Koperasi di Tangan Milenial

Menjadi Sistem Ekonomi Modern?
Welcome to my blog

Halo para generasi milenial, Gimana kabarnya nih? Udah berapa lama dengar kata Koperasi? Apa hanya pada pelajaran sekolah saja… Itupun males buat dengerin Guru waktu jelasinnya? Kalau iya… Kok sama ya bro *bercanda haha.

Dan sekarang apakah dibenakmu Koperasi itu udah jadul, kuno dan dikelola orang tua. Buang stigma itu jauh-jauh karena hal yang jadul bisa kita kembalikan masa jayanya ke era sekarang. Nggak percaya? 

Saya kasih contoh seperti “Kamera Polaroid” yang sudah hadir sejak kurang lebih 50 tahun yang lalu, Dan sangat populer pada tahun 80an. Pada tahun-tahun belakangan ini kamera polaroid namanya kembali populer, Bahkan banyak perusahaan kamera yang memproduksi kamera polaroid dengan model yang makin modern dan stylish.

Dengan model tampilan yang lebih segar pastinya banyak para orang yang menyukai fotografi apalagi para milenial pasti sangat tertarik pada produk yang di desain ulang dan memiliki teknologi terbaru.

Apakah hal ini bisa dilakukan pada Koperasi di Indonesia? Bisa dong dengan memanfaatkan dari kemajuan teknologi seperti pada era sekarang yang serba digital, Semua serba digital. Selain perkembangan teknologi para SDM nya juga sangat berpengaruh besar lho.

Bagaimana tidak Koperasi kan organisasi yang otomatis membutuhkan anggota, Dan stigma para anak muda sekarang mereka berpikir kalau koperasi kebanyakan di urus oleh orang tua hmm… Makanya buat koperasi yang bisa bersaing dengan orang tua, Jiwa muda pasti lebih bersemangat kan dalam berorganisasi.

Namun ironinya 60% dari para generasi milenial tidak tertarik dengan koperasi, Padahal koperasi memiliki manfaat yang besar pada anak muda untuk masa depan mereka. 

Pendidikan Koperasi di Sekolah biasanya berlanjut dengan membuat Koperasi Siswa atau yang biasanya disingkat KOPSIS. Dengan adanya KOPSIS, siswa bisa diberikan pendidikan kewirausahaan secara praktikum. Namun selain kewirausahaan, Koperasi juga memiliki banyak manfaat untuk anggotanya, Seperti yang bisa saya jabarkan dibawah ini:

manfaat koperasi

1. Kerjasama kelompok

Koperasi yang merupakan organisasi kelompok dan terdiri dari banyak anggota pasti kita harus bekerja sama tim, Membutuhkan koordinasi dari banyak anggota pada tiap-tiap tugas dan wewenangnya untuk menjalankan kegiatan operasi Koperasi. 

Sifat kerjasama ini sangat dibutuhkan untuk para milenial, Jika dari awal sudah diajarkan maka kalian para milenial akan terbiasa dan berfungsi saat beranjak pada dunia kerja.

2. Melatih anggota berorganisasi

Koperasi pada sekolah atau ada koperasi umum yang bersifat berorganisasi di masyarakat yang sifatnya terbuka untuk siapa saja. Sifat ini sama seperti poin nomor 1 bedanya saat berorganisasi untuk membaur ke semua anggota yang terdiri dari berbagai kalangan dan beranekaragam latar belakang.

3. Menumbuhkan semangat usaha

Jika kamu bergabung dalam anggota koperasi tentu mengharapkan adanya semangat usaha atau berwirausaha, Setelah menjadi anggota Koperasi misalnya kopsis kalian akan mendapatkan bekal seperti skill dan pengalaman dalam kepengurusan koperasi untuk membuka usaha sendiri.

4. Menyediakan kebutuhan anggotanya

Salah satu tujuan dari koperasi yaitu mensejahterakan anggotanya, Selain ini koperasi juga menyediakan kebutuhan anggotanya. Karena di Koperasi pasti memiliki ketersediaan yang cukup untuk kebutuhan. Jadi masih banyak lagi manfaat dari Koperasi di Indonesia seperti:

5. Menanamkan sifat mandiri, jujur, adil, disiplin dan bertanggung jawab

Salah satu tujuan dari Koperasi salah satunya yaitu sebagai pembentukkan moral, Pengurus koperasi meningkatkan sikap jujur dan adil untuk para anggotanya

6. Anggota bisa memiliki tambahan penghasilan

Jika Koperasi dijalankan secara bersama-sama dengan visi misi yang sama pasti akan terus berkembang dan memiliki omset yang bisa membuat anggota memiliki penghasilan.

7. Menawarkan harga barang lebih murah

Namun di Koperasi tetap saja tidak mengutamakan karena koperasi lebih ke organisasi dan koperasi memiliki tujuan untuk meringankan beban masyarakat, mungkin hal itu yang bisa membuat koperasi memiliki harga yang lebih murah.

8. Memperkokoh perekonomian Indonesia

Dengan banyaknya koperasi yang sukses di Indonesia mendandakan visi misi tujuan dari koperasi ini terwujud yaitu mensejahterakan anggota dan masyarakat di sekitarnya.

Sistem ekonomi modern

Jika kalian berpikir Koperasi memiliki sistem yang jadul dan kuno karena koperasi masih di kelola oleh orang tua, Oleh karena itu cobalah kalian mengikuti organisasi Koperasi meskipun itu Kopsis, Kopma atau Koperasi yang lainnya. Namun dengan Koperasi yang anak milenial banget gitu contohnya menggunakan sistem ekonomi modern.

Sistem ekonomi modern yang saya maksud ini merupakan memanfaatkan perkembangan teknologi-teknologi modern untuk mengembangkan Koperasi yang dijalankan.

Apakah bisa kaya dengan Koperasi?

Anak milenial jika diajak berbisnis pikirannya pasti duit duit dan duit, Semuanya juga begitu sih… Tapi kalau jiwanya udah jiwa bisnis pasti tidak langsung melihat keuntungan karena yang paling penting adalah sebuah prosesnya “Tiada hasil tanpa sebuah proses” jadi intinya semua butuh proses.

Dengan berkembangnya teknologi yang membuat semakin mudahnya membangun jaringan-jaringan produksi, distribusi dan permodalan yang semuanya pasti generasi milenial bisa melakukannya. Ditambah dengan anggota yang memiliki sifat kekeluargaan saya yakin koperasi bisa sesuai dengan visi misinya. 

Sudah banyak Koperasi yang memiliki omset milyaran rupiah di Indonesia, Dan pastinya jika Koperasi sudah sebesar itu omsetnya bisa mengembangkan sayap seperti mengembangkan usaha itu ke tempat yang berbeda dan mengembangkan keanggotaannya.

KESIMPULAN

Dengan kemajuan dari teknologi digital, Kita harus gunakan untuk hal yang bermanfaat seperti memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan usaha Koperasi kembali, Nah berhubung menggunakan teknologi digital pastinya identik dengan kalangan milenial dong. Kita sebagai milenial yang memiliki semangat yang tinggi untuk berwirausaha cobalah untuk membangun bersama Koperasi.

Sekian artikel dari saya mengenai “Koperasi di Tangan Milenial, Menjadi Sistem Ekonomi Modern?”. Jika ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian komentar dibawah kesalahan tersebut agar saya dapat memperbaikinya dan jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke teman-teman kalian dan grup WA keluarga kalian agar mereka selalu membaca konten bermanfaat dari website saya ini, Sekian terima kasih sudah berkunjung. 

Sumber referensi

  • https://www.daftarinformasi.com
  • https://www.koperasi.net
  • http://www.depkop.go.id/
Summary
Review Date
Reviewed Item
Koperasi di Tangan Milenial, Menjadi Sistem Ekonomi Masa Depan dan Modern?
Author Rating
51star1star1star1star1star