan qualcomm snapdragon 820 atau exynos 8890 yang sangat cepat dan efisien. Selain itu salah satu yang membedakan seri flagship Samsung s7 dengan seri midrange smartphone pada 2019 adalah panel layarnya. Samsung sudah cukup terkenal menjadi salah satu merek smartphone yang menggunakan panel layar terbaik untuk smartphonenya yaitu panel Super Amoled. Apalagi dengan resolusi quadHD yang sangat memanjakan mata, apalagi bagi para pengguna yang suka menggunakan VR. Untuk Harga sendiri, karena Samsung S7 Edge sudah cukup lama ada sejak perilisannya harganya sudah sangat turun, bagi kalian yang berminat kalian dapat mendapatkan Samsung S7 Edge dengan harga yang cukup terjangkau, mungkin setara dengan smartphone kelas menengah.

Untuk sektor kamera Samsung s7 Edge menggunakan sensor 12MP dengan OIS dan aperture 1.7 yang dapat mengambil foto low light dengan sangat jernih tanpa noise. Selain itu meskipun kamera depannya hanya menggunakan sensor 5MP, software utilization dari Samsung dapat mengambil foto kalian dengan jernih dan natura.Sedangkan untuk fitur keamanan Samsung juga memiliki fitur face recognition dan Iris Scanner, tetapi tidak semua seri smartphone Samsung memiliki fitur ini.

11. Vivo v11 pro

Salah satu merek smartphone yang sudah cukup populer di Indonesia, Vivo merilis V11 pro yang cukup populer di masyarakat. Hal ini dikarenakan vivo V11 Pro adalah Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari yang berada di bawah layar, padahal smartphone ini berada di kelas menengah. Hal ini cukup mengejutkan mengingat fitur ini biasanya Vivo adakan pada smartphone flagshipnya seperti vivo Nex atau seri X.

Untuk spesifikasinya, vivo v11 pro menggunakan prosesor snapdragon 660 dan Ram 6GB, penyimpanan internal 64 atau 128GB. Dengan perpaduan tersebut Vivo v11 pro dapat digunakan untuk kebutuhan ringan hingga game berat. Untuk sektor kamerapun Vivo V11 pro performanya tidak usah diragukan lagi, mengingat vivo yang selalu mengembangkan sektor kameranya, apalagi untuk kamera depan yang menggunakan sensor 25MP. Sedangkan untuk kamera belakang Vivo V11 pro menggunakan sensor dual kamera 12MP dan 5MP.

12. Xiaomi Pocophone F1

Salah satu smartphone dari xiaomi yang cukup mengguncang masyarakat sejak tanggal perilisannya, hal ini dikarenakan pocophone F1 adalah Smartphone Android dengan Sensor Sidik Jari dengan spesifikasi terbaik untuk kelas harganya. Menggunakan prosesor snapdragon 845, Ram 6GB hingga 8GB, dan penyimpanan hingga 128GB dapat menghajar semua game dengan settingan grafis tertinggi sekalipun.

Di tahun 2019 ini, banyak perusahaan atau brand yang bergerak dalam bidang smartphone dan membuat inovasi-inovasi yang diterapkan pada smartphone buatannya. Terlepas dari apakah inovasi tersebut memang dapat membantu masyarakat atau hanya sekedar gimmick saja tergantung dari tiap orang sendiri, apakah bisa memakai semua fitur yang diberikan.

Banyak fitur keren yang ada pada smartphone kelas atas atau flagship seperti dual camera atau triple camera, bahkan Samsung kemarin merilis smartphone dengan 4 kamera. Selain itu, ada juga perbaruan dalam segi desain yang dulunya smartphone masih menggunakan bahan baku plastic pada body smartphonenya, sekarang tiap vendor mulai memakai metal dan kaca agar smartphone dapat terasa dan terlihat lebih premium saat dipegang.

Salah satu fitur yang terus dikembangkan oleh beberapa brand besar ternama adalah fitur keamanan. Dapat dilihat perusahaan besar yang bergerak dalam bidang smartphone yaitu Apple yang sejak tahun 2017 kemarin menggunakan face ID yaitu sistem keamanan dengan scan muka secara 3 dimensi yang diklaim lebih aman dan praktis. Tidak hanya itu sekarang brand besar Smartphone android juga mengembangkan fitur in display fingerprint yang merupakan fitur keamanan sensor sidik jari di dalam layar yang lebih praktis dan tentunya terlihat lebih keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *