KriteriaKU Untuk Smartphone Impian | Helmi Irfansah

KriteriaKU Untuk Smartphone Impian

Welcome to my blog

Halo para pengunjung blog helmirfansah.com, Setiap individu memiliki seleranya masing-masing saya tidak bisa memaksakan selera orang lain dan sebaliknya orang lain tidak bisa memaksakan selera saya.

Karena itulah judul dari artikel ini adalah KriteriaKU, Kriteria saya dalam memilih smartphone impian… Namun jika kamu tidak sependapat dan memiliki pendapat yang berbeda dari isi artikel ini boleh langsung berikan komentar dibawah ya 🙂

Di tahun 2018 ini banyak sekali smartphone-smartphone flagship yang memiliki desain dan fitur yang sudah uptodate. Saya lihat-lihat sekarang lagi zamannya dengan Smartphone “berponi“, Yaa… Poni yang dimaksud ini adalah Notch atau sebuah lekukan yang terdapat dibagian atas Smartphone seperti pada gambar dibawah ini:

Jika Notch yang merupakan trend smartphone kali ini maka tidak dipungkiri lagi jika tahun-tahun yang akan datang, Bermunculan berbagai smartphone dengan inovasi yang membuat kita semua terkejut dan mindblowing atau tidak terpikirkan sebelumnya.

Oleh karena itu tiap tahun saya bisa bermimpi-mimpi mau ganti HP dengan inovasi terbaru… Maklum udah geek banget sama hal-hal berbau teknologi. Tapi ada 1 impian yang masih tetap sama dan harus itu yang diambil yaitu “MURAH” hahaha.

memang meskipun memiliki ketertarikan yang besar terhadap teknologi namun apa daya budget masih minim namanya juga mahasiswa harus berpikir kritis dalam  mengambil keputusan *ciaelah. Untuk kriteria smartphone impian saya di tahun 2018 ini bisa dilihat lengkapnya dibawah ya.

Kriteria smartphone impian

Seperti yang sudah saya katakan sejak awal semua yang tercantum dibawah ini semuanya adalah opini saya, Jika kalian punya kriteria yang berbeda bolehlah bagikan dikomentar mungkin sayapun akan setuju atau bahkan mengkritik pilihan anda hahaha 😀 Jadi berikut kriteria smartphone impian saya di tahun 2018 sejauh ini:

  • Pertama kali jika saya menginginkan atau membeli smartphone pasti yang saya lihat harganya terlebih dahulu guys, Maklumlah dompet masih pas-pasan jadi pinginnya Smartphone harga murah tapi dengan kualitas spesifikasi yang nggak kalah bersaing.
  • Lalu sejak banyaknya smartphone mainstream yang bermunculan, Maksud dari smartphone mainstream ini yang memiliki desain monoton… Jadi saya menginginkan smartphone dengain desain yang berbeda dari yang lain… ada sedikit perbedaan dengan Smartphone pada umumnya, Paling tidak desain dan warna dari smartphone itu tidak membosankan.
  • Saya hobi dengan yang namanya game, Apalagi di tahun 2018 ini yang sedang naik daun ialah game mobile…. Pastinya kriteria saya untuk smartphone impian ialah yang memiliki spesifikasi baik CPU, GPU dan RAM yang mantull Mantap Betul (y).
  • Lalu saya juga butuh penyimpanan Internal yang besar baik itu untuk menyimpan file game-game saya atau untuk menyimpan dokumen lain seperti foto, video dan tugas kuliah. Kalau bisa sih ada smartphone murah yang Internalnya 128GB langsung aja sikat guys… Bisa Install semua game di playstore sampai berbusa hahaha.
  • Pastinya kamera nya harus sudah kekinian, Sekarang lagi trend tuh 4 kamera di 1 HP yang kerennya lagi dari semua kamera itu terdapat teknologi AI yang bisa memastikan hasil jepretanmu mengesankan pastinya jernih dan memiliki efek bokeh.
  • Bukan hanya itu harus ada fitur-fitur menarik yang memanfaatkan kamera misalnya fitur HDR, Super Slow Motion lalu yang terbaru adalah QMOJI atau yang bisa disebut dengan menganimasikan wajah menjadi emoji bisa digunakan untuk pesan dan sebagainya.
  • Tidak lupa teknologi fitur HP zaman now yang wajib ada yaitu Fingerprint atau sidik jari, 4G, Sistem operasi yang terbaru…

Dan seharusnya masih banyak lagi tetapi saya tiba-tiba menemukan Smartphone pilihan saya tersebut… Tunggu.

Saat saya sedang berjalan-jalan santai di Instagram saya menemukan sebuah postingan dari username HuaweiMobileID yang memposting suatu Smartphone murah namun SOLD OUT namun masih bisa membeli tetapi dengan cara PREORDER terlebih dahulu.

Wah sayapun tertarik dong dan penasaran kenapa smartphone yang baru rilis dengan harga terjangkau ini bisa SOLDOUT. Ternyata Smartphone itu ialah Huwaei Nova 3i …. Yuk kita ulas bareng-bareng kenapa bisa SOLDOUT… Duh SOLDOUT.

Huawei Nova 3i

Tunggu, tunggu sebelum lanjut ke pembahasan smartphone Nova 3i saya mau berbagi Info kalau kita membaca Huawei itu seperti ini “wah-wei“… Membaca ‘wei’ itu sama halnya saat kita membaca ‘way’ dalam bahasa Inggris.

Oke lanjut…

Pertama melihat Smartphone ini sepertinya memiliki aura yang berbeda terutama pada pilihan warna ungu campur birunya yang mengesankan… Seperti ada suatu energi positif kalau ini benar-benar Smartphone impian saya.

Tapi saya juga tidak langsung memilih 100% Nova 3i tentunya harus dengan riset… maklum pecinta teknologi yang sukanya kepoin gadget “orang” bukan gadget sendiri. Setelah kami saya usut sendiri ternyata Huwaei Nova 3i memiliki fitur dan spesifikasi seperti ini:

Desain & Warna

Huawei Nova 3i memiliki 2 pilihan warna yaitu Iris Purple dan Black, Salah satu warna yang menjadi daya tarik tersendiri disini ialah Iris Purple, Dengan corak warna gradient yang indah di kaca belakang dan bingkai metal yang terletak dibagian tengah.

Ukuran

Smartphone Huawei Nova 3i memiliki ukuran dengan tinggi 157.6 mm X lebar 75.2 mm, lalu ketebalan 7.8 mm dan berat 169 gram. Membuat pengalaman menggunakan smartphone lebih lebar dan luas namun masih cukup untuk dimasukkan kedalam saku anda.

LAYAR

Memiliki desain layar berponi (Notch) layaknya smartphone kekinian, Huawei Nova 3i ini menggunakan layar 6.3 inch IPS LCD Capacitive Touchscreen dengan resolusi 2340x1080 pixel dengan kerapatan piksel sebesar 409 ppi.

Dengan apsect ratio sebesar 19.5:9 membuat bezel pada Huawei Nova 3i tipis seperti hilang atau yang biasa disebut bezeless.

KAMERA

Huawei Nova 3i memiliki 4 Kamera dengan AI (Artificial Intelligence) yang bermacam-macam dan beragam teknologi keren yang mungkin dapat membantu anda memaksimalkan hasil jepretan yang diambil.

Kamera belakang atau kamera utama dari Huawei Nova 3i ini diperkuat dengan 16 MP dan 2 MP dengan bukaan f/2.2 membuat efek bokeh profesional dan alami. Dilengkapi dengan AI Huawei yang dapat mengingat 22 kategori dari 500+ momen dan menyiapkan hasil foto yang sudah di optimalkan.

Kamera depan atau kamera sekunder yang fungsinya tentu tidak salah lagi ialah untuk memberikan foto selfie yang menawan, Diperkuat dengan 24 MP dan 2 MP dengan bukaan f/2.0 membuat hasil selfie anda lebih detail. Ditambah lagi dengan AI Selfie Master dari Huawei yang membuat hasil lebih menarik dan alami.

Selain itu terdapat fitur-fitur lain yang pastinya menarik yaitu HDR PRO, Super Slow Motion, QMOJI.

HDR PRO

Memberikan foto dan video yang seimbang dengan waktu nyata bahkan saat dibawah sinar matahari.

Super Slow Motion

Mode 16x Super Slow Motion kalian dapat merekam setiap gerakan dengan mengesankan mengubah momen beberapa detik menjadi lebih keren dengan 480 fps di layar.

QMOJI

Dapat menganimasikan ekspresi wajah, gerakan, dan suara anda untuk menghasilkan emoji dengan format GIF atau Video yang dipersonalisasi di Layar, menambahkan lebih banyak hal menarik pada pesan Anda.

PERFORMA

Apakah Huawei Nova 3i ini Gamingable?? Hmm.. Tentunya karena sudah dibenamkan chipset Hisilicon Kirin 710 yang merupakan chipset pabrikan Huawei sendiri memiliki kekuatan seperti Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53).

Kemudian tidak kalah penting GPU Mali-G51 MP4 ditambah adanya GPU Turbo sebuah kemampuan untuk mencapai tingkat tercepat dalam bermain game. Transisi dari 4G ke Wifi pun sangat lembut membuat pengalaman gamingmu nyaman ditambah lagi menghapus semua notifikasi apabila sedang bermain game yang sangat serius.

Huawei Noa 3i dilengkapi dengan RAM 4GB dan ROM sebesar 128GB sangat lega sekali untuk menyimpan segala hal yang ada di Smartphone pasti masuk ke Nova 3i ini… Kurang puas? Masih bisa ditambah lagi loh sampai 256 GB tapi kalau saya sendiri 128 GB itu sudah lebih dari cukup, Terakhir Nova 3i sudah menggunakan Sistem Operasi terbaru dari Android yaitu OREO 8.1.

Konektivitas

Terakhir kita akan membahas mengenai konektivitas di Huawei Nova 3i, Seperti Smartphone kekinian untuk masalah konektivitas disini sangatlah lengkap Wi-fi ada, GPS ada, Bluetooth apalagi. Kemudian didukung juga dengan jaringan 4G LTE dan juga Hybrid Dual slot SIM Card yang bisa kalian gunakan bersamaan, Tidak perlu dikhawatirkan karena semua konektivitas sudah lengkap.

Spesifikasi

Huawei Nova 3i

Jaringan

Teknologi

GSM / HSPA / LTE

2G Network

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2

3G Network

HSDPA 850 / 900 / 2100

4G Network

LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 7(2600), 8(900), 2(1900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)

Kecepatan

HSPA, LTE

Jenis Kartu SIM

Nano SIM

Dual SIM

Umum

Status

Rilis 28 September 2018

Desain

Desain

 

Dimensi

157.6 x 75.2 x 7.6 mm

Berat

169g

Warna

Black, Iris Purple

Layar

Tipe Layar

IPS LCD capacitive Touchscreen

Ukuran

6.3 inci

Resolusi

1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio

Warna

16 juta

Software

Sistem Operasi

Android 8.1 (OREO)

Fitur

- Battery charging 10W - MP4/H.264 player - MP3/eAAC+/WAV/Flac player - Document viewer - Photo/video editor

Hardware

Chipset

Hisilicon Kirin 710

CPU

Octa-core (4x2.2 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)

GPU

Mali-G51 MP4

RAM

4GB

Memori Internal

128GB dan 64GB

Memori Eksternal

microSD, sampai dengan 256 GB (menggunakan slot SIM 2)

Sensor

Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

Kamera

Kamera Belakang

Dual: 16 MP (f/2.2, PDAF) + 2 MP (depth sensor)

Kamera Depan

Dual: 24 MP + 2 MP (depth sensor)

Flash

LED Flash

Fitur Kamera

Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama

Video

1080p@30fps

Suara

Jenis Peringatan

Vibration; MP3, WAV ringtones

Pengeras Suara

3.5mm jack

Konektivitas

Wi-fi

Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct

Wi-fi Hotspot

Bluetooth

4.2, A2DP, LE, EDR, aptX HD

USB

microUSB 2.0, USB On-The-Go

RAM

4GB

Baterai

Tipe Baterai

Li-Ion (Lithium Ion)

Baterai tanam

Kapasitas

3340 mAh

Oke mungkin itulah salah satu smartphone yang memenuhi kriteria saya di tahun 2018 ini yaitu Smartphone titisan Huawei P20 yang harganya dipangkas dan menjadi Huawei Nova 3i namun sepertinya tidak kalah menarik dengan sang kakak baik dari segi desain sampai spesifikasinya.

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul  “KriteriaKU Untuk Smartphone Impian” apakah kalian memiliki kriteria smartphone impian yang berbeda dari saya? Atau mungkin dari yang berbeda jadi bisa sama karena membaca artikel ini? Langsung saja kita sharing-sharing di komentar ya.

Jika ada kesalahan informasi maupun penulisan pada artikel ini mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian koreksi dengan cara komentar dibawah ya, Namun jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke sosial media atau grup WA yang kalian punya agar teman-temanmu juga bisa menikmati artikel yang bermanfaat dan anti hoax, Terima kasih sudah berkunjung.

#GiveawayKeren

Sumber:

  • Huawei.com
  • Instagram.com/huwaeimobileid
  • Urbandigital.id
  • Wikihow
Summary
Review Date
Reviewed Item
KriteriaKU Untuk Smartphone Impian
Author Rating
51star1star1star1star1star