ASUS Teman Kuliah dan Gabut Saya | Helmi Irfansah

ASUS

Teman Kuliah dan Gabut Saya
Welcome to my blog
Hallo sobat-sobat blog helmirfansah, Kali ini saya ingin sedikit curhat tentang akhir-akhir ini menjadi maba (bukan mau cerita tentang ospek… Inimah dilupain ajalah ya 😂) Jadi Mahasiswa Baru ada duka dan sukanya loh guys ini gw share sedikit-sedikit buat kalian yang masih duduk dibangku SMA pasti selebihnya bakalan suka hahaha.

Mungkin saya awali dari suka nya menjadi Mahasiswa ya apalagi Mahasiswa yang merantau atau ngekost, Kalau yang lain diawali dari duka saya dari suka biar dukanya tahu belakangan karena kalau udah tahu duluan nanti malah pada males kuliah.

SUKA MENJADI MAHASISWA BARU

Jadi Mahasiswa terutama Mahasiswa Baru saat kita masuk kuliah itu masih santai banget, Atau mungkin saya aja yang ngerasain keberuntungan ini? Buat kamu yang udah mahasiswa boleh sharing juga ya dibawah.

Nyantai itu maksudnya gimana ya kak?” gini dek santai disini seperti jadwal kuliah saya yang terbilang cukup beruntung yaitu dihari Selasa sampai Jumat jadi hari Sabtu sampai Senin itu libur bisa saya pergunakan untuk pulang ke rumah 😀

Belum sampai disitu dari jadwal Selasa – Jumat nggak ada jam kelas dipagi hari, Paling pagi itu jam 9:30 (Oh iya KRS saya ini memilih sendiri ya, tapi saat saya memilih juga tidak tahu kenapa kok bisa begini tapi ya beruntung sih semoga keberuntungan ini sampai ke semester-semester selanjutnya)

DUKA MENJADI MAHASISWA BARU

Dibalik jadwal nyantai tersebut terdapat tugas yang menanti, Gimana tidak disini kan kita Mahasiswa Baru perlu bimbingan dari dosen untuk melancarkan kegiatan kuliah namun seringkali dosen tersebut tidak masuk.

Kita disini kebingungan dong harus ngapain sekalinya masuk tugas langsung numpuk dah. Mungkin itu sih duka menjadi mahasiswa baru sejauh ini, Ospek termasuk duka apa suka sih 😂?

FYI saya kuliah jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik jadi semua tugas-tugas yang ada pastinya berhubungan dengan digital, Dan dikerjakan menggunakan Laptop/Komputer

Kebetulan saya memiliki Laptop yang menemani saya untuk Mengerjakan Tugas, Ngeblog, Entertainment sampai hal-hal gabut lainnya pasti saya lakukan di laptop satu ini yaitu ASUS Vivobook Pro N580VD. 

Vivobook Pro ini kalau dibilang Laptop high-end sudah masuk kategori high-end seharusnya karena spesifikasi yang dibawanya nggak kalah sama ASUS ROG kok. Hanya saja perbedaannya Vivobook Pro diperuntukan untuk laptop bisnis atau laptop multimedia.

Nah akhir-akhir ini kan sesudah ospek saya sering pulang ke rumah sambil membawa Laptop Vivobook Pro ini meskipun beratnya lebih ringan daripada ROG lawas saya namun lama kelamaan pundak ini kerasa banget capeknya saat mencangking tas dari Madura ke Gresik 😂.

Sepertinya saya harus mencari penggantinya nih Laptop Idaman untuk para mahasiswa dan orang-orang yang suka berpergian namun memerlukan fasilitas Laptop yang available buat segala hal. Solusinya tidak lain dan tidak bukan ialah mencari Laptop dengan bobot ringan namun spesifikasi kuat dalam segala hal 🤔🤔.

Saat dulu waktu lagi doyan-doyannya bermain game solusi saya memilih ASUS GL552JX dan waktu terus berjalan kebutuhannya berbeda yaitu untuk multimedia dan ngerjain tugas jadi pilihannya ASUS Vivobook Pro N580VD… Nah sekarang nih kebutuhan masih sama namun ada catatan tambahan yaitu butuh Laptop yang enteng, UDAH.

Solusinya apa? Ya kita cari di ASUS lah… Dengar-dengar Asus punya produk yang saya inginkan sih nama modelnya Zenbook tipe UX331UAL tapi kita harus mengetahui dalamannya terlebih dahulu, Kuy kita bahas bareng-bareng.

ASUS ZENBOOK UX331UAL
Karena saya sekarang lebih prefer menggunakan Laptop untuk multimedia dan aktifitas kuliah yang artinya gaming sudah saya tinggalkan namun sekali-sekali kangen sih tapi bisa buka pakai ROG dirumah 😂.

Lalu sekarang lebih sering menggunakan Laptop ini tidak hanya disatu tempat oleh karena itu selain membutuhkan spesifikasi yang gahar sayapun harus memilih Laptop dengan bobot yang ringan, Oleh karena itu setelah saya melihat luar dalam dari Zenbook UX331UAL ini sepertinya cocok, Menurut kalian dengan spesifikasi dibawah ini cocok nggak guys?

Desain
Untuk segi desain saya tidak terlalu memusingkan karena yang simple-simple saja sudah cukup, Namun untuk ASUS Zenbook ini memiliki desain yang unik sekali… Tau kenapa?

Dengan desain chasis metal yang simple ASUS Zenbook ini memiliki sertifikasi military-grade MIL-STD 810G karena konstruksinya yang dari magnesium alloy.

Karena kondisi jalan yang sangat random apalagi pada daerah Surabaya yang secara random sekali bisa muncul lobang didepan motor.

Membuat tas laptop berguncang dan pastinya laptop yang dibawa itu berguncang dan menatap bagian-bagian yang tidak diinginkan, Jika laptop bisa saja rusak atau paling tidak error jika terus-terusan dilakukan rutinitas yang sama.

Dengan desain elegan dan menawarkan sertifikasi militer membuat kepercayaan saya menambah dalam memilih Zenbook UX331UAL ini. Apalagi dengan bobot seluruhnya (sekaligus baterai) kurang dari 1kg dan sisanya 985 gram. Lalu terakhir Laptop Zenbook UX331UAL memiliki 2 jenis warna yaitu Deep Dive Blue dan Rose Gold yang cantik.

Sayapun sempat ingat pernah melihat salah satu video dari konten kreator favorit saya yaitu Raditya Dika, Ia pernah mereview ketahanan dari Laptop Asus Zenbook UX331UAL ini bersama Ridwan Hanif (Autonetmagz.com)… Seperti contohnya ada di gambar atas dan lengkapnya bisa kalian lihat di Youtube Channelnya bang Radit langsung.

Layar
Zenbook UX331UAL ini memiliki teknologi layar NanoEdge, Dengan bezel tipis banget dan aspect rationya bisa sampai 80%.

Layar FULL HD atau resolusi 1920x1080 piksel dengan ukuran layar 13.3″ saja sudah cukup untuk menikmati semua fitur-fitur yang ada di Zenbook UX331UAL.

Memiliki lebar 100% sRGB warna gamut memastikan warna yang hidup dan akurat lalu ada teknologi 178° wide-view.

Performa
Zenbook UX331UAL diperkuat menggunakan jika imannya biasa-biasa aja, Intel® Core™ i5 generasi ke 8 dengan kemudahan para pengguna terdapat RAM yang paling tercepat saat ini untuk menopang kinerja berat dari si Zenbook ini.

Dan untuk penyimpanan sepertinya M.2 SSD dengan kecepatan tinggi dan handal dengan kapasitas 256GB.

Jika kalian tidak percaya dengan performa dari ASUS Zenbook UX331UAL bisa kalian lihat buktinya dari Benchmark berikut ini yang dilakukan oleh Tim Asus Sendiri, Mulai dari 3DMark, Cinebench R15, Unigine Heaven Benchmark 4.0 dan PC Mark.

i5 gen-8

CPU

RAM

DDR4 Tercepat

Storage

SSD M.2

OS

Windows 10 Home
Baterai
Tidak lupa dengan baterai, Bagaimana laptop setipis ini ada baterai ya?? Eittsss… Pertanyaannya harusnya bukan gitu kalau tau faktanya ini:

Baterai Zenbook UX331UAL dapat bertahan selama 15 jam 😮 Ini sama halnya dengan 3x lebih lama daripada baterai standart

Zenbook UX331UAL menggunakan baterai Lithium-polymer 50wh.

Konektivitas
Zenbook UX331UAL pastinya memiliki konektivitas yang sudah kekinian banget, Meskipun memiliki ukuran body yang tipis tapi semua port yang dibutuhkan untuk berbisnis atau sekolah pastinya ada, Seperti USB type C, 2 slot USB type-C, MicroSD Card Reader dan HDMI.

Untuk konektivitas seperti jaringan laptop ini sudah dilengkapi dengan Wi-fi generasi terbaru yaitu bertipe 802.11ac dual-band dapat menampung kecepatan Internet sampai 867 Mbps 6 kali lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya, Dan pastinya tidak lengkap kalau tidak ada yang namanya Bluetooth® 4.2.

1 x USB-C 3.1
2 x USB 3.1 Gen 1
1x HDMI
1 x MicroSD card reader
Keyboard & Touchpad
Dari ukurannya yang mungil ini Zenbook UX331UAL dilengkapi dengan keyboard bertipe TKL (tenkeyless) tanpa ada numpad disamping. Namun tenang saja kualitasnya pun tidak kalah karena sudah di optimalkan dan memberikan pengalaman mengetik yang luar biasa dalam kondisi pencahayaan apapun, Karena sudah dilengkapi dengan backlit dan travel distance 1.4mm.

Lalu pada touchpad ini sangatlah lebar sekali dan sangat responsif dan nyaman, dilengkapi penutup kaca untuk kontrol yang mulus lalu adanya teknologi palm-rejection dan mendukung gerakan multi-jari dan tulisan tangan membuat laptop ini benar-benar premium.

Fingerprint
Memiliki laptop untuk berbisnis atau menyimpan dokumen-dokumen penting membuat kita harus mengamankannya dengan ekstra. Pada Laptop ASUS Zenbook UX331UAL ini terdapat fitur Fingerprint untuk masuk kedalam sistem operasi Windows.

Berkat fitur Fingerprint yang berkolaborasi dengan Windows Hello kalian hanya dengan satu sentuhan saja untuk masuk tanpa harus memberikan ketikkan yang panjang, Hal ini menjadi penting saat kalian membutuhkan laptop ini secara mendadak.

Audio
Sistem Audio pada ASUS memang tidak ada yang menandingi dari segi hardware terdapat dukungan dari Audio harman/kardon lalu tim ASUS Golden Ear juga mengembangkan teknologi pada Audio SonicMaster generasi terbaru. Semua itu bisa mendatangkan teknologi low-distortion smart-amplifier yang meningkatkan volume hingga 3,5x – dan software yang dirancang dengan cerdas, ZenBook UX331 memberikan pengalaman audio terbaik.
Spesifikasi

ASUS Zenbook UX331UAL

Prosesor

Intel® Core™ i5-8250U Processor, 6M Cache, up to 3.40 GHz

Sistem Operasi

Windows 10 Home

Memori

8GB LPDDR3 2133MHz SDRAM

Penyimpanan

256GB SATA3 M.2 SSD

Layar

13.3” (16:9) LED Backlit FHD (1920x1080) 60Hz, Ultra Slim 300 nits

Grafis

Integrated Intel UHD Graphics 620

Input/Output

1x micro SD card, 1x audio jack COMBO, 1x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 2x Type A USB3.1 (GEN1), 1x HDMI, Support HDMI 1.4

Kamera

VGA Web Camera

Konektifitas

Built-in Bluetooth V4.2, Integrated 802.11 AC (2x2)

Audio

Built-in Stereo 1 W Speakers And Array Microphone, ASUS SonicMaster Technology Support Windows 10 Cortana with Voice, Harman kardon

Baterai

50 Whrs Polymer Battery

Dimensi

310 x 216 x 13.9 mm (WxDxH)

Berat

985 gram with battery

Warna

Deep Dive Blue, Rose Gold

Harga

Rp 14.299.000

Garansi

2 tahun garansi hardware global

kesimpulan
Itu dia guys buat kalian yang suka menggunakan laptop dengan mobilitas yang tinggi misalnya sering traveling atau sering berpergian kesana kemari seperti saya yang kuliah sering gonta-ganti kelas dengan menggotong-gotong Laptop, Maka Zenbook ini yang memiliki spesifikasi gahar namun dengan desain dan berat sangat minimalis membuat bobot laptop ini lebih ringan dari pada laptop sekelasnya.

Jika saya memiliki ASUS Zenbook UX331UAL mungkin aktivitas blogging saya sepertinya akan semakin lancar, Karena dengan adanya fitur-fitur laptop high-end yang ada… Bisa saya bawa kemana-mana karena konektivitas yang sudah lengkap, Wi-fi pun sudah generasi yang terbaru lalu baterainya pun bisa bertahan sampai 15 jam.

Sekian review singkat ASUS Zenbook UX331UAL yang bisa menaikkan level kamu saat ingin membuat konten kreatif, bekerja, sekolah/kuliah atau hiburan, Karena baru ini saya melihat laptop dengan spesifikasi waw namun setipis itu. Jika ada kesalahan kata mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian komentar dibawah kesalahan tersebut agar saya dapat memperbaikinya dan jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke teman-teman kalian, Sekian terima kasih sudah berkunjung.

Sumber referensi

  • https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-13-UX331UAL/
  • http://www.travelerien.com
Summary
Review Date
Reviewed Item
ASUS Teman Kuliah dan Gabut Saya
Author Rating
51star1star1star1star1star